Fian Rubianti Am.Keb

Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care)

  • 2

Pemeriksaan Antenatal Care (ANC)

Pengertian ANC (AnteNatal Care)

ANC (Antenatal Care) adalah pemeriksaan kehamilan berkala selama periode kehamilan yang ditujukan bagi kesehatan ibu hamil dan janin agar mampu menghadapi persalinan, nifas, masa laktasi dan pulihnya kesehatan reproduksi, dengan upaya yang dilakukan Bidan atau dokter untuk mencegah dan menangani kegawatan yang ditemukan selama kehamilan.

Pengertian ANC (Antenatal Care) menurut para ahli

1. Pengertian ANC menurut Manuaba (1998), Antenatal Care (ANC) adalah pemeriksaan kehamilan yang diberikan oleh bidan atau dokter kepada ibu selama masa kehamilan untuk mengoptimalisasikan kesehatan mental dan fisik ibu hamil, sehingga mampu menghadapi persalinan, nifas, persiapan memberikan ASI, dan kembalinya kesehatan reproduksi secara wajar.

2. Pengertian ANC menurut Prawirohardjo (2000), Antenatal Care (ANC) adalah pelayanan atau asuhan merupakan cara untuk memonitor dan mendukung kesehatan ibu hamil dan mendeteksi ibu dengan kehamilan normal.

3. Pengertian ANC menurut Manuaba (2002),Antenatal Care (ANC) adalah pengawasan antenatal adalah pengawasan sebelum persalinan terutama untuk ditujukan pada pertumbuhan dan perkembangan janin dalam rahim.

4. Pengertian ANC menurut Depkes RI (2004 : 12),Antenatal Care (ANC) adalah pemeriksaan antenatal adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap kegawatan yang ditemukan.

5. Pengertian ANC menurut WHO (2004 : 8), Antenatal Care (ANC) adalah salah satu fungsi terpenting dari perawatan antenatal adalah untuk memberikan saran dan informasi pada seorang wanita mengenai tempat kelahiran yang tepat sesuai dengan kondisi dan status kesehatannya. Perawatan antenatal juga merupakan suatu kesempatan untuk menginformasikan kepada para wanita mengenai tanda – tanda bahaya dan gejala yang memerlukan bantuan segera dari petugas kesehatan.

6. Pengertian ANC menurut Pedoman Pelayanan Antenatal di Tingkat Pelayanan Dasar (2004 : 1), Antenatal Care (ANC) adalah Pemeriksaan antenatal adalah pemeriksaan kehamilan yang dilakukan untuk memeriksa keadaan ibu dan janin secara berkala, yang diikuti dengan upaya koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan.

7. Pengertian ANC menurut Syaifuddin, 2005 dalam Harnany (2006), Antenatal Care (ANC) adalah kunjungan ibu hamil ke bidan atau dokter sedini mungkin semanjak ia merasa dirinya hamil untuk mendapatkan pelayanan/asuhan antenatal. Pada setiap kunjungan ANC, petugas mengumpulkan dan menganalisis data mengenai kondisi ibu melalui anamnesis dan pemeriksaan fisik untuk mendapatkan diagnosisi kehamilan intrauterine serta ada tidaknya masalah atau komplikasi.

Tujuan dan Manfaat Pemeriksaan ANC (Antenatal Care)

Adapun tujuan dan manfaat dari pemeriksaan ANC (Antenatal Care) ini telah Duniabidan.com rangkum menurut beberapa ahli, diantaranya:

1. Memastikan kesehatan ibu hamil dan janin agar mengalami kemajuan pada masa kehamilannya
2. Meningkatkan serta mempertahankan kesehatan fisik ibu dan bayi
3. Mendeteksi secara dini apabila ditemukan ada komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi, termasuk riwayat penyakit yang dimiliki ibu hamil secara umum atau selama kehamilan ini.
4. Mempersiapkan ibu agar dapat menjalani persalinan cukup bulan dan nifas dengan normal dan selamat serta sukses memberikan ASI Ekslusif.
5. Mempersiapkan peran suami dan keluarga dalam menerima kelahiran anggota baru dalam keluarga agar kelak mendapatkan tumbuh kembang secara normal.

Jadwal pemeriksaan kehamilan antenatal care (ANC)

Jadwal Pemeriksaan ANC (Antenatal Care)

Ibu hamil disarankan untuk rutin memeriksaan kehamilan setiap bulan agar Bidan dan dokter dapat mendeteksi sedini mungkin penyulit saat kehamilan. Namun setiap individu memiliki kendala yang tak sama diantaranya karena keterbatasan waktu, akses menuju fasilitas kesehatan yang sulit dijangkau, dan masalah ekonomi yang sering kali menjadi alasan ibu hamil lalai memeriksakan kehamilan secara rutin.

Baca Juga: Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

Bagi mereka yang memiliki kendala yang telah disebutkan diatas, Ibu hamil dapat memeriksakan kehamilan minimal 4 kali selama periode kehamilan, berikut jadwal pemeriksaan ANC (Antenatal Care) yang dapat dilakukan dalam 4 kali pertemuan diantaranya:

  • Minimal 1 kali pemeriksaan kehamilan pada trimester I (0-12 minggu) 
  • Minimal 1 kali pemeriksaan kehamilan pada trimester II (13-28 minggu)
  • Minimal 2 kali pemeriksaan kehamilan pada trimester III (> 28 minggu )

Keuntungan Ibu hamil melakukan kunjungan Antenatal Care sangat besar karena dapat mengetahui solusi dari penyulit dan ketidaknyamanan selama kehamilan, sehingga apabila ditemukan kegawatdaruratan dapat diarahkan untuk melakukan rujukan ke fasilitas kesehatan yang dapat mengatasi masalah yang sedang dialami.

INFO: You have Ads-Block for Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Pemeriksaan Kehamilan ANC (Antenatal Care)


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.