Fian Rubianti Am.Keb

Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

  • 3

Proses Persalinan (KALA I, II, III, IV) | Dunia Bidan

Image Source

Persalinan merupakan proses alamiah dimana terjadi dilatasi (peregangan atau pelebaran) serviks, lahirnya bayi dan plasenta dari rahim ibu, proses alamiah persalinan disebut persalinan normal. Persalinan normal adalah proses persalinan yang melalui kejadian secara alami dengan adanya kontraksi rahim ibu diikuti pembukaan pada serviks untuk mengeluarkan bayi. Sedangkan Inpartu adalah suatu kondisi medis pada wanita yang sedang memasuki fase persalinan.

Inpartu ditandai dengan keluarnya lendir bercampur darah karena serviks mulai membuka dan mendatar. Darah berasal dari pembuluh darah kapiler sekitar kanalis servikalis karena pergeseran-pergeseran ketika serviks mendatar dan membuka, Menurut Rohani dkk (2011).

# Kala I (Kala Pembukaan) Yaitu kala pembukaan yang berlangsung antara pembukaan nol sampai pembukaan lengkap. Kala pembukaan dibagi menjadi 2 fase, yaitu :

1. Fase laten, Dimulai sejak awal kontraksi yang menyebabkan penipisan dan pembukaan serviks secara bertahap, pembukaan serviks berlangsung perlahan dari 0 cm sampai 3 cm. Lama kala I untuk primigravida berlangsung 12 jam sedangkan pada multigravida sekitar 8 jam. Pada pemulaan his (kontraksi), kala pembukaan berlangsung tidak begitu kuat sehingga parturient (ibu yang sedang bersalin) masih dapat berjalan-jalan untuk meminimalkan rasa sakit kontraksi.

2. Fase aktif, Kontraksi menjadi lebih kuat dan lebih sering. Fase aktif berlangsung selama 6 jam dan dibagi atas 3 sub fase :

  • Periode akselerasi : berlangsung 2 jam dari pembukaan 3cm menjadi 4 cm.
  • Periode dilatasi maksimal : selama 2 jam dari pembukaan 4cm berlangsung cepat menjadi 9 cm.
  •  Periode deselerasi : berlangsung lambat, dalam waktu 2 jam dari pembukaan 9 cm menjadi 10 cm atau lengkap.

Menurut Sumarah (2008), dalam satu kontraksi terjadi 3 fase, yaitu fase naik, puncak dan turun. Fase naik lamanya 2 x fase lainnya. Kontraksi uterus yang paling kuat pada fase kontraksi puncak tidak akan melebihi 40 mmHg.

Menurut Hidayat (2010), pada fase aktif persalinan, frekuensi dan lama kontraksi uterus umumnya meningkat ( kontraksi dianggap adekuat / memadai jika terjadi tiga kali atau lebih dalam waktu 10 menit dan berlangsung selama 40 detik  atau lebih), serviks membuka dari 4 ke 10 cm, biasanya dengan kecepatan 1 cm atau lebih per jam hingga pembukaan lengkap (10 cm), terjadi penurunan bagian terbawah janin.

# Kala II (Kala Persalinan) adalah kala pengeluaran bayi, dimulai dari pembukaan lengkap sampai bayi lahir.

Tanda dan gejala kala II adalah :

  • Ibu merasakan ada dorongan untuk meneran (Doran), karena his semakin kuat, kira-kira 2-3 menit sekali
  • Terlihat ada tekanan pada anus (Teknus), 
  • Terlihat perineum menonjol (Perjol), akibat dorongan pada saat meneran
  • Vulva dan v4gina dan spingterani terlihat membuka (Vulka)
  • Peningkatan pengeluaran lendir darah
  • Kepala tela turun ke dasar panggul
  • Pada primigravida berlangsung 1 ½ - 2 jam dan pada multigravida berlangsung ½ - 1 jam.

Tahapan Kontraksi pada kala II persalinan: 

  • Sangat kuat dengan durasi 60-70 detik, 2-3 menit sekali
  • Saat sakit dan akan mereda jika meneran
  • Kontraksi kepala mendorong ke arah panggul yang menimbulkan tekanan pada otot dasar panggul dan menjadi refleks meneran.

Tahapan pada Kala II menurut Aderhold dan Robert:

  • Fase I: Fase tenang, mulai dari pembukaan lengkap sampai timbul keinginan untuk meneran.
  • Fase II Fase meneran mulai dari timbulnya kekuatan untuk meneran sampai kepala crowning (lahirnya kepala).
  • Fase III: Fase perineal, mulai sejak crowning kepala janin sampai lahirnya seluruh badan bayi.

# Kala III (Kala Pengeluaran plasenta/uri), Kala III adalah waktu untuk pelepasan dan pengeluaran plasenta. segera setelah bayi lahir harus meraba bagian perut ibu untuk memastikan tidak ada janin kedua. Beberapa saat kemudian, timbul his/kontaksi pelepasan dan pengeluaran uri, ditandai dengan tali pusat bertambah panjang. Dalam waktu 1 – 5 menit seluruh plasenta terlepas, terdorong ke dalam v4gina dan akan lahir sepontan atau dengan sedikit dorongan dari atas simfisis atau fundus uteri. Seluruh proses biasanya berlangsung 5 – 30 menit setelah bayi lahir. Pengeluaran plasenta disertai dengan pengeluaran darah kira-kira 100 – 200 cc.

Sementara bayi diberikan kepada ibu untuk dilakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini), dengan catatan ibu tidak sedang kelelahan dan bayi dalam kondisi stabil.

# Kala IV (Pemantauan), dimulai dari lahirnya plasenta selama 1-2 jam. Pada Kala IV dilakukan observasi karena perdarahan post partum paling sering terjadi pada 2 jam pertama. Observasi yang dilakukan adalah:

  • Tingkat kesadaran penderita.
  • Pemeriksaan tanda-tanda vital, tekanan darah, nadi dan pernafasan, suhu.
  • Kontaksi uterus, uterus/rahim ibu harus keras dan tegang, jika uterus ibu lembek maka akan terjadi pendarahan. Segera cari penyebab perdarahan dan lakukan tindakan penatalaksanaan.
  • Perdarahan masih dianggap normal jika tidak melebihi 500cc.

Setelah semua proses persalinan selesai, Ibu juga sudah selesai dibersikan dan mendapat istirahat. Maka saatnya mengobservasi bayi, memeriksa tanda-tanda vital, dan memberikan kebutuhan ASI pada bayi.

INFO: You have Ads-Block for Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 3
Top Recent People Searches: Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Proses Persalinan (KALA I/1, II/2, III/3, IV/4)


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.