Fian Rubianti Am.Keb

Tanda Janin Tidak Berkembang

  • 0

Pada usia kehamilan 9 minggu pertama bakal janin disebut embrio, setelah usia 10 minggu berubah status menjadi fetus (janin). Jika ibu hamil mengalami kesakitan pada bagian perut dan mengalami tanda-tanda janin tidak berkembang, sebaiknya segera memeriksakan kehamilan pada dokter, biasanya dokter akan menyarankan untuk menjalani pemeriksaan USG.

Kehamilan dengan kondisi janin tidak berkembang dapat dikatakan keguguran, keguguran dianggap sebagai kehilangan kehamilan sebelum menyentuh usia 20 minggu, sebagian besar keguguran terjadi sebelum ibu hamil berusia 12 minggu.

DuniaBidan.com

Mari simak apa saja tanda janin tidak berkembang, supaya ibu hamil dapat mengetahui langkah selanjutnya yang harus ditempuh.

Tanda janin tidak berkembang

Ibu hamil wajib mengetahui tanda-tanda janin tidak berkembang, meskipun mungkin tanda berikut tidak berbahaya, namun perlu menyadari bahwa salah satu dari tanda tersebut dapat beresiko terhadap kehamilan dan bayinya. Kemudian ibu hamil tau apa yang harus mereka lakhukan dengan mencari pertolongan untuk lebih memahami apa yang terjadi. Mengenali tanda-tanda berikut ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kemungkinan ada masalah pada kehamilannya saat ini.

Berikut tanda-tanda janin tidak berkembang:

1.. Tidak ada denyut jantung janin

Ketika tidak ditemukan lagi denyut jantung janin, ibu hamil dianjurkan untuk segara melakukan USG untuk mengetahui kondisi janin dalam kandungan.

2. Kadar hCG rendah

​Kadar hCG dalam darah merupakan salah satu indikator kehamilan, hCG membantu mempertahankan kehamilan dan juga mempengaruhi perkembangan bayi (fetus). Ketika hCG dalam darah rendah berarti ada sesuatu dengan kehamilan. 

3. Tidak mengalami peregangan payudara

P4yudara tegang merupakan salah satu tanda adanya kehamilan karena pengaruh hormon untuk membentuk kelenjar ASI. Jika anda tidak mengalami peregangan p4yudara/ tidak terasa kencang seperti biasanya, bisa jadi anda telah kehilangan kehamilan. Namun keadaan ini diikuti dengan tanda lainnya seperti tidak terdengar detak jantung janin dan perut yang tidak sesuai dengan usia kehamilan.

4. Tinggi fundus kecil atau tidak sesuai dengan usia kehamilan

Ketika pengukuran tinggi fundus tidak sesuai dengan usia kehamilan, berarti terdapat masalah dengan kehamilan, bisa juga janin tidak tumbuh dengan baik.

Jika janin telah meninggal di dalam rahim, pengukuran tinggi janin dapat menjadi indikator pertama karena menunjukkan bahwa perkembangan janin telah terhenti.

5. Tidak ada pergerakan janin

Jika anda merasakan tidak ada pergerakan janin, sebaiknya segera periksa kehamilan anda untuk mengetahui keadaannya secara akurat, apakah ia tidak bergerak karena dia mungkin sedang tidur? atau tubuhnya sudah membesar sehingga rahimtidak menyediakan cukup ruang untuknya bergerak, kemungkinan dia kekurangan oksigen, atau dia tidak berenergi karena tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup darimu.

6. Ada Flek atau Perdarahan

Ketika Ibu hamil tiba-tiba mengalami flek pada awal kehamilan bisa menjadi sebuah pertanda janin tidak berkembang. Flek karena janin tidak berkembang nyatanya berbeda dengan flek saat hamil muda yang sering menjadi tanda tanda kehamilan minggu pertama.

Flek karena janin tidak berkembang dimulai dengan flek coklat lalu bisa berubah menjadi flek darah. Kondisi ini memang sulit dibedakan karena flek coklat juga menjadi salah satu gejala kehamilan ektopik belum terganggu.

Jika jumlah flek atau darah semakin banyak maka ibu hamil harus segera bertemu dengan dokter. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan dengan USG untuk mengetahui masalah yang terjadi. Dokter akan memutuskan adanya tanda tanda keguguran dan ciri kehamilan bermasalah.

7. Tes kehamilan negatif setelah sebelumnya mendapatkan hasil yang positif

Kalau ibu hamil sebelumnya mendapatkan hasil positif menggunakan testpack, kemudian ia melakukan test kembali karena merasa seperti ada masalah pada kehamilan dan mendapatkan hasil testpack negatif, bisa dipastikan kehamilan anda memang mengalami masalah diantaranya janin tidak berkembang, biasanya kondisi seperti ini terjadi pada wanita dengan usia kehamilan dibawah 12 minggu. Maka harus segera USG untuk melihat apakah masih ada janin dan kantong kehamilan dalam rahim? Jika ya, maka harus dilakukan beberapa tindakan curretage untuk mengeluarkan sisa janin tidak berkembang dalam rahim.

INFO: You have Ads-Block for Tanda Janin Tidak Berkembang , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Tanda Janin Tidak Berkembang , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Tanda Janin Tidak Berkembang by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Tanda Janin Tidak Berkembang via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Tanda Janin Tidak Berkembang

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Tanda Janin Tidak Berkembang


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.