Fian Rubianti Am.Keb

Efek Samping KB Spiral IUD

  • 1

IUD adalah perangkat kontrasepsi berukuran kecil yang dimasukkan ke dalam rahim berbentuk 'T' dan terdiri dari 2 macam yaitu: IUD tembaga dan IUD hormonal. Ibu akseptor KB IUD dapat mendapatkan kesuburannya lagi dan hamil kembali setelah masa aktif IUD habis dan telah dilepas.

KB spiral IUD memilki efek samping sama halnya dengan jenis KB suntik, KB pil, dan Alat kontrasepsi lainnya. Mari simak informasi mengenai efek samping KB spiral IUD dibawah ini:

Efek samping KB Spiral IUD - DuniaBidan.com

Image source

Efek samping KB Spiral IUD yang perlu anda ketahui diantaranya:

  • Menimbulkan nyeri pada punggung dan kram seperti nyeri saat haid dan terasa beberapa jam setelah pemasangan spiral/IUD.
  • Pemasangan IUD tembaga dapat meningkatkan pendarahan menstruasi, pendarahan bercak/spotting. Sedangkan IUD hormonal dapat mengurangi masalah tersebut.
  • Jebol atau bocor (Perforasi). Namun hal tersebut sangat jarang terjadi, IUD terjebak di dalam atau menusuk rahim sehingga terjadi perforasi pada rahim. Jika terjadi, maka spiral atau IUD harus segera dilepas.
  • Sekitar 2 – 10 dari 100 IUD mengalami kejadian terlepas sendiri dan keluar melalui jalan lahir. Terlepasnya spiral itu lebih mungkin ketika dipasang setelah melahirkan, atau keluar ketika sedang menstruasi. Lepasnya spiral ini harus diketahui, karena jika terlepas maka tidak ada perlindungan dalam mencegah kehamilan.
  • IUD hormonal dapat menyebabkan tumor jinak atau non-kanker yang disebut kista ovarium, namun kista ini biasanya hilang sendiri.
  • Khusus IUD hormonal dapat menyebabkan efek samping yang mirip dengan efek samping pil KB, seperti nyeri payudara, perubahan suasana hati, sakit kepala, dan jerawat. Efek samping ini jarang terjadi dan kalaupun terjadi biasanya hilang setelah beberapa bulan pertama.
  • Beresiko Tertular Penyakit Kelamin biasanya terjadi pada wanita yang memiliki lebih dari satu pasangan sehingga sangat disarankan tidak memakai alat kontrasepsi jenis IUD ini.

Mengingat efek samping KB spiral/IUD yang telah disebutkan diatas mengerikan, namun sebenarnya jarang menimbulkan komplikasi yang serius, namun banyak wanita takut menggunakan KB spiral atau IUD ini.

Padahal, KB spiral atau IUD ini merupakan alat kontrasepsi paling aman, mudah dan murah. KB spiral/IUD ini sangat cocok untuk akseptor KB yang tidak cocok dengan KB suntik dan sering lupa bila harus setiap hari minum pil. Pasanglah KB spiral atau IUD ini oleh tenaga ahli yang sudah terlatih dan kompeten.

Baca Juga: Apa itu Kontrasepsi IUD, Cara Kerja dan Efektivitas

INFO: You have Ads-Block for Efek Samping KB Spiral IUD , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Efek Samping KB Spiral IUD , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Efek Samping KB Spiral IUD by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Efek Samping KB Spiral IUD via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Efek Samping KB Spiral IUD

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Efek Samping KB Spiral IUD


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.