Fian Rubianti Am.Keb

Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

  • 2

Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

Esok ramadhan tiba, seluruh umat beragama islam wajib mengikuti puasa pada saat ramadhan selama 1 bulan penuh. Mungkin bagi mereka yang sudah terbisa puasa selain bulan ramadhan tidak akan merasa keberatan dengan datangnya bulan suci ramadhan. Namun berbeda dengan orang yang memiliki penyakit maag, mereka tidak bisa telat makan karena akan timbul reaksi pada tubuhnya dari mulai mual, sakit perut sampai pingsan.

Apa itu Penyakit Maag?

Penyakit Maag adalah penyakit yang menyerang lambung dikarenakan kelebihan asam pada lambung sehingga terjadi luka iritasi atau peradangan pada lambung yang menyebabkan sakit dan perih pada perut.

Penyebab Timbulnya Penyakit Maag

Beberapa penyebab penyakit maag diantaranya :

  • Makannya tidak teratur atau telat makan
  • Terdapat mikroorganisme yang merugikan
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu,
  • Mengonsumsi alkohol
  • Pola tidur yang tidak teratur dan stress.

Selain karena penyebab diatas,  penyakit maag juga dapat disebabkan karena ada peran organisme renik yaitu bakteri Helicobacter pylori.

Jika bakteri lain mati pada suasana asam dalam lambung, Helicobacter pylori mampu bertahan hidup bahkan berkembang biak, kuman ini dapat mengiritasi dinding lambung, sehingga menimbulkan peradangan dan luka (ulkus), kemudian penderita maag akan merasakan perih di bagian ulu hati.

Tanda Gejala Penyakit Maag

  1. Mual
  2. Sering merasa lapar
  3. Perut kembung
  4. Nyeri perut atau ulu hati

Orang yang menderita penyakit maag namun ingin mengikuti puasa sebulan penuh tanpa khawatir maag kambuh sebaiknya menyimak tips berikut ini:

Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

1. Wajib makan sahur

Pilih makanan yang dapat dicerna lebih lambat agar merasa kenyang lebih lama. Sangat dianjurkan untuk makan sahur pada saat sudah mendekati imsak, dan segera berbuka saat tiba magrib waktu berbuka puasa.

2. Minum banyak air pada saat sahur dan berbuka

Air putih dapat mengobati dan menetralisir bakteri organisme pada luka di lambung. Selain itu, air putih juga bisa membersihkan dan mendorong sisa makanan yang menempel pada dinding lambung.

Opsi lain dari mimun air putih, kamu dapat meminum susu pada saat sahur. Susu dipercaya baik untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Susu juga bisa menetralisir asam lambung karena memiliki zat yang disebut antidotum (senyawa untuk melawan reaksi peracunan)

3. Konsumsi obat untuk mencegah maag

Penderita maag tidak boleh sembarangan menjalankan puasa, mereka perlu persiapan ekstra. Minumlah obat maag saat sahur agak kuat seharian menjalani puasa. Namun, Obat maag tidak boleh dikonsumsi berturut-turut hingga 20 hari, kalau kamu tidak akan melakukan banyak aktivitas cobalah untuk tidak mengkonsumsi obat maag pada saat sahur, karena biasanya aktivitas yang padatlah yang mengundang rasa lapar karena tubuh telah kehilangan banyak energi.

4. Makanan yang harus dihindari: Pedas, gorengan, lemak, dan mengandung gas

Selama Ramadhan, usahakan untuk menghindari makanan pedas, gorengan dan berlemak baik untuk makan sahur maupun berbuka. Tidak hanya penderita maag, orang normal pun tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan tersebut baik pada saat sahur atau berbuka.

Hindari makanan yang mengandung gas dan terlalu banyak serat, antara lain sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong. Dan jenis makanan, seperti kue tart, coklat, gorengan, keju, cuka, makanan pedas, beras ketan, mie, bihun, jagung, ubi singgkong dan talas.

5. Makanan yang disarankan mengandung serat, kalium, karbohidrat, dan magnesium

Beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi pada saat puasa bagi penderita maag ialah Almond, buah pisang, oatmeal, kentang dan gandum utuh bagus dikonsumsi untuk makan sahur.

6. Hindari minuman berkarbonasi, alkohol atau kafein

Minuman berkarbonasi, alkohol dan minuman berkafein sebaiknya dihindari ketika sahur atau berbuka, karena akan memperparah kerja lambung dan menimbulkan gejala maag. berikut jenis minuman yang dimaksud seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus.

7. Jangan makan terlalu banyak saat berbuka dan sahur

Menahan lapar dan dahaga dalam waktu yang lama, bukan berarti kamu bisa melampiaskan nafsu makan pada saat tiba waktunya berbuka puasa. Supaya penyakit maag tidak kambuh, sebaiknya makanlah dengan porsi yang cukup. Makan terlalu banyak saat sahur dan berbuka malah akan membuat lambungmu kaget dan menjadi cepat lapar kembali.

8. Hindari tidur lagi setelah makan sahur

Bagi penderita sakit maag, sangat dianjurkan untuk tidak tidur setelah makan sahur karena sapat meningkatkan asam lambung dan membuat mual.

Pesan untuk penderita sakit maag, terutama mereka yang mempunyai sakit maag kronis disarankan untuk memulai beraktivitas tanpa melanjutkan tidur setelah sahur.

Bagi penderita maag yang sudah parah, penyakit maag tersebut sangat berbahaya sekali dan dapat menyebabkan kematian.

INFO: You have Ads-Block for Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Tips Lancar Puasa Bagi Penderita Maag


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.