Fian Rubianti Am.Keb

Apa Itu Persalinan Anjuran?

  • 2

Persalinan Anjuran adalah persalinan yang baru dapat berlangsung setelah permulaannya dianjurkan dengan suatu perbuatan atau tindakan. Misalnya : dengan pemecahan ketuban atau dengan memberi suntikan pitocin, sintosinon.

Persalinan anjuran bertujuan untuk:
1. Merangsang otot rahim berkontraksi, sehingga persalinan berlangsung.
2. Membuktikan ketidakseimbangan antara kepala janin dengan jalan lahir.

Apa Itu Persalinan Anjuran? - DuniaBidan.com

Apa Itu Persalinan Anjuran? - Image Source

Dengan menggunakan kriteria bishop sudah dapat diperkirakan keberhasilan persalinan anjuran. Pada nilai total bishop yang rendah harus segera dilakukan bedah sesar (sectio caesaria), karena persalinan dengan induksi tidak akan berhasil. Induksi persalinan yang dipaksakan akan menambah keadaan gawat janin dalam rahim.

Baca Selengkapnya: Cara Menghitung Bishop Score (Nilai Bishop)

Induksi persalinan dilakukan pada kondisi :

  • Hamil post term (Lebih bulan)
  • Kondisi kesehatan ibu yang tidak memadai untuk menunggu proses persalinan alami misalnya ibu dengan PEB atau Eklampsi
  • KPD (Ketuban Pecah Dini)
  • Solusio Plasenta dengan janin meninggal

Persalinan anjuran atau induksi persalinan dapat dilakukan dengan metode:

1. Metode stein

Meskipun metode stein sudah ditinggalkan, tetapi untuk pengetahuan Bidan masih perlu diketahui. Jika kehamilan lewat waktu dengan persalinan metode stein akan mendapatkan:

  • 1,2 gr bisulfas kinine
  • 1,4 cc pituirin injeksi

Persalinan denggam metote stein ini sangat berbahaya jjika dilakukan diluar Rumah Sakit karena dapt menyebabkan kontraksi rahim yang kuat sehingga dapat mengancam ketuban pecah saat pembukaan kecil, rupture uteri, dan Gawat janin dalam rahim. Selain itu dikhawatirkan telat merujuk sehingga merugikan pasien.

2. Injeksi oksitosin, pituirin (sintosinoin)

Persalinan anjuran dengan infus oksitosin, pituirin dan sintosion 5 unit dalam 500 cc glukosa 5% banyak digunakan.
Tekhnik induksi dengan infus glukosa lebih sederhana, dan mulai dengan 8 tetes sampai maximal 40 tetes/ menit. Bila dengan 30 tetes kontaksi maksimal telah tercapai, maka tetesan tersebut dipertahankan sampai terjadi persalinan.

3. Memecahkan ketuban

Memecahkan ketuban merupakan salah satu metode untuk mempercepat persalinan. Setelah ketuban pecah, tunggu sekitar 4-6 jam dengan harapan terjadi kontraksi otot rahim. Apabila belum terjadi kontraksi otot rhim dapat diikuti induksi persalinan dengan infus glukosa yang mengandung 5 unit oksitosin.

INFO: You have Ads-Block for Apa Itu Persalinan Anjuran? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa Itu Persalinan Anjuran? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa Itu Persalinan Anjuran? by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa Itu Persalinan Anjuran? via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Apa Itu Persalinan Anjuran?

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa Itu Persalinan Anjuran?


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.