Fian Rubianti Am.Keb

Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil

  • 1

Siapa yang pernah atau sedang mengalami sakit gigi saat hamil?

Sakit gigi merupakan penyakit nyeri yang umum dan hampir semua orang pernah mengalaminya tidak terkecuali ibu hamil.  Wanita hamil dapat pula merasakan sakit gigi meski ia sedang mengandung janin, tentu rasa sakitnya menjadi berlipat-lipat bila terasa saat ibu hamil mengalami ketidaknyamanan kehamilan lainnya, sangat mengganggu aktivitas dan juga kesehatan.

Sakit gigi wanita hamil perlu penanganan khusus, tidak disarankan untuk membeli obat sendiri karena nyeri gigi berbeda penyebab maka berbeda pula pengobatannya. Mari simak artikel berikut ini membahas mengenai sakit gigi pada ibu hamil, kami bahas mulai dari penyebab dan solusinya.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil

Ada beberapa penyebab timbulnya nyeri gigi pada wanita hamil berikut penjelasan selengkapnya. Sakit gigi saat hamil disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya:

1. Perubahan hormon dalam tubuh

Perubahan hormon pada saat hamil meningkatkan resiko peradangan gusi atau disebut ginggivitis. Gusi yang meradang terjadi pembengkakan dan terkadang akan berdarah bila menggosok gigi mengenai gusi.

2. Kekurangan kalsium

Pada saat hamil kebutuhan kalsium ibu hamil harus lebih banyak karena harus berbagi dengan janin untuk masa pertumbuhannya dalam kandungan. Sebaliknya, jika ibu hamil sedikit mengkonsumsi makanan atau suplemen yang mengandung kalsium, akan berdampak pada gigi menjadi cenat-cenut yang tentunya menambah deretan ketidaknyamanan saat hamil.

3. Ada riwayat sakit gigi atau gigi bolong sebelum hamil

Jika sebelumnya ibu hamil tersebut memiliki riwayat sakit gigi karena gigi bolong, yang harus ibu hamil lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter SpOG mengenai sakit gigi dan kehamilan. Kalau sakit gigi karena gigi bolong sejak sebelum kehamilan harus dilakukan penambalan, sebab selama gigi tersebut bolong, meskipun ibu sudah minum obat maka akan tetap terasa sakit dikemudian hari. Ibu hamil tidak disarankan minum obat pereda nyeri sendirian tanpa rekomendas atau resep dari dokter SpOG.

Jika ibu hamil harus melakukan penambalan gigi, lakukan penambalan di dokter gigi bukan pada tukang gigi, kemudian harus memberikan informasi kepada dokter gigi bahwa sedang hamil agar dokter gigi lebih berhati-hati.

Kalau ibu hamil tidak ingin melakukan penambalan gigi karena faktor ekonomi atau terbatas fasilitas, ibu hamil dapat memeriksakan pada bidan atau dokter SpOG mengenai sakit gigi yang sedang dialami saat hamil.

4. Mual-muntah /emesis/ hyperemesis

Ibu hamil yang mengalami mual muntah saat hamil kemungkinan mengalami sakit gigi cukup besar, karena mual muntah itu sendiri disebabkan karena terlalu banyak asam pada lambung. Jika sampai terjadi muntah, bisa jadi sisa asam itu akan menempel pada gigi dan menyebabkan timbulnya bakteri kemudian terjadi sakit gigi.

Solusi Sakit Gigi Saat Hamil

Solusi Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit gigi dapat ditangani menggunakan obat ataupun dengan tindakan perawatan gigi bersama dokter gigi. Solusi paling tepat untuk sakit gigi saat hamil adalah berkonsultasi dengan bidan atau dokter SpOG, setelah itu anda akan disarankan untuk tindakan selanjutnya yaitu dilakukan penambalan pada gigi berlubang atau cukup dengan minum obat pereda nyeri saja.

Berikut ini beberapa metode pengobatan sakit gigi pada wanita hamil:

1. Jika sakit gigi bukan karena gigi berlubang, anda dapat mengkonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat dengan resep. Paracetamol merupakan obat paling aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan ampuh untuk pereda nyeri, demam, termasuk juga sakit gigi. Meski dirasa aman, yang namanya obat dan akan dikonsumsi oleh ibu hamil harus menggunakan resep, tidak boleh membeli atau mengkonsumsi tanpa resep.

Berhati-hati untuk tidak mengkonsumsi jenis obat ini : Aspirin dan ibuprofen. Karena obat tersebut tergolong tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil.

2. Jika sakit gigi karena terdapat kerusakan pada gigi seperti gigi berlubang atau gusi bengkak, sebaiknya ibu hamil datang kepada dokter gigi untuk memeriksakan kesehatan mulut dan jangan lupa untuk memberitahu dokter kalau anda datang dengan keadaan hamil supaya dokter gigi dapat lebih berhati-hati.

Hindari pencabutan gigi, jika berlubang sebaiknya ditambal saja. Waktu terbaik untuk melakukan perawatan gigi selama kehamilan adalah saat trimester kedua, yaitu pada usia kehamilan 14 minggu hingga 20 minggu. Sebab pada trimester kedua, perkembangan organ janin telah lengkap sehingga risiko efek samping perawatan gigi terhadap janin sedikit berkurang.

Lebih bagus jika sedari sebelum hamil, anda rutin memeriksakan gigi setiap 6 bulan sekali ke klinik gigi. Dan jika anda memiliki masalah gigi berlubang, sebaiknya jadwalkan penambalan gigi berlubang sebelum anda mengikuti program hamil.

INFO: You have Ads-Block for Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Penyebab Dan Solusi Sakit Gigi Saat Hamil


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.