Fian Rubianti Am.Keb

Tips Menghindari Obat Palsu

  • 3

Tips Menghindari Obat Palsu | Dunia Bidan

Image Source

Kasus pemalsuan tehadap obat dan peredaran obat ilegal sudah tak asing lagi di tenglinga kita, Spanduk kampanye tentang memerangi obat ilegal pun marak ditemukan. Miris sekali, Orang indonesia ini pintar-pintar namun sayang kepintarannya kenapa disalahgunakan yang akhirnya akan mengancam keselamatan banyak nyawa.

Kita sebagai konsumen harus lebih pintar, gali informasi sedalam-dalamnya mengenai hal tentang kesehatan, bisa dengan mencari sumber di internet atau langsung bertanya pada tenaga kesehatan. Karena mengenai ilmu tentang kesehatan tidak secara gamblang dibahas pada bangku sekolah umum.

Tips Menghindari Obat Palsu | Dunia Bidan

Image Source

Seperti yang terdapat pada poster diatas, DAGUSIBU adalah akronim yang di buat oleh IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) dalam rangka mensosialisasi penggunaan obat yang benar melalui Gerakan Keluarga Sadar Obat.

DAGUSIBU yang artinya :

  • Dapatkan, Belilah obat di tempat yang terjamin yaitu i apotek. Penyimpanan obat di apotek lebih terjamin sehingga obat sampai ke tangan pasien dalam kondisi baik (Kondisi fisik dan kandungan kimianya belum berubah). Pastikan apotek yang anda kunjungi memiliki ijin dan meemiliki apoteker yang siap membantu pasien setiap saat.
  • Gunakan, Gunakan obat dengan benar. Penggunaan obat harus sesuai dengan aturan yang tertera pada wadah atau etiket. Obat jenis antibiotik harus dikonsumsi sampai habis. Pastikan Apoteker telah memberitahukan cara pemakaian obat dengan jelas.
  • Simpan,Supaya obat yang kita pakai tidak rusak maka kita perlu menyimpan obat dengan benar. Kebanyakan obat tiak boleh terpapar oleh sinar matahari secara langsung. Jauhkan obat dari jangkauan anak-anak.
  • Buang, Bila obat telah kadaluarsa atau rusak maka obat tidak boleh diminum. Obat juga jangan dibuang sembarangan agar tidak disalahgunakan. Anda bisa menyerahkan obat yang telah kadaluarsa ke apotek. Atau bisa dengan cara : Buka kemasannya, Hancurkan obat dengan  direndam dalam air, setelah itu ainya dibuang ke tanah.

Ciri-Ciri Obat Palsu:

  • Harga jauh lebih murah
  • Tidak memiliki izin edar
  • Tidak ada tanggal kadaluarsa
  • Kemasan berbeda atau mencurigakan

Tips Hindari Obat Palsu:

Tips Menghindari Obat Palsu | Dunia Bidan

Image Source

Informasi tambahan dari tips menghindari obat palsu diatas yaitu:
- Menebus resep Obat hanya di apotek
- Sampaikan pada dokter jika tidak ada kemajuan setelah minum obat yang telah diresepkan
- Membeli obat hanya di sarana pelayanan kesehatan berizin (apotek dan toko obat berizin)
- Mencurigai jika terapat harga obat yang terlalu rendah atau cukup tinggi

Baca Juga: Cara Menyimpan Obat Dengan Baik & Benar

Ayo bersama perangi peredaran obat ilegal, Belilah obat hanya di apotek yang telah memiliki izin usaha!

INFO: You have Ads-Block for Tips Menghindari Obat Palsu , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Tips Menghindari Obat Palsu , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Tips Menghindari Obat Palsu by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Tips Menghindari Obat Palsu via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 3
Top Recent People Searches: Tips Menghindari Obat Palsu

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Tips Menghindari Obat Palsu


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.