Fian Rubianti Am.Keb

Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley

  • 2

Kateter Foley adalah sebuah tabung plastik fleksibel (kateter) yang dimasukkan ke dalam kandung kemih untuk menyediakan drainase kemih terus-menerus. Keteter ini memiliki balon di ujung kandung kemih. Setelah kateter dimasukkan ke kantong kemih, balon tersebut mengembang (oleh udah atau cairan) sehingga kateter tidak lepas tetapi tertahan di kantong kemih. Pelepasan dilakukan cukup dengan mengempiskan balon dan mengeluarkan kateter.

Contoh Kateter Foley

Contoh Kateter Foley - DuniaBidan.com

Kateter foley untuk wanita sebagai upaya pematangan serviks adalah dengan dimasukkan ke dalam canalis servikalis, sampai melewati ostium uteri internum, dan dibuat balon, dengan adanya penekanan pada serviks diharapkan merangsang terjadinya kontraksi.

Kateter foley untuk kateterisasi urine pria dan wanita adalah dengan memasukkan ujung kateter ke uretra, secara perlahan menuju kandung kencing, sampai ke luar air kencing (dengan tangan dominan) alirkan ke bengkok.

Ukuran kateter untuk wanita: dorong kateter ± 5-7,5 cm pada orang dewasa dan 2,5 cm pada anak-anak, sedangkan Ukuran kateter untuk pria: 17,5-23 cm dan 5-7,5 cm pada anak-anak. Berikut cara pemasangan kateter foley pada wanita dan pria.

DuniaBidan.com

Cara melakukan pemasangan kateter foley pada wanita:

  1. Pasien diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan, kemudian alat-alat didekatkan ke pasien.
  2. Pasang sampiran, untuk menjaga privasi pasien.
  3. Cuci tangan setiap sebelum melakukan tindakan.
  4. Pasang pengalas/perlak dibawah bokong klien
  5. Pakaian bagian bawah klien dikeataskan/dilepas, dengan posisi klien lithotomi (kaki ditekuk dan Kaki sedikit dibuka). Bengkok diletakkan didekat bokong klien.
  6. Buka bak instrumen, pakai sarung tangan steril, pasang duk steril, lalu bersihkan alat genitalia dengan kapas sublimat dengan menggunakan pinset.
  7. Bersihkan genitalia dengan cara : dengan tangan nondominan perawat membuka vulva, kemudian tangan kanan memegang pinset dan mengambil satu buah kapas sublimat. Selanjutnya bersihkan labia mayora dari atas kebawah dimulai dari sebelah kiri lalu kanan, kapas dibuang dalam nierbekken, kemudian bersihkan labia minora, klitoris, dan anus. Letakkan pinset pada nierbekken.
  8. Ambil kateter kemudian olesi dengan jelly. Masukkan kateter kedalam uretra kira-kira 10 cm secara perlahan-lahan dengan menggunakan pinset sampai urine keluar. Masukkan Cairan Nacl/aquades 20-30 cc atau sesuai ukuran yang tertulis. Tarik sedikit kateter. Apabila pada saat ditarik kateter terasa tertahan berarti kateter sudah masuk pada kandung kemih
  9. Lepaskan duk, sambungkan kateter dengan urine bag. Lalu ikat disisi tempat tidur
  10. Fiksasi kateter pada bagian sisi dalam paha klien
  11. Pasien dirapihkan kembali & Alat dirapihkan kembali.
  12. Mencuci tangan setiap selesai melakukan tindakan

Cara melakukan pemasangan kateter foley pada pria:

  1. Pasien diberi penjelasan tentang prosedur yang akan dilakukan, kemudian alat-alat didekatkan ke pasien.
  2. Pasang sampiran, untuk menjaga privasi pasien.
  3. Cuci tangan setiap sebelum melakukan tindakan.
  4. Pasang pengalas/perlak dibawah bokong klien
  5. Pakaian bagian bawah klien dikeataskan/dilepas, dengan posisi klien terlentang. Kaki sedikit dibuka. Bengkok diletakkan didekat bokong klien.
  6. Buka bak instrumen, pakai sarung tangan steril, pasang duk steril, lalu bersihkan alat genitalia dengan kapas sublimat dengan menggunakan pinset.
  7. Bersihkan genitalia dengan cara : P3nis dipegang dengan tangan non dominan, p3nis dibersihkan dengan menggunakan kapas sublimat oleh tangan dominan dengan gerakan memutar dari meatus keluar. Tindakan bisa dilakukan beberapa kali hingga bersih. Letakkan pinset dalam bengkok.
  8. Ambil kateter kemudian olesi dengan jelly. Masukkan kateter kedalam uretra kira-kira 10 cm secara perlahan-lahan dengan menggunakan pinset sampai urine keluar
  9. Masukkan Cairan Nacl/aquades 20-30 cc atau sesuai ukuran yang tertulis. Tarik sedikit kateter. Apabila pada saat ditarik kateter terasa tertahan berarti kateter sudah masuk pada kandung kemih.
  10. Lepaskan duk, sambungkan kateter dengan urine bag. Lalu ikat disisi tempat tidur.
  11. Fiksasi kateter
  12. Pasien dirapihkan kembali & Alat dirapihkan kembali.
  13. Mencuci tangan setiap selesai melakukan tindakan

Baca Juga: Pematangan Serviks dengan Prostaglandin

INFO: You have Ads-Block for Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa itu Kateter Foley? Cara Memasang Kateter Foley


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.