Fian Rubianti Am.Keb

Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine

  • 2

Kateter adalah sebuah alat berbentuk tabung yang dimasukkan dalam kandung kemih dengan maksud untuk mengeluarkan air kemih yang melalui uretra (ilmu keperawatan 1, M. Bouwhuizen) terbuat dari bahan karet atau plastik, metal, woven silk dan silikon.

Kateterisasi urine adalah dimasukkannya kateter melalui urethra ke dalam kandung kemih untuk mengeluarkan air seni atau urine, bertujuan untuk melancarkan pengeluaran urine pada klien yang tidak dapat mengontrol miksi atau mengalami obstruksi pada saluran kemih.

Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine - DuniaBidan.com

Tujuan Pemasanggan Kateter

1. Untuk mengeluarkan urine.
2. Menghilangkan ketidaknyamanan karena distensi kandung kemih.
3. Mendapatkan urine steril untuk specimen.
4. Peengkaian residu urine.
5. Melancarkan pengeluaran erin pada klien yang tidak dapat mengontrol miksi atau mengalami obstruksi pada saluran kemih.

Ada berbagai macam bahan yang digunakan sebagai bahan pembuat kateter. Kriteria utama dalam memilih bahan yang tepat adalah perkiraan lamanya waktu kateter akan tetap terpasang.

Tiga rentang waktu digunakan dalam kriteria ini:

  • Jangka pendek (1-7 hari), misalnya Lateks, PVC (Polyvinyl chloride) dan kateter intermiten.
  • Jangka pendek ke menengah (sampai 28 hari), misalnya PTFE (Polytetrafluroethylene).
  • Jangka menengah ke panjang (6-12 minggu), misalnya hidrogel dan silikon.

Kriteria Kateter menurut bahan dan lamanya terpasang

1. Kateter Polyvinyl chloride (PVC)

Kateter yang terbuat dari PVC atau plastik yang cukup kaku. Kateter jenis ini memiliki lumen lebar, yang memungkinkan tingkat aliran yang cepat, tetapi akibat kekakuannya, jenis ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan pasien. Kateter jenis ini digunakan terutama untuk kateterisasi intermiten atau pasca-operasi, dan direkomendasikan untuk penggunaan jangka pendek.

2. Kateter Karet (Lateks)

Lateks adalah bentuk karet yang dimurnikan dan merupakan bahan kateter paling lembut. Kateter jenis ini memiliki permukaan halus, dengan kecenderungan untuk memungkinkan pembentukan kerak. Hipersensitivitas terhadap lateks telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan kateter lateks telah menjadi penyebab kasus anafilaksis. Pasien harus ditanya apakah pernah memiliki reaksi negatif terhadap produk karet sebelum kateter yang mengandung lateks digunakan.. Telah terbukti menyebabkan iritasi uretra dan karenanya hanya dipertimbangkan ketika kateterisasi cenderung jangka pendek.

3. Kateter Teflon (Polytetrafluoroethylene: PTFE) atau Pelapis Silikon Elastomer

Lapisan teflon atau pelapis silikon elastomer diterapkan pada kateter lateks untuk membuat bahan lateks tidak berpengaruh (inert) dan mengurangi iritasi uretra. Kateter teflon direkomendasikan digunakan untuk jangka pendek dan kateter berlapis silikon elastomer digunakan untuk kateterisasi jangka panjang.

4. Kateter Silikon

Silikon adalah bahan inert yang cenderung kurang menyebabkan iritasi uretra. Kateter silikon tidak dilapisi, oleh karena itu memiliki lumen yang lebih luas. Lumen kateter ini berbentuk bulan sabit atau huruf-D, yang dapat menyebabkan pembentukan kerak. Karena silikon memungkinkan terjadinya difusi gas, balon dapat mengalami pengempisan (deflasi) dan memungkinkan kateter terlepas sebelum waktunya. Kateter ini lebih nyaman karena lebih kaku daripada jenis lateks. Kateter silikon cocok untuk pasien dengan alergi lateks dan direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

5. Kateter Pelapis Hidrogel

Kateter terbuat dari lateks yang dikemas dalam lapisan polimer hidrofilik yang biasanya digunakan untuk kateterisasi jangka panjang. Lapisan polimer dapat ditoleransi oleh mukosa uretra, menyebabkan hanya sedikit iritasi. Kateter dengan pelapis hidrogel ini menjadi lebih halus ketika direhidrasi, mengurangi gesekan dengan uretra. Jenis ini juga inert dan dilaporkan tahan terhadap kolonisasi bakteri dan kerak dan direkomendasikan untuk penggunaan jangka panjang.

