Fian Rubianti Am.Keb

Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB

  • 2

Setelah kemarin membahas mengenai alat kontrasepsi suntik KB, serta kelebihan dan kekurangan kontrasepsi suntik. Pada artikel kali ini akan membahas jenis kontrasepsi temporer lainnya yaitu pil KB. Alat kontrasepsi pil ini banyak sekali merk dan jenis pil sesuai kegunaanya, anda penasaran dengan jenis pil yang dimaskud? Simak artikelnya dibawah ini.

Pil KB

Apa itu PIL KB?

Pil KB adalah alat kontrasepsi hormonal pencegah kehamilan atau pencegah konsepsi yang digunakan per-oral atau kontrasepsi oral berisi hormon estrogen dan atau progesteron. Pil KB merupakan salah satu jenis kontrasepsi yang banyak digunakan dan disukai karena relatif mudah didapat, harganya murah, dan mudah digunakan.

Pil KB dapat digunakan oleh sebagian besar wanita. Namun, tidak direkomendasikan bagi wanita yang memiliki berat badan berlebih, berusia 35 tahun ke atas dan wanita perokok.

Cara Kerja Pil KB

Bagaimana cara kerja PIL KB?

Cara kerja PIL KB yaitu mencegah kehamilan dengan menghambat pelepasan sel telur dari ovarium setiap bulannya, Pil KB mengandung hormon estrogen dan progestin sintesis yang bekerja untuk:

  1. Mengatur siklus menstruasi wanita
  2. Mengatur tingkat naik-turun hormon yang memiliki peran penting dalam kehamilan. 
  3. Mencegah indung telur Anda untuk melepas sel telur agar tidak terjadi proses pembuahan.
  4. Mengubah ketebalan lendir leher rahim guna menyulitkan sp3rma bergerak masuk ke dalam rahim untuk mencari telur.
  5. Mengubah lapisan dinding rahim sehingga tidak mungkin untuk sel telur yang dibuahi tertanam di dalam rahim.

Efektivitas PIL KB

Pil KB sangat efektif dan aman apabila digunakan secara benar dan konsisten mengikuti arahan dokter, setiap hari di waktu yang sama. Tingkat efektivitas pil kontrasepsi standar ini dilaporkan mencapai 99 persen, sedangkan tingkat kesuksesan pil mini mencapai 95 persen (agak kurang efektif daripada pil KB standar).

Namun, efektivitas kontrasepsi pil ini bisa menurunkan hingga antara 92-94 persen dengan mempertimbangkan faktor lain, seperti lupa minum pil, kehabisan pil sebelum sempat isi ulang, kekeliruan cara pakai pun menjadi salah satu masalah akseptor KB pil.

Jenis PIL KB

Jenis Pil KB atau oral contraceptives pill secara umum terbagi menjadi 5 jenis, antara lain:

1. Pil KB kombinasi atau combination oral contraceptive pill

Pil KB kombinasi ialah alat kontrasepsi temporer (jangka pendek) berbentuk pil yang mengandung estrogen dan progesteron dan diminum sehari sekali terdiri dari 21-22 pil KB.

Estrogen dalam pil oral kombinasi, terdiri dari etinil estradiol 30-35 mcq dan mestranol. Sedangkan Progestin dalam pil oral kombinasi, terdiri dari noretindron, etindiol diasetat , linestrenol, noretinodel, norgestrel, levonogestrel, desogestrel dan gestoden.

Umumnya setelah 2-3 hari sesudah pil KB/kontrasepsi oral terakhir diminum, akan timbul perdarahan haid, yang sebenarnya merupakan perdarahan putus obat. Penggunaan pada siklus selanjutnya, sama seperti siklus sebelumnya, yaitu pil pertama ditelan pada hari pertama perdarahan haid.

Pil KB kombinasi mempunyai 2 kemasan, yaitu :

a. Kemasan 28 hari.

