Fian Rubianti Am.Keb

Persiapan Persalinan

  • 0

Persalinan merupakan hal yang sangat ditunggu oleh ibu hamil karena pada hari berbahagia itu adalah pertama kalinya ibu akan bertemu dengan belahan jiwanya didunia dan akan terbebas dari ketidaknyamanan yang dirasakan ibu selama masa kehamilan. Supaya ibu lebih siap dan mantap dalam menyambut persalinan maka dari itu ibu harus mempersiapkan persalinan, sebisa mungkin segala sesuatunya harus dipersiapkan jauh-jauh hari, minimal 2 minggu sebelum persalinan sudah harus siap.

Apa saja yang harus ibu hamil persiapkan dalam menyambut kelahiran bayi?

  1. Mengetahui hari kelahiran sang buah hati
  2. Tentukan tempat bersalin dan transportasi
  3. Persiapkan keperluan ibu dan bayi.
  4. Persiapkan juga mental dan materi.
  5. Persiapkan pengetahuan tentang cara merawat bayi baru lahir.
  6. Persiapkan pendonor darah yang cocok dengan golongan darah.

#1. Mengetahui hari kelahiran sang buah hati

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Sejatinya tidak ada yang tahu kapan hari kelahiran dan kematian seseorang, namun mengetahui kelahiran bayi dapat dihitung dengan HPHT (hari pertama haid terakhir) untuk menghasilkan TP (taksiran persalinan) atau HPL (hari perkiraan lahir).

Cek selengkapnya disini: Cara Menghitung Kelahiran Bayi

#2. Tentukan Tempat Bersalin & Transportasi

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Persiapkan minimal 2 pilihan tempat untuk bersalin, tempat pertama dapat berupa Klinik Bidan, biasanya anda menunjuk Bidan yang mengasuh anda saat masa kehamilan namun ada juga yang lebih mempercayai bidan lainnya untuk persalinan, itu semua tergantung kenyamanan dan kepercayaan ibu hamil.

tempat kedua merupakan opsional jika pada saat persalinan berlangsung ditemukan penyulit dan harus segera dirujuk ke fasilitas yang lebih lengkap peralatannya.

#3. Persiapkan Keperluan Ibu dan Bayi Yang Akan Dibawa Saat Akan Melahirkan

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Mempersiapkan perlengkapan untuk dibawa ke klinik atau rumah sakit saat melahirkan tidak boleh mendadak, minimal harus sudah dipersiapkan dalam tas itu 2 minggu sebelum tanggal taksiran kelahiran. Beritahu suami atau keluarga terdekat tentang dimana anda menyimpan tas dan warna tas tersebut untuk memudahkan orang lain mencari bila mana anda merasakan mulas mendadak dan tidak sempat anda bawa sendiri tasnya. Apa saja isi tas perlengkapan bayi yang akan dibawa saat persalinan?

Cek selengkapnya disini: Keperluan Ibu Dan Bayi Yang Wajib Dibawa Saat Persalinan.

#4. Persiapkan Kondisi Mental Ibu dan Materi Suami ('_')v

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Persiapan mental ibu hamil ketika hendak memasuki persalinan harus sudah dipupuk sejak ia menginjak kehamilan trimester 3, Bidan yang mengasuh harus lebih intens melakukan pendekatan personal untuk pasien ibu hamil tersebut believe and comfortable pada anda. Tugas suami harus selalu siap siaga, Kehamilan trimester 3 sangat rentan, ada kemungkinan ibu hamil melangsungkan persalinan dini (Premature) sebelum mencapai taksiran persalinan yang sudah ditentukan.

Mengenai materi, seharusnya harus sudah dipikirkan sejak anda atau istri anda mengetahui positif hamil. Biaya serba mahal, maka harus dipersiapkan dengan serius.

Persiapan materi selama kehamilan dan persalinan dapat dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Tabungan persalinan. Great idea! Anda dapat menabung sendiri dirumah, namun menurut saya kurang efektif untuk menabung sendiri dirumah, mengingat keperluan yang tidak sedikit, salah-salah nanti uang tabungannya terpakai untuk yang lain. Namun, biasanya ada Bidan yang membuat program rencana tabungan persalinan, ada yang diwajibkan misalkan Rp 5000 atau Rp 10.000 setiap hari atau nominalnya bebas, meski tidak semua bidan memiliki program seperti itu. Coba tanyakan pada bidan anda apakah memiliki program seperti itu? Jika tidak, tiada salahnya jika anda mengusulkan membuat program seperti itu.
  • Asuransi Kesehatan. Menurut saya pribadi tidak ada salahnya mengikuti program asuransi kesehatan baik itu milik pemerintah maupun konvensional, sebagai jaga-jaga jikalau terjadi hal yang tidak diinginkan yang mengharuskan anda mengluarkan biaya besar. Namun, asuransi kesehatan manapun yang anda pilih, anda wajib paham betul syarat dan ketentuan program tersebut dan anda harus bersedia mengikuti ketentuannya dengan tertib sesuai prosedur, tanyakan informasi sedalam-dalamnya kepada yang benar-benar ahli mengetahuinya, bukan kepada yang sama-sama masih KATANYA nantinya menjadikan informasi buntu. Sebab, asuransi manapun mempunyai prosedur masing-masing yang tentunya berbeda, anda harus benar-benar mengerti sebelum mengikuti asuransi kesehatan manapun jika anda tertarik untuk mengikutinya.

#5. Persiapkan pengetahuan tentang cara merawat bayi baru lahir

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Perbanyak pengetahuan tentang cara merawat bayi baru lahir, anda dapat mencari artikel online atau dapat bertanya langsung kepada ibu atau teman yang sudah mengalami persalinan, biasanya mendengarkan pengalaman orang lain lebih seru, namun harus diimbangi dengan pengetahuan teori supaya tidak salah faham, anda dapat bertanya langsung kepada Bidan atau Dokter kandungan.

Baca Juga: Cara merawat bayi baru lahir
Baca Juga: Cara merawat bayi premature

#6. Persiapkan pendonor darah yang cocok dengan golongan darah

Persiapan Persalinan - Dunia Bidan

Image Source

Point ini penting sekali, ketika anda dinyatakan hamil, anda harus sudah mencari tahu siapa saja diantara keluarga anda yang memiliki kesamaan golongan darah, kumpulkan datanya dan segera hubungi yang bersangkutan, Sebaiknya anda memiliki lebih dari 2 orang calon pendonor darah untuk meminimalisir jika yang bersangkutan saat hari persalinan tidak hadir ditempat. Atau jika pada keluarga anda tidak ada yang sama golongan darahnya maka sekitar 2 minggu sebelum hari taksiran kelahiran anda cek ke PMI (Palang Merah Indonesia) untuk menanyakan ketersediaan orang yang mempunyai golongan darah yang sama dengan anda, biasanya mereka mempunyai catatan pendonor tetap, setidaknya membantu meskipun harus merogoh kocek cukup dalam.

Semoga saja persalinan yang anda hadapi berlansung normal tanpa penyulit apapun dan dimudahkan sehingga tidak mengharuskan untuk transfusi darah, maka dari itu penting sekali untuk ibu hamil mengetahui golongan darah juga kadar Hemoglobin (Hb) dalam darah. Cek Hb anda minimal 2x pada saat pemeriksaan kehamilan, penting sekali untuk mengecek kadar Hb darah saat menjelang persalinan.


INFO: You have Ads-Block for Persiapan Persalinan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Persiapan Persalinan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Persiapan Persalinan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Persiapan Persalinan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Persiapan Persalinan

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?

Artikel Terkait dengan Persiapan Persalinan

News