6. Kateter Selaras (Conformable)

Kateter selaras dirancang agar sesuai dengan bentuk uretra perempuan, dan memungkinkan pengisian kandung kemih parsial. Gerakan alami dari uretra terhadap kateter (yang dapat kolaps) ini dimaksudkan untuk mencegah obstruksi. Jenis ini terbuat dari lateks dan memiliki lapisan silikon elastomer. Kateter selaras 3 cm lebih panjang dari kateter konvensional untuk perempuan.

7. Kateter dari Bahan perak (Kateter Suprapubik)

Penelitian jenis baru untuk bahan kateter terus berlangsung, terutama dalam mencegah pembentukan biofilm (koloni bakteri yang berkembang dan mengganggu permukaan kateter dan kantong urin) dan dapat mengurangi kasus infeksi saluran kemih. Kateter yang dilapisi dengan antibiotik seperti gentamisin, rifampisin, nitrofurazone dan nitrouroxone telah diteliti untuk mengurangi kasus infeksi saluran kemih terkait kateter (catheter-associated urinary tract infections : CAUTI).

Kateter yang dilapisi dengan perak telah terbukti dapat mencegah infeksi saluran kemih. Namun, penelitian yang menunjukkan efek ini masih dalam skala kecil dan muncul sejumlah pertanyaan mengenai efektifitas jangka panjang dan toksisitas perak.

Jenis dan Ukuran Kateter Urine:

1. Kateter Sementara​ (Kateter Nelaton/Kateter Straight)

Contoh Gambar Kateter

Kateter Nelaton/Kateter Straight/Kateter Sementara adalah kateter urin yang berguna untuk mengeluarkan urine sementara. Penggunaan kateter sementara untuk pengambilan urine residu setelah pengosongan vesika urinaria, dapat diulangi penggunaannya tetapi penggunaan yang terus menerus akan meningkatkan resiko infeksi dan trauma pada urethra.

2. Kateter tetap (Kateter Foley/Kateter Balon)

Kateter Foley

Kateter Balon/Kateter Foley/Kateter tetap adalah kateter yang dapat digunakan untuk mengeluarkan urin dalam sistem tertutup dan bebas hama, dapat digunakan untuk waktu lebih lama (5 hari). Kateter ini terbuat dari karet atau plastik yang mempunyai cabang dua atau tiga dan terdapat satu balon yang dapat mengembang oleh air untuk mengamankan atau menahan ujung kateter dalam kandung kemih.

3. Ukuran Kateter

Ukuran Kateter menurut Fundamental Of Nursing 2, Patricia, Potter :

  • Ukuran kateter untuk anak – anak: No 8 – 10
  • Ukuran kateter untuk Laki2 dewasa: No 14 – 16
  • Ukuran kateter untuk Laki2 dewasa muda: No 12
  • Ukuran kateter untuk Perempuan: No 16 - 18

Macam-Macam Kateter menurut bentuknya

contoh kateter foley by DuniaBidan.com

a - c disebut kateter nelaton/robinson/theiman : Kateter sekali pakai (Straight Catheterization) atau kateter sementara, tersedia lubang multiple. Theiman: spt kateter nelathone hanya ujungnya lebih kecil dan keras.  Untuk wanita tersedia kateter yang lebih pendek

d disebut kateter Cliquet/ Kateter Coude: kateter yang ujungnya melingkar, dibuat khusus untuk pembesaran prostat (lengkung anatomis dan elevasi leher buli-buli)

e - f Malecot: kateter yang ujungnya bulat seperti bunga, Pezzer : kateter seperti malecot hanya lobang pada ujung kecil – kecil. Setelah dipasang pada operasi terbuka, kateter tetap terpasang karena berongga. Keuntungan kateter Pezzer dan Malecot: Drainase dengan menggunakan lumen tunggal (tanpa balon), sehingga cocok untuk sistostomi atau nefrostomi.

h - i disebut kateter Foley untuk penggunaan jangka panjang. kateter two way untuk balon dan lubang besar untuk drainase urin. Kateter three Way untuk menggembungkan balon, satu lubang untuk memasukan cairan irigasi dan lubang besar untuk drainase urin

INFO: You have Ads-Block for Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa itu Kateter? Macam Jenis Kateter Urine


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.