Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Tanda Gejala Penyakit Diabetes

  • 1

Tanda Gejala Penyakit Diabetes | Dunia Bidan

Dalam kondisi normal, glukosa merupakan sumber energi utama bagi sel-sel dalam tubuh yang membentuk otot dan jaringan, namun jika berlebih bisa berbahaya karena dapat memicu penyakit gula darah/diabetes. Penyakit Diabetes merupakan salah satu penyakit keturunan dan gaya hidup. Jadi meskipun ia tidak memiliki keturunan diabetes namun gaya hidupnya terlalu banyak mengkonsumsi manis, mengkonsumsi minuman keras, dan perokok berat memiliki potensi lebih tinggi terkena penyakit diabetes.

Apa sih tanda gejala diabetes? Bagi orang awam mungkin sedikit membingungkan karena gejalanya hampir mirip dengan sakit biasa, berikut penjelasan duniabidan.com mengenai tanda gejala penyakit diabetes.

Tanda Gejala Penyakit Diabetes

1. Penurunan berat badan signifikan

Bagi penderita diabetes, penurunan berat badan secara terus menerus tidak akan disadari. Hal tersebut terjadi karena gula dalam darah terbuang ke sistem ginjal melalui urine, mengakibatkan seberapa banyak pun makanan yang dimakan akan sia-sia selama insulin tidak mampu menyalurkan gula menjadi sumber energi bagi tubuh.

2. Nafsu makan meningkat

Pada umumnya penderita diabetes akan memiliki nafsu makan yang lebih dari biasanya, namun hal tersebut akan percuma karena tidak menjadikan berat badan naik, seperti dijelaskan pada poin pertama, makanan yang masuk akan menjadi sia-sia.

3. Sering Buang Air Kecil

Biasanya terjadi lebih sering pada malam hari, karena penderita diabetes memiliki kadar gula yang tinggi, dan tubuh membuat perintah untuk mengeluarkan kelebihan gula tersebut bersama air seni, jadi anda penderita diabetes akan memiliki intensitas lebih sering untuk buang air kecil pada malam hari sehingga mengurangi kualitas tidur.

4. Sering Haus / Dahaga

Gejala haus/dahaga yang berlebihan disebabkan karena anda terlalu sering mengeluarkan cairan lewat air seni, jadi tubuh memberi sinyal seperti haus dan dahaga untuk menghindari terjadinya dehidrasi.

5. Penglihatan menurun/kabur

Penglihatan kabur atau disebut dengan katarak sudah biasa dialami oleh penderita diabetes. Penyakit katarak akan timbul karena gula membentuk suatu lapisan yang menutupi lensa mata. Gangguan ini dapat diatasi dengan melakukan operasi pada mata dengan menggantikan lensa mata yang rusak dengan lensa buatan.

6. Luka susah sembuh/kering

Jika anda mempunyai luka, proses penyembuhan luka tersebut akan berlangsung sangat lama karena berkurangnya suplai darah akibat menyempitnya pembuluh darah. Harap berhati-hati agar tidak terjadi luka.

Umumnya, gejala diabetes pada pria dapat dicegah dengan pola makan yang sehat, kurangi konsumsi makanan yang manis, hindari rokok dan alkohol serta rajin berolahraga.

Kemudian jika Anda mengalami kegemukan, segeralah diet dengan mengurangi makanan berkalori, berlemak dan manis agar terhindar dari risiko terkena diabetes.

Segera periksa ke dokter jika anda mengalami atau menemukan tetangga atau teman seperti tanda gejala diabetes seperti diatas, agar penyakit diabetes dapat segera tertangani dan tidak akan bertambah parah.

Tanda Gejala Penyakit Diabetes by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Tanda Gejala Penyakit Diabetes via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Tanda Gejala Penyakit Diabetes

Top Recent People Searches: Tanda Gejala Penyakit Diabetes

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News