Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

HIS atau Kontraksi Persalinan

  • 2

HIS atau Kontraksi Persalinan | Dunia Bidan

Jika Anda sedang mengalami kehamilan pertama dan mendekati hari persalinan pasti merasakan sedikit cemas, adalah normal jika Anda memiliki perasaan seperti itu, mungkin dengan sharing bersama keluarga atau teman yang sudah pernah mengalami persalinan akan membuat semakin lega.

Ada banyak sekali tanda-tanda persalinan, namun yang akan kita bahas kali ini yaitu mengenai HIS atau kontraksi, dimana Anda harus mengalami HIS atau kontraksi dengan ritme yang menunjukan perkembangan, karena semakin kuat dan semakin sering HIS menandakan bahwa semakin lebar bukaan servix dan semakin dekat pula dengan proses persalinan.

HIS atau kontraksi persalinan adalah serangkaian kontraksi rahim yang teratur dan adekuat, yang secara bertahap akan mendorong janin melalui serviks (rahim bagian bawah) dan v49ina (jalan lahir). Kontraksi ini akan menyebabkan serviks membuka secara bertahap (mengalami dilatasi), menipis dan tertarik sampai hampir menyatu dengan rahim, sehingga janin keluar dari rahim ibu.

Berikut adalah panduan untuk jenis kontraksi apa yang mungkin Anda alami, seperti apa rasanya, dan bagaimana cara mengetahui kapan saatnya untuk pergi ke rumah sakit.

Kontraksi Persalinan

Selama kontraksi, perut menjadi keras. Sedangkan disela-sela kontraksi, rahim akan rileks dan perut menjadi lunak. Cara merasakan kontraksi berbeda untuk setiap wanita, dan mungkin akan terasa berbeda juga dari satu kehamilan ke kehamilan berikutnya.

Tetapi kontraksi persalinan biasanya menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit pada perut bagian bawah hingga rasa panas yang menjalar ke belakang punggung. Kontraksi bergerak dalam gerakan seperti gelombang dari atas rahim ke bawah.

Beberapa wanita menggambarkan kontraksi sebagai kram menstruasi yang kuat yang sering disebut dismenorea. Tidak seperti kontraksi persalinan palsu atau Braxton Hicks, kontraksi persalinan yang sebenarnya tidak berhenti ketika Anda mengubah posisi atau bersantai. Meskipun kontraksi mungkin terasa tidak nyaman, namun Anda akan dapat bersantai diantara kontraksi tersebut.

Kontraksi Palsu (Braxton Hicks)

Seperti Apa Kontraksi Braxton Hicks? Kontraksi Braxton Hicks dapat digambarkan sebagai rasa mulas atau perut terasa kencang dengan ritme yang datang dan pergi. Seperti apa rasanya? Bagaimana saya tahu ketika saya dalam persalinan atau hanya kontraksi palsu? Berikut hal apa saja yang akan anda rasakan ketika mengalami kontraksi palsu:

  • Umumnya tidak menimbulkan rasa sakit
  • Terkonsentrasi di perut Anda, tidak menjalar dan tidak terasa panas pada punggung
  • Tidak terasa nyaman untuk sementara waktu
  • Biasanya jarang, dapat sembuh dengan sendirinya
  • Yang terpenting? kontraksi braxton hicks ini tidak menjadi lebih kuat, lebih lama, atau lebih dekat bersama.

Anda mungkin mendapatkan kontraksi braxton hicks ini ketika merasa lelah, dehidrasi, atau terlalu banyak berjalan dan biasanya akan mereda jika Anda mengubah apa yang Anda lakukan.

Sebelum Anda menghubungi dokter Anda, cobalah beberapa teknik berikut untuk menilai apakah merupakan kontraksi palsu atau kontraksi persalinan sesungguhnya:

  • Minum banyak air
  • Mengubah posisi (seperti dari berdiri ke duduk)
  • Hentikan apa yang Anda lakukan dan istirahat (sebaiknya dengan istirahat berbaring di sisi kiri Anda

Jika Anda sudah mencoba hal-hal ini dan Anda masih sering mengalami kontraksi, maka ide yang baik untuk memanggil Bidan atau Dokter Anda untuk meredakan kontraksi agar tidak terjadi persalinan premature.

Berikut kami bocorkan tips meredakan kontraksi ala DuniaBidan.Com

  • Berendam di bak mandi
  • Berjalan atau mengubah posisi
  • Bermeditasi dengan tekhnik pernafasan yang baik dan benar
  • Mendengarkan musik
  • Memijat atau relaxasi
  • Melakukan yoga lembut
  • Menemukan cara untuk mengalihkan pikiran Anda dari rasa sakit (berhitung, bermain, dll.)
  • Meminum analgesik (harus dengan resep bidan/dokter)

Bagaimana Saya Tahu Kapan Pergi ke Rumah Sakit?

Ketika Anda merasa sedang dalam proses persalinan yang sebenarnya, mulailah menghitung waktu kontraksi Anda. Kontraksi yang adekuat memiliki pola dan ritme yang terus menunjukan kemajuan. Waktu antara kontraksi meliputi panjang atau durasi kontraksi dan menit di antara kontraksi (disebut interval). Kontraksi persalinan memiliki interval yang terus meningkat, semakin sering kontraksi maka sudah dekat masa persalinan.

Anda harus pergi ke Bidan/Dokter kandungan jika Anda megalami kontraksi yang kontinyu dengan interval yang terus meningkat dalam setiap 10 menit penghitungan.

HIS atau Kontraksi Persalinan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang HIS atau Kontraksi Persalinan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait HIS atau Kontraksi Persalinan

Top Recent People Searches: HIS atau Kontraksi Persalinan

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News