Fian Rubianti Am.Keb

Macam Kelainan Pada Menstruasi

  • 1

Macam Kelainan Pada menstruasi

Menstruasi adalah siklus alami yang terjadi pada wanita setiap 4 minggu sekali dengan peran hormon FSH dan LH. Menstruasi terjadi pada remaja sampai wanita dewasa usia 40-an sebelum ia mengalami menopause.

Kebanyakan wanita mengalami menstruasi dengan siklus 28 hari-30 hari, dengan volume darah mulai 10ml-100ml per hari. Nyatanya menstruasi tidak selamanya normal, terdapat beberapa kelainan pada mestruasi dan mereka yang menstruasi pasti pernah mengalami sebagian dari kelainan ini.

Berikut macam-macam kelainan menstruasi:

1. Dismenorea

Dismenorea adalah rasa sakit atau nyeri saat wanita tiba waktunya menstruasi, bisa datang sebelum atau pada saat menstruasi. Dismenorea sendiri memiliki beberapa tingkatan sesuai beratnya intensitas nyeri. Dismenorea yang parah dapat menyebabkan muntah sampai pingsan.

2. Amenorea

Amenorea adalah kejadian seorang wanita tidak mendapat menstruasi bulanan, dan dikatakan normal apabila terjadi pada wanita belum memasuki masa pubertas,wanita hamil dan masa nifas atau saat menyusui.

3. Oligomenorea

Oligomenorea adalah terjadinya siklus menstruasi yang jarang atau periode menstruasi pendek, siklus haid terjadi lebih dari 35 hari, biasanya disebabkan oleh memanjangnya fase folikular.

4. Polimenorea

Polimenorea adalah terjadinya siklus menstruasi yang sering atau periode menstruasi memanjang atau memiliki siklus menstruasi kurang dari 21 hari, biasanya disebabkan karena ada gangguan pada fase luteal.

5. Hipomenorea

Hipomenorea adalah perdarahan menstruasi yang sedikit, disebabkan karena kesuburan endometrium kurang akibat kurang gizi, gangguan hormonal dan penyakit menahun.

6. Hipermenorea atau menorraghia 

Hipermenorea atau menorraghia adalah perdarahan menstruasi yang banyak, berlangsung lebih dari 7 hari dan dalam sehari dapat mengganti pembalut 4-6 kali, disebabkan oleh infeksi rahim, atau terdapat penyakit seperti myoma uteri (tumor jinak dari otot rahim).

7. Metrorraghia

Metrorraghia adalah perdarahan menstruasi yang tidak teratur (irregular) atau terjadi diluar siklus menstruasi normal. Gangguan menstruasi ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari atau merupakan indikasi adanya kanker.

8. Pra menstrual syndrom (PMS)

Pra menstrual syndrom (PMS) adalah gejala fisik atau psikologis menjelang waktu menstruasi, gangguan yang terjadi berupa gejala fisik, psikologis, dan emosional yang berhubungan dengan hormonal. Tanda gejala PMS yaitu perut kembung, nyeri payudara dan emosi yang tidak stabil.

Sebanyak 20% wanita pernah mengalami gangguan atau kelainan menstruasi ini. Segera periksa ke dokter jika siklus haid anda tidak berjalan normal atau mengalami kelainan menstruasi.

INFO: You have Ads-Block for Macam Kelainan Pada Menstruasi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Macam Kelainan Pada Menstruasi , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Macam Kelainan Pada Menstruasi by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Macam Kelainan Pada Menstruasi via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Macam Kelainan Pada Menstruasi

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Macam Kelainan Pada Menstruasi


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.