Fian Rubianti Am.Keb

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU)

  • 0

Apakah anda pernah merasa kebingungan membaca catatan hasil diagnosa Bidan atau Dokter setelah diperiksa? Atau anda mungkin penasaran sebenarnya apa maksud atau arti istilah-istilah yang tertulis pada buku pemeriksaan?

Pada saat memeriksakan kehamilan, tentunya anda di berikan buku catatan pemeriksaan yang harus ibu bawa setiap memeriksakan kehamilan dan pasti pernah membaca kata-kata yang asing pada catatan pemeriksaan anda kan? Seperti kata USG, Fetus, UK, Gravida, SU, HPHT, dll. tidak asing di telinga namun keliru dengan artinya.

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) | Dunia Bidan

Image Source

Berikut 50 Istilah kehamilan yang sering digunakan:

1. HCG (Human Chorionic Gonadotropin) adalah hormon yang ditemukan pada wanita yang sedang hamil, hormon ini berguna untuk mengetahui kehamilan melaui penggunaan testpack.

2. Tespek (Testpack) adalah Alat untuk test kehamilan yang dapat mendeteksi kehamilan lebih dini, dapat digunakan setelah 3-6 hari ketika anda mengalami terlambat haid dan hasilnya 99% akurat. Testpack membaca hormon HCG wanita melalui media urine. Jika hasilnya 2 strip artinya anda positif hamil dan hormon kehamilan sudah terbentuk dalam tubuh anda.

Baca Juga: Cara Menggunakan Tespek (Test pack)

3. Konsepsi adalah Proses bertemunya sel kelamin jantan dan betina pada tuba falopi untuk terjadi pembuahan.

4. Embrio adalah bakal janin, sebutan embrio untuk calon janin sebelum usia 12 minggu.

5. Fetus adalah janin, sebutan ini berlaku sejak usia 13 minggu sampai sebelum ia lahir. 

6. Bayi adalah janin yang telah dilahirkan ke dunia, sebutan bayi sampai ia berusia 24 bulan.

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) | Dunia Bidan

Image Source

7. HPHT adalah Hari Pertama Haid Terakhir, merupakan metode yang sering digunakan bidan untuk menghitung Usia Kehamilan dari hari pertama haid terakhir pasien.

8. UK adalah Usia Kehamilan.

9. TP adalah Taksiran Persalinan.

10. HPL adalah Hari Perkiraan Lahir.

11. TFU adalah Tinggi Fundus Uteri, Pengukuran yng dilakukan oleh bidan kepada perut ibu menggunakan pita ukur (metlin) dari fundus (bagian tertinggi dari rahim ibu hamil) ke simfisis fubis (bagian terbawah dari rahim ibu di tandai dengan perabaan kepala) fungsinya untuk menentukan tuanya kehamilan, dan menghitung taksiran berat janin.

12. DJJ adalah denyut jantung janin, dapat terdeteksi dengan dopler pada usia kehamilan 12 minggu.

13. HB (Hemoglobin) adalah biomolekul yang dapat mengikat oksigen dalam darah. Pemeriksaan HB diperlukan untuk mengetahui apakah pasien tersebut mengalami anemia atau tidak. HB normal yang diperlukan dalam tubuh adalah 12 gr/dl.

Baca Juga: Definisi, Etiologi (penyebab) Anemia Pada Tubuh
 

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) | Dunia Bidan

Image Source

14. Puka adalah Punggung kanan ibu, artinya Letak punggung janin berada dibagian kanan perut ibu hamil. 

15. Puki adalah Punggung kiri ibu, artinya Letak punggung janin berada dibagian kiri perut ibu hamil.

16. SU adalah singkatan dari Sungsang, merupakan posisi dimana bayi di dalam rahim berada dengan kepala di atas, sehingga pada saat persalinan normal, pantat atau kaki si bayi yang akan keluar terlebih dahulu dibandingkan dengan kepala pada posisi normal.

17. UJ adalah Usia janin yang berasal dari perhitungan melalui USG.

18. USG (Ultrasonography) adalah Alat yang digunakan Dokter kandungan untuk melihat kondisi kesehatan janin dalam perut ibu hamil, meliputi letak, banyaknya cairan ketuban bahkan jenis kelamin.

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) | Dunia Bidan

Image Source

18. TM atau Trimester kehamilan adalah periode selama 3 bulan kehamilan.

19. Trimester 1 Kehamilan adalah Periode pertama kehamilan usia 0-12 Minggu.

20. Trimester 2 Kehamilan adalah Perode kedua kehamilan usia 13-28 Minggu.

21. Trimester 3 Kehamilan adalah Periode Ketiga kehamilan usia 29-40 Minggu.

Baca Juga: Mengenal Trimester Kehamilan

22. ANC (AnteNatal Care) adalah Asuhan yang diberikan kepada ibu hamil sebelum persalinan.

23. INC (Intra Natal Care) adalah Asuhan yang diberikan kepada ibu hamil saat persalinan.

24. PNC (Post Natal Care) adalah Asuhan yang diberikan kepada ibu hamil setelah persalinan.

25. Anemia adalah kekurangan sel darah merah (eritrosit). Dapat diketahui dengan mengecek HB ke laboratorium, atau dengan cara melihat bagian kelopak mata, jika berwarna putih pucat dapat dipastikan pasien tersebut mengalami anemia.

