Fian Rubianti Am.Keb

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

  • 2

janin usia 4 bulan

Pembahasan kali ini mengenai perkembangan janin pada awal kehamilan trimester 2 yaitu pada usia kehamilan 16 minggu (4 bulan) yang merupakan moment spesial bagi ibu hamil. Sebab, janin yang ada didalam rahim kini memiliki nyawa dan telah diberikan jenis kelamin oleh tuhan, meskipun ibu hamil dapat melihatnya pada saat usia kehamilan 18 minggu dengan USG.

Sebagian adat tertentu melakukan selamatan saat usia kehamilan menginjak 4 bulan sebagai simbol rasa syukur terhadap kehamilan dan ruh yang berada dengan bayi dalam kandungan. Mari simak perkembangan janin trimester 2 usia kehamilan 16 minggu hingga 28 minggu dibawah ini:

Perkembangan Janin Usia 16-19 Minggu (4 Bulan)

Perkembangan Janin Usia 16-19 Minggu (4 Bulan)

Seperti yang sudah dijelaskan diatas dimana usia ini janin telah diberikan nyawa oleh Tuhan, begitupun dengan bentukya yang semakin sempurna, wajah yang semakin jelas terlihat lekukan nya dengan kedua mata yang sekarang sudah dapat bergerak, telinga di tempat yang tepat, kepala yang ditumbuhi rambut tipis, kaki dan pembuluh darah janin sudah terbentuk.

Usia kehamilan 16 minggu panjang janin 10 cm dan terus tumbuh dengan pesat hingga berat badannya mencapai 85-142 gram dan panjang tubuhnya mencapai kurang lebih 13 cm. 

Proses yang akan dialami janin saat usia 16 minggu dalam kandungan, simak proses yang dimaksud berikut ini :

  • Tali pusar yang kian memanjang dianggap janin sebagai mainan di dalam rahim, ia akan aktif menarik-narik tali pusarnya sehingga ibu hamil kadang merasakan linu yang nikmat pada saat-saat tertentu.
  • Janin bisa menghirup dan menghembuskan cairan ketuban melalui paru-parunya.
  • Saat dia merasa lelah, janin dapat menegakkan kepalanya, karena otot-ototnya menjadi lebih kuat terutama otot punggung  yang memungkinkan si kecil sedikit meluruskan tubuh.
  • Fungsi peredaran darah dan juga saluran kemih telah bekerja penuh.

Pada awal trimester kedua, pada puncak kepala janin tumbuh beberapa helai rambut. Demikian pula alis dan tubuhnya. Janganlah khawatir, rambut di tubuhnya itu tidak permanen. Namun bersifat seperti mantel bulu halus untuk menghangatkan tubuhnya yang kemudian disebut Lanugo. Lapisan lemak ditubuhnya mulai berbentuk, tetapi ia masih sangat kurus, kulitnya pun masih tembus pandang.

Setelah janin memiliki cukup banyak timbunan lemak, sebagian besar bulu itu akan berguguran, meskipun beberapa orang bayi masih memiliki selimut lembut ini ketika dilahirkan, terutama bagi ia yang lahir secara cepat.

Meskipun kelopak matanya masih tertutup namun ia dapat membuat gerakan kecil dari satu sisi ke sisi lain dan dapat merasakan cahaya. Selain peka terhadap cahaya, ia juga peka terhadap sentuhan, Janin akan menggeliat jika ditepuk atau mengelus perut, meskipun ibu hamil mungkin belum mampu merasakan reaksinya.

Pada akhir bulan ke-4 atau tepatnya saat usia kehamilan 18 minggu, kegiatan utama janin adalah terus berlatih memfungsikan organ tubuh yang sudah terbentuk untuk mempersiapkan kelahirannya, misalnya belajar menghisap dan menelan. Jantungya menghasilkan sekitar 140-150 denyutan permenit.

Baca Juga: Perkembangan Janin Usia 5 Bulan (20-23minggu)
Baca Juga: Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 2 (13 - 28 minggu)

INFO: You have Ads-Block for Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Perkembangan Janin Usia 4 Bulan (16-19 Minggu)


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.