Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Apa itu Persalinan Buatan?

  • 2

Apa itu Persalinan Buatan? | Dunia Bidan

Apa yang dimaksud dengan persalinan buatan? Apakah persalinan yang dibuat-buat seperti sinetron atau drama? tentu saja bukan! Mari simak penjelasan ilmiahnya dibawah ini.

Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta, dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu. Persalinan dimulai (inpartu) sejak uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis) (JNPK-KR DepKes RI, 2008; 37).

Persalinan Buatan adalah persalinan yang berakhir dengan bantuan tenaga dari luar dan diakhiri dengan suatu tindakan. Misalnya terjadinya obstruksi dengan melakukan tindakan forceps atau dengan tindakan bedah sectio caesaria, dan vakum ektraksi.

Apa itu Persalinan Buatan? - DuniaBidan.com

Apa itu Persalinan Buatan? - Image Source

Persalinan buatan ini mulanya terjadi karena seorang ibu melahirkan secara normal, namun ditengah proses persalinan normal tersebut menjadi persalinan patologi yang menyebabkan ibu harus segera ditangani oleh alat seperti vakum ekstaksi atau forceps untuk segera mengeluarkan janin. Biasanya terjadi karena ibu kelelahan mengedan namun kepala bayi sudah nampak pada jalan lahir.

Adapun penyebab terjadinya persalinan buatan adalah kondisi janin dan ibu hamil itu sendiri seperti: Letak sungsang, riwayat bedah sesar, persalinan lama, panggul sempit, dll.

Apa itu Persalinan Buatan? by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Apa itu Persalinan Buatan? via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Apa itu Persalinan Buatan?

Top Recent People Searches: Apa itu Persalinan Buatan?

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News