Fian Rubianti Am.Keb

Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal

  • 2

Hasil PAP SMEAR (Pap test) normal dan tidak normal

Tak lengkap rasanya jika sudah membahas mengenai apa itu Pap Smear, namun tidak membahas bagaimana hasil pemeriksaan Pap Smear (Pap Test). Ada dua kemungkinan hasil dari Pap smear yaitu normal dan tidak normal. Simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

hasil pap smear normal dan tidak normal

1. Pap smear normal

Jika hasil Anda normal, itu berarti tidak ada sel abnormal yang teridentifikasi. Hasil normal kadang-kadang juga disebut sebagai negatif. Jika hasil Anda normal, Anda mungkin tidak memerlukan Pap smear selama tiga tahun.

2. Pap smear tidak normal

Jika hasil tes tidak normal, ini tidak berarti Anda menderita kanker. Ini hanya berarti bahwa ada sel-sel abnormal di leher rahim Anda, beberapa di antaranya bisa menjadi prakanker. Ada beberapa tingkat sel abnormal:

  • mild dysplasia (displasia ringan) adalah pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal dalam tingkat ringan dengan perkembangan kanker servik 5 tahun.
  • moderate dysplasia (displasia sedang) adalah pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal dalam tingkat sedang dengan perkembangan kanker servik 3 tahun.
  • severe dysplasia (displasia berat) adalah pertumbuhan dan perkembangan sel yang tidak normal dalam tingkat berat dengan perkembangan kanker servik 1 tahun hingga menjadi stadium 0 (carcinoma in situ).
  • carcinoma in situ (stadium awal kanker) adalah sekelompok sel abnormal yang muncul pada organ pertama kali dan belum menyebar ke bagian lain. 

Tahap pra-kanker tersebut sering tidak menimbulkan gejala (92%), selanjutnya masuk tahap kanker invasif berupa kanker stadium I sampai stadium IV.

Bagaiamana Penanganannya?

Penanganannya tergantung pada apa yang ditunjukkan oleh hasil test pap smear, dokter Anda dapat merekomendasikan peningkatan frekuensi Pap smear atau melihat lebih dekat pada jaringan serviks Anda dengan prosedur yang disebut Colposcopy. 

colposcopy dan biopsi

Selama pemeriksaan kolposkopi, dokter Anda akan menggunakan cahaya dan pembesaran untuk melihat jaringan v4gina dan leher rahim lebih jelas. Dalam beberapa kasus, dokter Anda mungkin juga mengambil sampel jaringan serviks Anda dalam prosedur yang disebut biopsi.

Seberapa akurat hasil PAP TEST?

Tes Pap sangat akurat, dan pemeriksaan Pap rutin dapat mengurangi tingkat kanker serviks dan mortalitas hingga 80%. Prosedur tindakan akan menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi ketidaknyamanan singkat dapat membantu melindungi kesehatan Anda.

INFO: You have Ads-Block for Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Hasil Pap Smear Normal dan Tidak Normal


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.