Baca Juga: Anemia Pada Kehamilan (Definisi, Penyebab, Gejala, Cara mengatasi)

26. Abortus adalah pengeluaran buah kehamilan (hasil konsepsi) sebelum akhir minggu ke-20

27. IUFD (Intra Uterin Fetal Death) adalah kematian janin dalam rahim.

28. IUGR (Intra Uterin Growth Retardation /Restriction) adalah Kondisi yang menunjukkan adanya gangguan atau hambatan pada pertumbuhan janin, atau sering disebut juga PJT (Pertumbuhan Janin Terhambat)

29.Ketuban Pecah Dini (KPD) adalah Keadaan dimana cairan ketuban pecah sebelum waktunya. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan penanganan karena jika dibiarkan akan menimbulkan permasalahan pada kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya.

30. Gravida adalah Wanita Hamil.

31. Nuligravida adalah Wanita yang belum pernahh hamil.

32. Primigravida adalah seorang wanita yang hamil untuk pertama kalinya

33. Multigravida adalah Wanita yang sudah pernah hamil 2x bahkan lebih.

34. Paritas/Para adalah Jumlah anak yang telah dilahirkan.

35. Nulipara adalah Wanita yang belum pernah melahirkan.

36. Primipara adalah seorang wanita yang baru pertama kali melahirkan dimana janin mencapai usia kehamilan 28 minggu atau lebih.

37. Multipara adalah Wanita yang sudah pernah melakukan persalinan lebih dari 2x.

38. Parturient adalah Wanita yang sedang melangsungkan persalinan.

39. Perdarahan antepartum adalah perdarahan jalan lahir setelah kehamilan 22 minggu, namun pada beberapa kasus ada juga yang terjadi sebelum usia 22 minggu

40. Perdarahan postpartum ​ adalah perdarahan jalan lahir setelah persalinan. 

41. Preterm atau partus prematur adalah Persalinan yang terjadi pada kehamilan kurang dari 37 minggu atau dengan perkiraan berat janin kurang dari 2500 gram.

42. Neonatus adalah Bayi yang baru dilahirkan, sebutan neonatus untuk bayi sampai usia 28 hari.

43. Masa Neonatal adalah Fase kehidupan pertama kali yang dialami oleh bayi setelah keluar dari kandungan sampai berumur 2 minggu dan merupakan periode yang paling berbahaya karena sulitnya bayi untuk melakukan penyesuaian diri pada lingkungan yang baru dan berbeda.

44. SC atau Sectio Caesarea, Caesar adalah Pembedahan atau tindakan operasi yang dilakukan untuk membantu dokter mengeluarkan janin dari dalam perut ibu melalui sayatan pada perut ibu hamil.

45. Ketuban Pecah Dini (KPD) adalah Keadaan dimana cairan ketuban pecah sebelum waktunya. Kondisi seperti ini harus segera dilakukan penanganan karena jika dibiarkan akan menimbulkan permasalahan pada kesehatan sang ibu dan janin yang dikandungnya.

46. Kardiotokografi (CTG) Merupakan tes untuk menilai keadaan janin melalui perubahan denyut janin karena suplai makanan atau oksigen yang terganggu. CTG ini menggunakan metode elektronik dilakukan melalui gelombang suara untuk mendeteksi detak jantung bayi.

47. Water Birth (WB) adalah Proses melahirkan dalam bak atau kolam air hangat yang konon bisa mengurangi rasa sakit dari kontraksi. Pada proses melahirkan water birth berarti ibu akan duduk, jongkok, atau pada posisi lain yang membuatnya nyaman untuk mengejan di dalam air. Water birth ini tidak dapat dilakukan disembarang tempat sebab ruangan yang digunakan harus steril, dan orang-orang yang ada didalamnya harus memiliki aura positif.

Baca Juga: Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat)


INFO: You have Ads-Block for 50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for 50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: 50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: 50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?

Artikel Terkait dengan 50 Istilah Kehamilan (HPHT, TFU, DJJ, SU)

    • 0
    Cara Menggunakan Tespek (Test Pack)

    Cara Menggunakan Tespek (Test Pack)

    Testpack adalah alat uji kehamilan utk memastikan kehamilan lebih dini dg media urine & dapat mendeteksi kehamilan pada hari ke ... More

    • 3
    Cara Menyimpan Obat Dengan Baik & Benar

    Cara Menyimpan Obat Dengan Baik & Benar

    Penyimpanan obat yang baik dan benar menurut anjuran menteri kesehatan bidang Farmasi dalam materi promosi GEMA CERMAT (Gerakan Masyarakat Cerdas ... More

    • 3
    Tips Menghindari Obat Palsu

    Tips Menghindari Obat Palsu

    Kasus pemalsuan tehadap obat dan peredaran obat ilegal marak ditemukan, sebagai konsumen harus lebih pintar, gali informasi sedalamnya mengenai ciri-ciri ... More

News