Fian Rubianti Am.Keb

Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause

  • 2

Menopause merupakan proses alami bukan indikasi suatu penyakit. Jangan khawatir dan hadapi dengan perasaan happy.

DuniaBidan.com

Definisi Menopause

Menopause adalah suatu fase pada siklus wanita yakni berhenti mendapatkan menstruasi akibat penurunan hormon juga usia dan faktor lainnya, dengan begitu berakhir pula usia produktif organ reproduksinya sehingga tidak akan mendapatkan kesuburan atau keturunan lagi. Menopause ditandai dengan 12 bulan sejak haid terakhirterjadi pada usia 40-50 tahun.

Meskipun tidak dapat hamil lagi, wanita menopause masih aktif secara seksual. Jadi anda tidak perlu khawatir jika sudah menunjukan tanda gejala menopause, karena menopause merupakan proses alami pada wanita seiring dengan pertambahan usia.

Sebelum mendapat menopause, seorang wanita akan mengalami sebuah fase pramenopause yang disebut Perimenopause. Perimenopause adalah suatu masa transisi alami menjelang berhentinya menstruasi (Menopause) dimana estrogen yang ada tubuh seorang wanita berkurang dari waktu ke waktu.

Penyebab Menopause

Penyebab utama terjadinya menopause adalah terjadi penurunan hormon secara alami seiring dengan bertambahnya usia dan keseimbangan organ vital.

Adapun penyebab menopause secara buatan seperti seorang wanita mengikuti prosedur medis, diantaranya:

  • Kemotherapi dan Radiotherapi pada pengobatan kanker
  • Pengangkatan rahim
  • Down sindrom

Tanda Gejala Menopause

Anda wajib mengetahui tanda dan gejala menopause, selain menambah pengetahuan juga dapat mempersiapkan diri ketika tiba menopause, sehingga anda dapat menikmati setiap proses pada siklus reproduksi tubuh.

Apa saja tanda dan gejala menopause?

Tanda dan gejala menopause diantaranya:

  1. Siklus haid tidak teratur, jumlah darah yang banyak atau pun hanya bercak saja. Biasa mendapat rutin 1 bulan sekali, ketika akan menopause siklus haid semakin jarang sampai tidak mendapat haid total.
  2. Hot flashes atau serangan hawa panas, biasa terjadi pada bagian atas dan wajah akibat perubahan kadar estrogen. Hot flushes ditandai dengan munculnya kulit yang memerah di sekitar muka, leher dan dada bagian atas.
  3. Perubahan mood, emosi yang tidak stabil, depresi dan mudah tersinggung.
  4. Pertambahan berat badan dan metabolisme yang melambat
  5. Massa otot tubuh berkurang disertai peningkatan kadar kolesterol atau lemak tubuh, sehingga badan terlihat "lembek" tetapi pada pinggang dan perut terjadi penebalan.
  6. Rambut rontok dan/atau kuku rapuh
  7. Tingkat kesuburan menurun, tidak terlalu berpengaruh pada aktivitas seksual, namun kadang ditemukan adanya kekeringan pada v4gina dan penurunan libido.
  8. Kepadatan tulang berkurang karena berkurangnya hormon estrogen dan faktor usia.
  9. Gangguan pada kandung kemih, rentan terjadi infeksi kandung kemih akibat menahan buang air kecil.
  10. Gangguan tidur atau kelelahan, detak jantung yang kencang, badan bagian atas berkeringat.

Ketidaknyamanan yang disebutkan diatas biasanya dialami pada saat perimenopause, sekitar 2-8 tahun sebelum masa menopause ditambah 1 tahun menjelang menopause.

Karena menopause ini bukan penyakit melainkan terjadi secara alami hampir kepada semua wanita, maka dari itu anda tidak usah khawatir jika mengalami sebagian tanda gejala menopause yang telah disebutkan diatas. 

Kapan wanita menopause harus pergi ke dokter?

Okay, anda harus pergi ke dokter jika mengalami menopause dini, yakni menopause yang terjadi sebelum anda berusia 40 tahun, dan pada saat anda merasakan ketidaknyamanan pramenopouse sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti mengalami rasa terbakar pada wajah, kekeringan cairan v4gina, dan ketidaknyamanan lainnya.

INFO: You have Ads-Block for Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Pengertian, Gejala dan Penyebab Menopause


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.