Fian Rubianti Am.Keb

Proses Terjadinya Kehamilan

  • 2

Sebagian orang bertanya kepada kami terkait proses terjadinya kehamilan, dengan senang hati saya paparkan penjelasan nya disini berdasarkan pengetahuan yang saya ketahui, bagi yang ingin menambahkan jangan lupa berikan komentar dibawah.

  • Bagaimana proses terjadinya kehamilan / hamil?

Bahkan pertanyaan sepele ini pun muncul juga.

  • Apakah kalau berciuman akan hamil?
  • Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Seperti berita yang sempat viral beberapa tahun lalu, seorang gadis diketahui hamil padahal tidak pernah melakukan hubungan intim, ia mengaku tempo lalu pergi berenang ke kolam renang umum. Well, Apabila ternyata air di kolam renang tersebut sudah tercemar oleh air mani (sperma), kecil sekali kemungkinan anda atau anak gadis anda akan hamil gara-gara berenang.

Sebelum membahas proses kehamilan, perlu diketahui beberapa istilah berikut ini :

  • Konsepsi disebut juga fertilisasi adalah peristiwa bertemunya sel telur (ovum) dan sperma. 
  • Ovulasi adalah peristiwa matangnya sel telur sehingga siap untuk dibuahi.
  • Sperma adalah air mani dengan jutaan sel kromosom pembawa gen penentu jenis kelamin anak
  • Ovum adalah sel telur yang setiap bulan akan dilepaskan oleh tubuh, jika dibuahi oleh sperma akan terjadi kehamilan, jika tidak dibuahi maka akan menjadi menstruasi.
  • Implantasi adalah kondisi ketika sel telur dibuahi
  • Pendarahan implantasi :  jaringan yang berada di sekitar sel telur akan merusak pembuluh darah di dalam rahim sehingga darah keluar dari leher rahim dan dikeluarkan melalui vagina, ini adalah ciri-ciri implantasi embrio berhasil.

Bagaimana terjadi konsepsi atau umum disebut kehamilan :

#1. Ovulasi

Bagaimana terjadi kehamilan? Apakah kalau berciuman akan hamil? Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Dalam masing-masing tubuh wanita terdapat 2 buah ovarium, sekelompok sel telur yang belum matang, mulai berkembang pada folikel (kantung kecil berisi cairan, di mana sel telur diproduksi). 

Dari sekian banyaknya folikel, ada satu folikel yang terpilih untuk matang. Kemudian, ia mulai menekan pertumbuhan folikel lainnya supaya tidak ikut tumbuh.

Folikel yang matang kemudian pecah dan melepaskan sel telur dari ovarium. Peristiwa inilah yang disebut dengan ovulasi. Ovulasi biasanya terjadi antara 11-14 hari sebelum menstruasi berikutnya.

#2. Pengembangan corpus luteum

Setelah ovulasi, folikel yang pecah berkembang menjadi struktur yang disebut sebagai corpus luteum. Corpus luteum berperan untuk menghasilkan dua hormon. Pertama, hormon progesteron yang mempersiapkan endometrium (lapisan rahim) agar embrio bisa melakukan implantasi pada lapisan yang menebal. Kedua, estrogen.

#3. Pelepasan sel telur

Bagaimana terjadi kehamilan? Apakah kalau berciuman akan hamil? Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Sel telur dilepas dari folikel, ia berjalan menuju tuba falopi yaitu lorong menuju rahim, Kemudian ia tinggal di sana menunggu sampai datang satu sperma melakukan penetrasi. Dengan penetrasi tersebut, pembuahan bisa terjadi. Sel telur sendiri bisa dibuahi kurang lebih 24 jam setelah ovulasi.

#4. Menstruasi

Jika tidak ada sperma yang membuahi, sel telur dan corpus luteum akan merosot luruh, Huhuhu sedih yaaa.. Tingkat hormon yang tadinya tinggi pun ikut menghilang. Akibatnya, endometrium (lapisan terluar dari rahim) terkelupas dan terjadilah perdarahan menstruasi. Kemudian, siklus ini akan terus berulang setiap bulan jika tidak ada pembuahan.

#5. Inti proses konsepsi : Pembuahan

Bagaimana terjadi kehamilan? Apakah kalau berciuman akan hamil? Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Inilah proses konsepsi yang paling ditunggu!

Pada saat coitus, 3-5 cc semen yang ditumpahkan ke dalam forniks posterior, dengan jumlah spermatozoon sekitar 200-500 juta akan terus berenang melewati uterus/rahim kemudian sampai ke tuba falopi, tempat dimana sel telur mengunggu.

