Fian Rubianti Am.Keb

Jenis KB Susuk Implant

  • 1

Mengetahui apa itu KB susuk implant, cara kerja dan efektivitas saja tidak cukup sebagai acuan informasi, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai jenis KB susuk implant. Berikut informasinya.

Menurut Meilani (2010), Jenis KB Susuk Implant dibagi menjadi beberapa jenis berikut ini:

1. Norplant (5 tahun)

Jenis Implant Norplant - DuniaBidan.com

Kontrasepsi susuk KB implant ini berisi 36 mg levonorgestrel, terdiri dari 6 kapsul, terdiri dari 6 batang silastik lembut berongga dengan panjang 3,4 cm, dengan diameter 2,4 mm, dan lama kerjanya 5 tahun.

Pelepasan hormon setiap harinya berkisar antara 50 – 85 mcg pada tahun pertama penggunaan, kemudian menurun sampai 30 – 35 mcg per hari untuk lima tahun berikunya. Saat ini KB implant yang paling banyak dipakai adalah norplant.

2. Implanon (3 tahun)

DuniaBidan.com

Jika norplant berisi 5 batang, implanon ini hanya 1 batang putih lentur yang berisi progestin generasi ketiga, terdiri dari  68 mg 3-keto-desogestrel dan lama kerjanya 3 tahun. Dimasukkan kedalam inserter steril dan sekali pakai/disposable,  panjang kira-kira 40 mm dengan diameter 2 mm.

Pada permulaannya kecepatan pelepasan hormonnya adalah 60 mcg per hari, dan perlahan menurun menjadi 30 mcg per hari selama 3 tahun.

3. Jadena dan Indoplant (3 tahun)

DuniaBidan.com

Implan jenis jadena dan indoplant ini terdiri dari 2 batang yang diisi dengan 75 mg levonorgestrel dengan lama kerja 3 tahun. Dapat dipakai oleh semua Ibu dalam usia reproduksi dan masa laktasi. Efek samping utama berupa perdarahan tidak teratur, perdarahan bercak (spotting) dan amenorea.

4. Unimplant (1 tahun)

DuniaBidan.com

Terdiri dari 1 batang putih silastic dengan panjang 4 cm, yang mengandung 38 mg nomegestrol asetat dengan kecepatan pelepasan sebesar 100 μg per hari dan lama kerja 1 tahun.

5. Capronor (1 tahun)

Implan capronor terdiri dari 1 kapsul biodegradable yang melepaskan progestin dari bahan pembawa/pengangkut yang secara perlahan-lahan larut dalam jaringan tubuh.

Kapsul ini mengandung levonogestrel dan terdiri dari polimer E-kaprolakton. Mempunyai diameter 0,24 cm, terdiri dari dua ukuran dengan panjang 2,5 cm mengandung 16 mg levonorgestrel, dan kapsul dengan panjang 4 cm yang mengandung 26 mg levonorgestrel.

Lama kerja 12 – 18 bulan. Kecepatan pelepasan levonogestrel dari kaprolakton adalah 10 kali lebih cepat dibandingkan silastic.

Jika anda kebingungan untuk memilih jenis KB susuk implan yang seperti apa, silahkan konsultasikan kepada dokter/Bidan yang akan memasangkan KB susuk implant kepada tubuh anda.

Baca Juga: KB Susuk Implant, Cara Kerja dan Efektivitas
Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan KB Susuk Implan
Baca Juga: Kontraindikasi, Syarat Pemasangan KB Susuk Implant
Baca Juga: Efek Samping KB Susuk Implant

INFO: You have Ads-Block for Jenis KB Susuk Implant , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Jenis KB Susuk Implant , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Jenis KB Susuk Implant by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Jenis KB Susuk Implant via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Jenis KB Susuk Implant

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Jenis KB Susuk Implant


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.