Fian Rubianti Am.Keb

Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test)

  • 2

DuniaBidan.com

Berikut ini kami rangkum beberapa tips sebelum melakukan pemeriksaan PAP SMEAR:

  1. Beritahu dokter, jika Anda sedang menstruasi karena dapat memengaruhi hasil pemeriksaan.
  2. Hindari hubungan seksual, douching, atau menggunakan produk spermisida pada hari sebelum tes.
  3. Bersantai. Tarik napas dalam-dalam dan cobalah untuk tetap tenang.
  4. Jadwalkan waktu pemeriksaan PAP SMEAR tahunan atau minta untuk janji terpisah. Jika Anda akan mengalami menstruasi pada hari Pap smear Anda, mungkin dokter akan menjadwal ulang tes, karena hasilnya bisa kurang akurat. Cobalah untuk tidak melakukan hubungan seksual, melakukan douching, atau menggunakan produk spermisida sehari sebelum tes karena ini dapat mengganggu hasil Anda.

Dalam beberapa kasus, waktu yang pas dan aman untuk melakukan Pap smear adalah 24 minggu pertama kehamilan. Jika melewati waktu tersebut, mungkin test akan lebih menyakitkan. Dan juga Anda harus menunggu hingga 12 minggu setelah melahirkan untuk meningkatkan keakuratan hasil Anda.

Prosedur pemeriksaan Pap Smear ini dilakukan di klinik dokter atau klinik pelayanan umum yang menyediakan jasa pemeriksaan Pap Smear. Selama prosedur pemeriksaan, sel-sel dari leher rahim akan diambil dengan kapas steril, kemudian digosokan dengan hati-hati pada object glass (kaca) dan kemudian diperiksa untuk melihat apakah ada pertumbuhan abnormal.

Pap smear akan berjalan lebih lancar jika tubuh sedang rileks, sangat penting untuk tetap tenang dan mengambil napas dalam-dalam selama dokter melakukan prosedur pemeriksaan guna mengurangi rasa sakit dan mungkin sedikit tidak nyaman, tetapi biasanya tidak menyebabkan rasa sakit jangka panjang.

INFO: You have Ads-Block for Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Tips Sebelum Periksa PAP SMEAR (Pap Test)


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.