Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Apa Itu Kanker Darah Leukemia?

  • 1

Apa Itu Kanker Darah Leukemia? | Dunia Bidan

Leukemia berasal dari bahasa yunani "Leucos" yang memiliki arti putih dan "aima" yang memiliki arti darah, Leukemia berarti darah putih. Leukemia adalah jenis kanker yang ditemukan dalam darah dan sumsum tulang Anda dan disebabkan oleh produksi cepat sel darah putih abnormal.

Pada orang normal sel-sel darah putih akan berkembang secara normal dan dipergunakan tubuh jika terjadi luka agar tidak menjadi infeksi. Namun bagi penderita kanker darah, sel normal dalam sumsum tulang akan digantikan oleh sel darah putih yang abnormal. Jika telah menumpuk atau jumlahnya terlalu banyak maka dapat menyebar ke organ lain, seperti hati, limfa, paru-paru, ginjal, bahkan hingga ke otak dan tulang belakang.

Jenis/klasifikasi kanker darah (Leukemia)

Leukemia dapat bersifat akut atau kronis. Leukemia kronis berkembang lebih lambat daripada leukemia akut, yang membutuhkan penanganan segera. Leukemia juga diklasifikasikan sebagai limfositik atau myelogenous. Leukemia limfositik mengacu pada pertumbuhan sel abnormal pada sel sumsum yang menjadi limfosit, sejenis sel darah putih yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Pada leukemia myelogenous, pertumbuhan sel abnormal terjadi pada sel sumsum yang matang menjadi sel darah merah, sel darah putih, dan trombosit.

Berikut jenis kanker darah Leukemia pada tubuh manusia:

  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)
  • Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)
  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)
  • Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)

Kanker darah jenis ALL ini umumnya ditemukan pada anak-anak, tapi bisa juga menyerang dewasa. ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi serius. 

Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)

Jenis kanker darah AML ini umumnya menyerang dewasa. Kanker ini akan membentuk sel-sel mieloid yang tidak sempurna dan dapat menyumbat pembuluh darah.

Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)

Jenis kanker darah CLL umumnya baru akan terdeteksi pada stadium lanjut karena pasien cenderung tidak merasakan gejala untuk waktu yang lama, biasanya ditemukan oleh orang dewasa. 

Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)

Jenis kanker darah CML kebanyakan diderita oleh orang-orang dengan usia di atas 20 tahun. CML memiliki dua tahap.Tahap pertama, sel-sel abnormal akan berkembang secara perlahan, namun ketika memasuki tahap kedua, jumlah sel-sel abnormal akan bertambah dengan pesat sehingga akan menurunkan kesehatan secara drastis.

Leukemia biasanya dianggap sebagai kondisi anak-anak, tetapi sebenarnya mempengaruhi lebih banyak orang dewasa dan umumnya menyerang pria lebih banyak daripada wanita, dan lebih banyak pada orang kulit putih daripada orang Afrika-Amerika.

Sebenarnya tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mencegah leukemia. Ini adalah kanker sel darah yang disebabkan oleh peningkatan jumlah sel darah putih di tubuh Anda. Mereka mengeluarkan sel darah merah dan trombosit yang dibutuhkan tubuh, semua sel darah putih yang jumlahnya terlampau banyak menjadi tidak berfungsi dengan baik dan itu menyebabkan masalah.

Apa Itu Kanker Darah Leukemia? by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Apa Itu Kanker Darah Leukemia? via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Apa Itu Kanker Darah Leukemia?

Top Recent People Searches: Apa Itu Kanker Darah Leukemia?

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News