Jika sperma bertemu sel telur matang dan melakukan penetrasi, ia akan membuahi sel telur tersebut. Perubahan pun terjadi pada lapisan protein sel telur. Tujuannya agar sperma lain tidak masuk dan turut melakukan penetrasi.

Gerakan sperma di dalam rongga uterus dan tuba disebabkan oleh kontraksi otot-otot pada organ tersebut. Spermatozoa yang dapat melintasi zona pellusida dan masuk ke dalam vitellus pada saat fertilisasi hanya satu. 

Pada saat pembuahan, pembentukan genetik bayi selesai ( termasuk dengan pembentukan jenis kelaminnya).

Sel tubuh normalnya mempunyai 46 buah kromosom, masing-masing ovum dan sperma memiliki 23 kromosom terdiri dari 22 kromosom tubuh (autosom) dan 1 kromosom seks. 

Karena ibu hanya memiliki kromosom X (pada dasarnya, wanita berkromosom XX), jika ada sperma berkromosom Y yang membuahi, maka bayi Anda akan menjadi bayi laki-laki. Ini karena bayi laki-laki berkromosom XY. Namun jika sperma X yang membuahi, bayi Anda adalah perempuan karena kromosomnya XX.

6. Implantasi

Bagaimana terjadi kehamilan? Apakah kalau berciuman akan hamil? Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Kedua inti akan menyatu pada saat fertilisasi, sehingga ovum memiliki 46 kromosom, bersatunya sel sperma dan sel telur membentuk Zigot dalam waktu 24 jam setelah pembuahan, sel telur mulai terbagi menjadi beberapa sel. Saat itu, ia tinggal di tuba falopi selama tiga hari dan perlahan-lahan akan menuju ke uterus/rahim.

Setelah mencapai uterus, ia akan tertanam ke endometrium. Inilah yang dimaksud implantasi.

Awalnya, zigot menjadi sel berbentuk bola padat. Kemudian berubah menjadi bola berongga, yang kelak disebut blastokista (blastocyst).

Beberapa wanita mulai melihat bercak atau perdarahan ringan selama satu hingga dua hari di sekitar waktu terjadinya implantasi. Setelah gejala itu terjadi, endometrium menebal dan leher rahim disegel oleh lendir.

Zigot akan mengalami pembelahan sekitar 30 jam pasca konsepsi. Proses pembelahan menjadi 2 sel disebut blastomer. Blastomer akan berjalan menuju uterus dan terus melakukan pembelahan menjadi 4 sel, kemudian membelah lagi menjadi 8 sel dan akhirnya zigot menjadi 12-16 blastomer yang menyerupai buah murbai yang disebut morula.

Baca selengkapnya → Apa itu Zigot?

Dalam waktu tiga minggu kemudian, sel blastokista mulai tumbuh sebagai gumpalan sel berbentuk bola kecil. Artinya, sel-sel syaraf pertama bayi sudah terbentuk. Bayi yang sedang berkembang disebut embrio semenjak waktu konsepsi hingga delapan minggu kehamilan. Setelah delapan minggu sampai waktunya melahirkan, ia akan disebut dengan fetus/janin.

#7. Hormon kehamilan

Bagaimana terjadi kehamilan? Apakah kalau berciuman akan hamil? Apakah kalau berenang di kolam renang umum akan hamil juga?

Human Chorionic Gonadotropin (hCG) adalah hormon kehamilan yang ada di dalam darah semenjak waktu konsepsi. Hormon ini diproduksi oleh sel yang membentuk plasenta. Inilah hormon yang akan terdeteksi dalam tes kehamilan.

Kemudian anda akan melalui tahap-tahap lainnya yang disebut trimester. Sesuai namanya, tahap ini terjadi setiap tiga bulan. Kenapa harus tiga bulan? Ini karena perubahan kehamilan yang cukup signifikan, terjadi setiap tiga bulan sekali.

Setelah membaca artikel "proses terjadinya kehamilan" diatas, apa mungkin dengan berenang di kolam renang umum akan hamil? kecil kemungkinan bisa terjadi kehamilan.

Baca Juga: Cara Menghitung Usia Kehamilan
Baca Juga: Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil
Baca Juga: Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil?

INFO: You have Ads-Block for Proses Terjadinya Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Proses Terjadinya Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Proses Terjadinya Kehamilan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Proses Terjadinya Kehamilan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Proses Terjadinya Kehamilan

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Proses Terjadinya Kehamilan


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.