Fian Rubianti Am.Keb

5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan

  • 2

Persalinan pada umumnya terjadi saat usia kandungan 38 - 40 minggu. Namun pada kenyataannya tidak semua ibu hamil melahirkan dengan usia kehamilan yang matang karena ada beberapa faktor seperti penyakit atau kondisi tertentu yang dialami oleh ibu atau janin.

5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan - Dunia Bidan

5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan - Image Source

5 Jenis Persalinan Menurut Usia atau Umur Kehamilan:

1. Persalinan Abortus (Keguguran)

Persalinan Abortus atau tindakannya disebut aborsi. Adalah persalinan dimana pengeluaran buah kehamilan sebelum janin dapat hidup yaitu pada umur kehamilan kurang dari 22 minggu atau berat badan janin kurang dari 500 gram.

2. Persalinan Imatur/ Immaturus

Persalinan immaturus, adalah persalinan dimana usia kehamilan 22 minggu sampai dengan 28 minggu, dimana berat badan janin 500 gram sampai dengan 1000 gram (janin mungkin bisa hidup dan mungkin juga tidak bisa hidup).

3. Persalinan Prematur (kurang bulan)

Persalinan prematurus, adalah persalinan saat umur atau usia kehamilan 28 minggu sampai 37 minggu, dimana berat badan janin 1000 gram sampai dengan 2500 gram dan janin bisa hidup di dunia luar.

4. Persalinan Matur/ Maturus (cukup bulan)

Persalinan maturus (aterm) adalah persalinan dengan usia kehamilan sudah cukup bulan, dimana usia kehamilan 37 minggu sampai 42 minggu dengan berat badan janin lebih dari 2500 gram.

5. Persalinan Post Matur (lebih bulan)

Persalinan post maturus (serotinus), adalah persalinan dengan usia kehamilan lebih dari 42 minggu. Kondisi janin dengan persalinan post matur (serotinus) kurang baik karena plasenta sudah tidak berfungsi sehingga berakibat IUFD (intra uterine fetal defect: kerusakan atau gangguan pada janin dalam rahim).

Baca Juga: Jenis Persalinan Normal, Buatan, dan Anjuran
Baca Juga: Persalinan Normal (spontan)

INFO: You have Ads-Block for 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait 5 Jenis Persalinan Menurut Usia Kehamilan


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.