Fian Rubianti Am.Keb

Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

  • 2

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap

Tubuh manusia memproduksi kelenjar keringat secara alami, keringat dapat muncul pada hampir seluruh bagian tubuh, tidak terkecuali muncul pada bagian kaki. Namun, kenapa keringat yang muncul pada area kaki sering menimbulkan aroma tidak sedap? Mari kita bahas mengenai penyebab bau kaki tidak sedap dan cara mengatasinya.

Penyebab Bau Kaki Tidak Sedap

Bau kaki (Bromodosis) disebabkan oleh bakteri pada kulit kaki akibat produksi keringat berlebih dan kaki menjadi lembab sehingga menimbulkan bau tak sedap, terutama saat memakai sepatu tertutup kemudian hendak melepasnya, seketika bau tak sedap semerbak mengalihkan perhatian semua orang.

Dalam keringat terkandung mineral seperti NaCl dan Kalium. Aroma tidak sedap terjadi karena senyawa tersebut bereaksi dengan keringat berlebih yang menguraikan lemak dan protein sehingga menghasilkan senyawa asam.

Saat bakteri-bakteri itu berkumpul akan mengeluarkan gas berbau menyengat. Gas itulah yang membuat aroma kaki jadi mengganggu. Terdapat tiga jenis gas yang dikeluarkan bakteri pada kaki, yaitu propanoic acid, methanethiol dan isovaleric acid.

  • Propanoic acid merupakan cairan bening yang memiliki bau kecut layaknya bau badan.
  • Methanethiol membuat kaki berbau seperti belerang dan keju yang diproduksi dari kulit mati.
  • Isovaleric acid juga menebarkan aroma seperti keju dan tengik seperti cuka

Penyebab lain aroma kaki tidak sedap adalah:

  • Pemilihan bahan kaos kaki harus tepat, karena salah memilih bahan kaos kaki menyebabkan kaki sulit bernafas akibat kekurangan ruang.
  • Penggunaan sepatu yang terlalu lama dan jarang dicuci, sepatu bisa menjadi sarang bakteri bila tidak pernah dicuci atau dibersihkan yang berimbas pada kaki yang mudah menjadi bau. Semakin diperparah apabila jarang mencuci kaki, di mana bau menjadi semakin menyengat.
  • Terdapat infeksi pada kaki, infeksi yang disebabkan oleh luka pada celah kuku kaki atau terdapat jamur dan bakteri. Jamur dan bakteri biasanya muncul akibat penggunaan sepatu atau kaos kaki basah yang dipaksakan.

Mengatasi aroma tidak sedap bau kaki tidaklah mudah karena berkaitan dengan keringat, sel kulit mati dan bakteri. Namun Anda bisa meminimalisir bau dengan cara yang terbilang mudah. Berikut cara mengatasi bau kaki tidak sedap, diantaranya:

Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

Berikut cara mengatasi bau kaki tidak sedap, jika dilakukan secara rutin dapat menghilangkan bau kaki. Ikuti langkah mengatasi bau kaki tidak sedap berikut ini:

  1. Rendam kaki dalam air hangat yang telah dicampur dengan larutan garam. Garam diketahui dapat membantu mengurangi produksi keringat pada kaki. Lakukan sebelum tidur selama 15 sampai 20 menit setiap hari.
  2. Oleskan minyak essensial lavender pada kaki sambil dilakukan pijat lembut selama beberapa menit. Harum aroma lavender memberi kesan segar pada kaki, selain itu lavender memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.
  3. Bila perlu, gunakan scrub khusus kaki yang mengandung antibakteri, kemudian gosokkan pada kaki sambil memijat ringan. Lakukan scrub ini secara rutin sebelum mandi.
  4. Apabila bau kaki disebabkan oleh infeksi bakteri, karena celah kaki yang luka, maka harus disembuhkan dulu bagian yang mengalami infeksi dengan memberikan antiseptic atau antibakteri.

Antiseptic atau antibakteri dapat ditemukan di apotek harganya bervariasi, adapun antiseptic alami yakni menggunakan minyak kelapa VCO, cukup meneteskan beberapa tetes pada bagian celah kaki yang luka, biarkan beberapa menit kemudian bersihkan. Lakukan sampai luka sembuh.

Cara Mencegah Bau Tidak Sedap Pada Sepatu

Cara Mencegah Bau Tidak Sedap Pada Sepatu

Selain harus memperhatikan kesehatan kaki, kebersihan sepatu juga harus diperhatikan. Berikut langkah-langkah yang dapat anda praktikan agar sepatu bebas bau. Cara mencegah bau tidak sedap pada sepatu, diantaranya:

  1. Simpan sepatu diluar rumah, sepatu basah jangan dibiarkan begitu saja, kalau matahari sedang terik jemurlah sepatu dibawah sinar matahari langsung agar cepat kering.
  2. Cuci sepatu sesuai petunjuk, berbeda bahan dan jenis sepatu, berbeda pula cara perawatannya.
  3. Taburi sepatu dengan bubuk penyerap bau, seperti soda dan kopi hitam murni. Taburkan bubuk tersebut saat malam hari, diamkan semalam, kemudian pagi hari bersihkan serbuk-serbuk yang menempel pada sepatu.
  4. Kalau menghilangkan bau dengan menggunakan serbuk terbilang riubet karena harus membersihkan sisa serbuk yang menempel, kamu juga bisa menggunakan koran. Buat gumpalan koran kemudian masukan pada rongga sepatu, biarkan gumpalan koran tersebut selama sepatu tidak terpakai.
  5. Memakai produk penghilang bau sepatu dan menambahkan pewangi. Kebanyakan mengandung enzim atau bakteri yang mampu melawan penyebab bau sepatu dengan hasil instan.
  6. Mengganti sol dalam sepatu yang terbuat dari bahan antijamur. Jika produk semacam itu sulit didapatkan, pilih sol dalam berbahan katun. Kemudian ganti sol dalam sepatu secara rutin sendiri di rumah atau memakai jasa tukang sol sepatu.

Intinya jagalah kebersihan diri termasuk sepatu dan kaos kaki yang akan digunakan, kemudian ganti secara rutin sol dalam sepatu agar tidak memicu bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.

INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Mengatasi Bau Kaki Tidak Sedap


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.