Fian Rubianti Am.Keb

Definisi Persalinan Menurut Para Ahli

  • 2

Definisi Persalinan menurut para ahli | Dunia Bidan

Persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi melalui jalan lahir ibu hamil dimulai sejak uterus berkontraksi sampai proses pengeluaran uri/plasenta baik tanpa penyulit atau ada penyulit. Bagaimana dengan definisi persalinan menurut para ahli? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

Definisi Persalinan menurut para ahli :

#1. Persalinan menurut Saifuddin, (2008; 100), adalah proses membuka dan menipisnya serviks, janin turun ke dalam jalan lahir. Kelahiran adalah proses dimana janin dan ketuban terdorong keluar melalui jalan lahir. Persalinan dan kelahiran normal adalah proses pengeluaran janin yang terjadi pada kehamilan cukup bulan (37 – 42 minggu), lahir spontan dengan presentasi belakang kepala yang berlangsung dalam 18 jam, tanpa komplikasi baik pada ibu maupun pada janin.

#2. Persalinan menurut Bagus,I (2008) menyatakan bahwa persalinan adalah proses yang alami yang akan berlansung dengan sendirinya tetapi persalinan pada manusia setiap saat terancam penyulit yang membahayakan ibu maupun janinnya sehingga memerlukan pengawasan, pertolongan dan pelayanan dengan fasilitas yang memadai.

#3. Persalinan menurut JNPK-KR DepKes RI, (2008; 37), Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta, dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu. Persalinan dimulai (inpartu) sejak uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis) 

#4. Persalinan menurut wiknjosastro (2009) yang mengartikan bahwa persalinan adalah proses membuka dan menipisnya serviks dan janin turun ke dalam jalan lahir

#5. Definisi persalinan menurut Manuaba (2010) menyatakan bahwa persalinan adalah proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang telah cukup bulan atau dapat hidup diluar kandungan melalui jalan lahir, dengan bantuan atau tanpa bantuan.

#6. Persalinan menurut Varney (2010) adalah Rangkaian proses yang berakir dengan pengeluaran hasil konsepsi oleh ibu yang dimulai dengan kontraksi persalinan sejati yang ditandai oleh perubahan progresif dari serviks dan diakhiri dengan pengeluaraan plasenta.

Macam-macam persalinan menurut para ahli:

Macam-macam persalinan menurut Manuaba (2009; h. 144) adalah:

  • Persalinan spontan: Bila persalinan berlangsung dengan tenaga sendiri.
  • Persalinan buatan: Bila persalinan dengan rangsangan sehingga terdapat kekuatan untuk persalinan.
  • Persalinan anjuran: Yang paling ideal sudah tentu persalinan spontan karena tidak memerlukan bantuan apapun yang mempunyai trauma persalinan yang paling ringan sehingga kualitas sumber daya manusia dapat terjamin.

Macam-macam persalinan menurut Sulistyawati (2010) adalah:

  • Persalinan Spontan: Persalinan yang berlangsung dengan kekuatan ibu sendiri melalui jalan lahir ibu.
  • Persalinan Buatan: Proses persalinan dengan bantuan tenaga dari luar misalnya ektraksi vacum atau sectio caesaria (SC).
  • Persalinan Anjuran: Persalinan yang tidak dimulai dengan sendirinya tetapi baru berlansung setelah pemecahan selaput ketuban, pemberian pitocyn dan prostaglandin.

Baca Juga: Pengertian / Definisi Bidan

Persalinan itu sendiri merupakan proses yang sangat menyenangkan, agar ibu lebih siap menghadapi persalinan perlu diketahui tanda-tanda persalinan yang wajib ibu ketahui.

Baca Juga: Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat)
Baca Juga: Proses Persalinan (KALA I, II, III, IV)


INFO: You have Ads-Block for Definisi Persalinan Menurut Para Ahli , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Definisi Persalinan Menurut Para Ahli , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Definisi Persalinan Menurut Para Ahli by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Definisi Persalinan Menurut Para Ahli via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Definisi Persalinan Menurut Para Ahli

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?