Fian Rubianti Am.Keb

Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia

  • 1

Pada artikel sebelumnya sudah dibahas mengenai macam dan jenis AKDR atau IUD spiral, terdapat berbagai macam bentuk dan ukuran, namun yang populer digunakan Di Indonesia ada 4 jenis yaitu Spiral (Lippes Loop), Batang (Copper-T dan Copper 7), Tulang ikan (Multiload). Mari simak penjelasan lengkapnya dibawah ini:

 Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia - DuniaBidan.com

Seperti yang kita ketahui di Indonesia hanya beberapa jenis AKDR IUD spiral yang populer dan digunakan, namun jika anda penasaran dengan macam jenis kontrasepsi spiral IUD (AKDR) telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Jenis AKDR atau IUD yang populer di indonesia ada 4 jenis yaitu:

1. Spiral (Lippes Loop)

IUD Spiral (Lippes Loop) terbuat dari bahan polyethelene berbentuk spiral atau huruf S bersambung dengan benang pada ekornya untuk memudahkan kontrol. Lippes Loop mempunyai angka kegagalan yang rendah.

IUD Spiral Lippes Loop terdiri dari 4 jenis yang berbeda menurut ukuran panjang bagian atasnya, sebagai berikut:

  • Tipe A berukuran 25 mm (benang biru)
  • Tipe B memiliki ukuran 27,5 mm 9 (benang hitam)
  • Tipe C berukuran 30 mm (benang kuning), dan
  • Tipe D memiliki ukuran yang sama dengan tipe C yaitu 30 mm (tebal, benang putih).

Keuntungan lain dari pemakaian IUD spiral Lippes Loop ialah bila terjadi perforasi (terlepasan sendiri) jarang menyebabkan luka atau penyumbatan usus, sebab terbuat dari bahan plastik. IUD spiral jenis ini merupakan yang banyak dipergunakan dalam program KB nasional.

2. Batang (Copper-T)

IUD berbentuk T (Copper - T) terbuat dari bahan polyethelene di mana pada bagian vertikalnya diberi lilitan kawat tembaga halus yang mempunyai efek antifertilisasi (anti pembuahan). IUD bentuk T yang baru melepaskan levonorgegestrel dengan konsentrasi yang rendah dapat digunakan minimal lima tahun.

Dari hasil penelitian menunjukkan efektivitas yang tinggi dalam mencegah kehamilan yang tidak direncanakan maupun perdarahan menstruasi. Kerugian metode ini adalah terjadi efek samping hormonal dan amenorhea. 

3. Batang (Copper-7)
IUD Copper-7 memiliki design seperti angka 7 untuk memudahkan pemasangan, memiliki ukuran diameter batang vertikal 32 mm dengan ditambahkan gulungan kawat tembaga (Cu) yang mempunyai luas permukaan 200 mm2, mempunyai fungsi sama dengan Copper-T yang mempunyai efek antifertilisasi (anti pembuahan).

4. IUD Tulang Ikan (Multiload)

Ada 3 ukuran multiload, yaitu standar, small (kecil), dan mini.

DuniaBidan.com

IUD jenis multiload dibuat dengan bahan yang sama dengan jenis IUD lainnya yaitu terbuat dari plastik polyethelene dengan dua tangan kiri dan kanan berbentuk sayap yang fleksibel. Panjang dari ujung atas ke bawah 3,6 cm. Kemudian pada bagian batangnya diberi gulungan kawat tembaga dengan luas permukaan 250 mm2 atau 375 mm2 untuk menambah efektivitas.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan KB Spiral IUD
Baca Juga: Efek Samping KB Spiral IUD

INFO: You have Ads-Block for Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Jenis AKDR atau IUD Spiral yang Populer Di Indonesia


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.