Fian Rubianti Am.Keb

Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

  • 2

Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut sangat penting, baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Terlebih menjaga kebersihan gigi, gigi yang kotor merupakan tempat bersarang kuman dan penyakit. Banyak sekali penyakit yang ditimbulkan akibat gigi yang rusak bahkan sampai terjadi kelumpuhan dan kematian.

cara menggosok gigi yang tepat

Penting sekali mengetahui cara menggosok gigi yang baik dan benar, karena menggosok atau menyikat gigi secara teratur dan benar dapat menjaga kesehatan gigi dari kerusakan gigi, seperti gigi berlubang, masalah pada gusi, dan bau mulut.

Hal yang harus diperhatikan sebelum menyikat atau menggosok gigi:

  1. Siapkan sikat dan pasta gigi.
    • Pilih pasta gigi yang mengadung flouride
    • Pilih sikat gigi yang sesuai dengan bentuk mulut
  2. Sesuaikan kepala sikat gigi dengan lebar mulut.
  3. Kepala sikat dengan ujung lancip memudahkan sikat menjangkau bagian gigi terdalam.
  4. Pilih juga sikat dengan gagang yang nyaman dipegang sehingga sikat gigi dilakukan dengan benar tanpa melukai gusi. 

Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Berikut cara menggosok atau menyikat gigi yang baik dan benar:

1. Tempatkan bulu sikat mendekati gusi pada sudut 45o, Bulu harus menghubungi permukaan gigi dan gusi.

2. Sikat dengan lembut permukaan luar gigi sebanyak 2-3 gigi dengan menggunakan gerakan memutar, keata ke bawah dan bergantian, pindahkan sikat maju ke bagian gigi berikutnya 2-3 gigi, kemudian ulangi dengan tekhnik yang sama seperti tadi.

3. Pertahankan sudut 45 dengan bulu yang menyentuh permukaan gigi dan gusi. sikat perlahan dengan tekhnik melingkar sepanjang permukaan gigi depan bagian dalam dari gusi ke gigi memutar sebanyak 8 kali.

Penting : Kebanyakan orang menggosok gigi dengan arah menggosok horizontal atau menyamping dengan tekanan yang sangat kuat karena mungkin waktu yang terburu-buru. Hal tersebut sebenarnya salah dan tidak disarankan. Seharusnya menggosok dengan cara melingkar dengan tekanan yang pelan dan lembut kemudian diakhiri dengan gerakan vertikal dari atas ke bawah untuk membersihkan kotoran yang sudah keluar

4. Untuk gambar no 4 adalah menyikat bagian belakang gigi atas dan bawah, gerakannya maju mundur ya. Sikat miring secara vertikal di belakang gigi depan. Buat beberapa goresan ke atas dan ke bawah dengan menggunakan separuh bagian depan sikat. Ulangi untuk bagian belakang gigi bawah.

5. Tempatkan sikat pada permukaan gigi graham (yang dipakai untuk menggigit dan mengunyah makanan) dan gunakan gerakan menggosok dengan lembut. Jangan lupa untuk menyikat lidah dari depan ke belakang untuk menghilangkan bakteri penghasil bau.

Setelah selesai menggosok gigi dengan menggunakan tekhnik menyikat gigi yang benar seperti diatas, jangan lupa kumur-kumur dengan air bersih, bila perlu gunakan cairan berkumur untuk menambah segar aroma nafas.

INFO: You have Ads-Block for Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Menggosok atau Menyikat Gigi yang Baik dan Benar


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.