  • Tediriri dari 21 dan 7 pil berbeda warna (digunakan selama minggu terakhir pada setiap siklus) tidak mengandung hormon wanita. Sebagai gantinya adalah zat besi atau zat inert. Pil-pil ini membantu pasien untuk membiasakan diri minum pil setiap hari.

b. Kemasan 21 hari (mini pil)

  • Seluruh pil dalam kemasan ini mengandung hormon. Setelah habis, berikan jeda 7 hari tanpa pil, pasien mungkin akan mengalami haid selama 7 hari tersebut.
  • Setelah Jeda 7 hari tersebut, mau pasien haid atau tidak, harus segera memulai mengkonsumsi pil pada kemasan yang baru.
  • Jika pasien merasa mungkin hamil, ia harus memeriksakan diri. Jika pasien yakin ia minum pil dengan benar, pasien dapat mengulangi pil tersebut sesuai jadwal walaupun haid tidak terjadi.

2. Pil KB/kontrasepsi oral tipe pil mini/ Pil menyusui

Pil mini kadang-kadang disebut pil masa menyusui. Pil mini yaitu pil KB yang hanya mengandung progesteron saja dan diminum sehari sekali. Berisi derivat progestin, noretindron atau norgestrel, dosis kecil, terdiri dari 21-22 pil.

Cara pemakaiannya sama dengan cara tipe kombinasi 21 hari, namun dosis progestin dalam pil mini lebih rendah daripada pil kombinasi. Karena dosisnya kecil maka pil mini diminum setiap hari pada waktu yang sama selama siklus haid bahkan selama haid.

Contoh pil mini/pil menyusui, yaitu :

  • Micrinor, NOR-QD, noriday, norod menganddung 0,35 mg noretindron.
  • Microval, noregeston, microlut mengandunng 0,03 mg levonogestrol.
  • Ourette, noegest mengandung 0,5 mg norgeestrel.
  • Exluton mengandung 0,5 mg linestrenol.
  • Femulen mengandung 0,5 mg etinodial diassetat

3. Pil KB/kontrasepsi oral tipe sekuensial

Pil Sekunsial dibuat seperti urutan hormon yang dikeluarkan ovarium pada tiap siklus. Maka berdasarkan urutan hormon tersebut, estrogen hanya diberikan selama 14–16 hari pertama diikuti oleh kombinasi progestron dan estrogen selama 5–7 hari terakhir. Cara penggunaannya sama dengan tipe kombinasi. Efektivitasnya sedikit lebih rendah dan lebih sering menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Pil KB/kontrasepsi oral tipe pil pascasanggama (morning after pill)

Morning after pill atau populer dengan nama pil kondar (kontrasepsi darurat) merupakan pil yang mengandung hormon estrogen dosis tinggi yang hanya diberikan untuk keadaan darurat saja, seperti kasus pemerkosaan dan kondom bocor.

Berisi dietilstilbestrol 25 mg, diminum 2 kali sehari, dalam waktu kurang dari 72 jam pascasanggama, selama 5 hari berturut-turut.

5. Once A Moth Pill

Pil hormon dengan komposisi estrogen dengan status ”long acting” yaitu pil yang diberikan 1x namun dapat melindungi sampai sebulan. Namun alat kontrasepsi jenis ini masih kontroversi.

Para ahli pun berdebat tentang kegunaan pil ini. Mereka berpendapat bahwa tidak semua wanita ingin minum pil setiap hari. Maka dari itu produsen alat kontrasepsi meluncurkan produk pil jangka panjang ini masih sangat terbatas, mengingat kekhawatiran pil ini karena bisa disalahgunakan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab, seperti melegalkan s3ks bebas.

Jenis kontrasepsi pil sekali minum yang sudah tersedia, namun masih terbatas antara lain:

  • Mifepristone, yaitu alat kontrasepsi oral harian yang mengandung anti progesteron yang digunakan dalam uji klinis penelitian.
  • Ormeloxifene (centchroman), yaitu alat kontrasepsi oral yang berupa modulator reseptor estrogen yang digunakan 1-2 kali per minggu dan hanya tersedia di India.

Baca Juga: Manfaat PIL KB untuk Kesehatan dan Kecantikan

INFO: You have Ads-Block for Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Kontrasepsi Temporer (Jangka Pendek): Pil KB


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.