Fian Rubianti Am.Keb

Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang

  • 2

Posisi Bayi Sungsang

Pengertian Posisi Janin Bayi Sungsang

Letak sungsang adalah letak memanjang dengan bokong sebagai bagian yang terendah (presentasi bokong ).

Kehamilan dengan presentasi sungsang adalah Posisi janin dalam kandungan berada sejajar dengan sumbu tubuh ibu hamil, biasanya janin yang siap untuk dilahirkan normal memiliki posisi kepala berada pada jalan lahir, namun sungsang memiliki posisi kepala di fundus uteri dan bokong berada di bagian bawah kavum uteri searah dengan jalan lahir per-vaginam.

Penyebab posisi bayi sungsang belum diketahui secara jelas. Namun telah diketahui faktor pemicu terjadinya kehamilan sungsang, diataranya terdiri dari faktor ibu dan janin itu sendiri, mari simak faktor yang mempengaruhi kehamilan letak sungsang berikut ini.

Faktor yang mempengaruhi kehamilan letak sungsang adalah :

  1. Faktor Ibu

    • Panggul sempit

    • Myoma

    • Keadaan plasenta letak rendah atau plasenta previa

    • Implantasi plasenta di fundus atau di tonus uteri cenderung untuk mempermudah terjadinya presentasi bokong

    • Kehamilan berulang, bukan kali pertama hamil

    • Kehamilan kembar

    • Bentuk rahim yang tidak normal

    • Usia ibu saat hamil terlalu tua atau terlalu muda

  2. Faktor Janin

    • Tali pusat pendek atau lilitan tali pusat

    • Hydrocefalus atau anesefalus

    • Kehamilan kembar

    • Hidroamnion atau aligohidromion

    • Prematuritas

Kondisi sungsang ini biasanya baru bisa dilihat dan dipastikan ketika usia kehamilan 35-36 minggu. Caranya dengan melakukan pemeriksaan secara fisik (palpasi abdominal / Leopold) serta pemindaian USG.

Pada beberapa kondisi, persalinan sungsang dapat dilakukan melalui per-vaginam layaknya kelahiran normal, kondisi tersebut seperti jauh dari fasilitas (tinggal di pedalaman terpencil) atau kehamilan yang tidak terdeteksi bahwa posisi janin sungsang (bukan pasien asuh). Jika menghadapi seperti demikian segera lakukan rujukan atau jika tidak memungkinkan untuk merujuk maka lakukan persalinan sungsang oleh tenaga Bidan terlatih.

Bayi Sungsang

Klasifikasi Letak Janin Bayi Sungsang

Letak sungsang itu sendiri memiliki beberapa kriteria yaitu:

1. Complete Breech (Letak Bokong Kaki Sempurna) yaitu satu atau kedua lutut lebih banyak dalam keadaan fleksi ( menekuk) dari pada ekstensi. Pada presentasi bokong kaki sempurna disamping bokong dapat diraba kaki.

2. Incomplete Breech (Letak Bokong Tak Sempurna) yaitu hanya terdapat satu kaki di samping bokong, sedangkan kaki yang lain terangkat ke atas. Pada presentasi kaki bagian paling rendah adalah satu atau dua kaki.

3. Frank Breech (Letak Bokong Murni) yaitu ekstremitas bawah pada sendi paha menekuk (fleksi) dan mengalami ekstensi lutut sehingga kaki terletak berdekatan dengan kepala. Pada presentasi bokong akibat ekstensi kedua sendi lutut, kedua kaki menjungkit ke atas sampai kepala atau bahu janin. Pada pemeriksaan dalam hanya dapat diraba bokong.

Dalam keadaan normal, teraba letak kepala saat pemeriksaan dalam, kepala janin merupakan bagian terbesar dan keras serta paling lambat. Melalui hukum gaya berat, kepala janin akan menuju kearah pintu atas panggul dengan gerakan kaki janin, ketegangan ligamentum fatundum dan kontraksi braxson hicks, kepala janin berangsur-angsur masuk ke pintu atas panggul.

Jika tidak sempat dilakukan USG namun sudah menjelang persalinan, dapat diketahui dengan pemeriksaan dalam. Pemeriksaan dalam kehamilan letak sungsang teraba os sakrum, tuber ischii dan anus, kadang-kadang kaki (pada letak kaki). Kalau pembukaan sudah besar maka pada pemeriksaan dalam dapat teraba 3 tonjolan tulang ialah tubera ossis ischii dan ujung os sacrum sedangkan os sacrum dapat dikenal sebagai tulang meruncing dengan deretan processi spinosi di tengah – tengah tulang tersebut.

INFO: You have Ads-Block for Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.