Fian Rubianti Am.Keb

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)

  • 0

DuniaBidan.com

Perkembangan Janin Usia 20 Minggu (5 Bulan)

Usia kehamilan 5 bulan, janin memiliki panjang 26-28 cm atau memiliki berat 250-500 gram. Saat perkembangan janin 5 bulan, janin membutuhkan darah yang lebih banyak dibandingkan sebelumnya, karena darah di dalam tubuh ibu hamil terbagi menjadi dua dan kadar sel darah merah di dalam tubuh akan menurun drastis. Jika ibu hamil tidak mengkonsumsi supplemen zat besi dan juga makanan sehat yang kaya zat besi, akan merugikan ibu hamil.

Organ janin yang terbentuk sepanjang usia 5 bulan masa kehamilan diantaranya:

  • Usia 20 minggu: Kelenjar lemak yang akan melindungi kulit bayi telah terbentuk yang disebut Vernix caseosa, dan sistem pencernaan mulai terbentuk dan lebih baik dibandingkan minggu-minggu sebelumnya. Janin akan menelan lebih banyak air ketuban di minggu ini.
  • Usia 21 minggu: Janin akan membentuk alis dan kelopak mata yang sempurna sehingga bisa membuatnya berkedip.
  • Usia 22 minggu: Organ pankreas semakin berkembang pesat. Sedangkan kelenjar lemak belum berkembang secara sempurna. Hormon di dalam pankeras pun juga akan berkembang terus.
  • Usia 23 mingggu: Pendengaran bayi lebih sempurna, paru-paru mempersiapkan diri untuk bernafas. Jika ingin memilai stimulasi otak dengan shalawat atau musik clasic sangat baik dilakukan pada minggu ini.

Berikut ini hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil saat usia kandungan 5 bulan :

  • Cobalah untuk mengecek kadar hb saat usia kehamilan memasuki usia 5 bulan, bisa dipastikan bahwa kadar hb ibu hamil akan turun drastis karena janin sedang membutuhkan darah yang banya dibanding sebelumnya.
  • Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung zat besi dan minimal mengkonsumsi suplemen tambah darah (tablet Fe) sebanyak 90 buah sepanjang kehamilan yang bisa digunakan untuk menjaga sel darah merah di dalam tubuh ibu hamil.
  • Ibu hamil yang tidak tercukupi zat besinya akan mengakibatkan ibu hamil terkena anemia. Ibu hamil harus mengetahui tanda-tanda ibu hamil anemia, jika ditemukan gangguan anemia segera periksa ke Bidan/dokter.
  • Perkembangan janin 5 bulan, ibu hamil tidak terlalu merasakan gerakan janin saat pagi hari sampai dengan sore hari. Barulah saat malam hari, janin akan mulai aktif bergerak. Janin akan bergerak sangat aktif sehingga ibu hamil yang sedang tidur pun akan terganggu dengan aktivitas janin tersebut. Namun hal ini juga menjadi pertanda kondisi janin yang sehat dan aktif.

Perkembangan janin 5 bulan, ibu hamil akan cenderung merasakan gerakan janin yang aktif pada malam hari ketimbang pagi atau sore hari. Janin akan bergerak sangat aktif sehingga ibu hamil yang sedang tidur pun akan terganggu dengan aktivitas janin tersebut. Namun hal ini juga menjadi pertanda kondisi janin yang sehat dan aktif.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 6 Bulan (24-27 Minggu)​
Baca Juga: Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 (13 - 28 minggu)

INFO: You have Ads-Block for Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.