Fian Rubianti Am.Keb

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

  • 1

Kondisi tubuh wanita hamil cenderung sensitif terhadap segala sesuatu termasuk makanan, sebagian makanan dan minuman tidak boleh dikonsumsi saat hamil karena akan membahayakan kondisi ibu juga janin. Meskipun beberapa macam makanan ini sepintas terlihat menyegarkan namun sebaiknya anda hindari makanan ini ketika anda sedang hamil.

Makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi saat hamil?

Berikut penjelasan mengenai pantangan makanan saat hamil:

#1. Buah pepaya muda

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Buah pepaya muda secara mitos dan fakta dipercaya dapat menyebabkan keguguran, karena buah pepaya muda mengandung zat pepsin dan papain yang banyak pada getahnya. Pepsin akan menyebabkan kontraksi pada rahim hingga terjadinya keguguran, sedangkan zat papain dapat melemahkan membran yang berperan penting dalam kelangsungan hidup janin.

Mengonsumsi pepaya muda bagi wanita hamil dapat menyebabkan pendarahan yang hebat, apabila dikonsumsi secara terus-menerus dapat mengakibatkan persalinan dini yang akan menyebabkan kelahiran prematur.

#2. Buah nanas muda

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Kandungan buah nanas terdiri dari vitamin A, vitamin C, juga enzim bromelain yang berkhasiat dalam mencerna makanan di lambung dan juga menghambat sel kanker.

Namun pada ibu hamil, zat bromelain dapat melemahkan serviks atau leher rahim sehingga menyebabkan Kontraksi sebelum waktunya, dikhawatirkan apabila dikonsumsi pada jumlah yang berlebihan akan menggangu kehamilan anda,

Masalah lainnya yaitu, Jika ibu hamil menderita gastritis atau maag sebaiknya menghindari nanas karena akan menyebabkan asam lambung naik. Buah nanas boleh saja dikonsumsi oleh ibu hamil dengan jumlah dan pilihan buah nanas yang telah  matang. Tetapi tidak semua ibu hamil dapat mengkonsumsi buah nanas meskipun dalam jumlah sedikit.

#3. Makanan mentah atau setengah matang (Daging, Ikan, Telur)

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Daging yang setengah matang atau mentah mengandung bakteri salmonela dan parasit toksoplasmosis yang berakibat buruk bagi ibu hamil dan janinnya. Seperti  bakteri salmonela yang mengakibatkan ibu terkena typus atau keracunan makanan bagi bayi dalam kandungan hingga memicu keguguran. Sedangkan parasit toksoplasmosis atau infeksi akibat toksoplasmosis dapat mengancam pertumbuhan janin seperti cacat bawaan antara lain kerusakan pada otak atau mata hingga menyebabkan keguguran.

Infeksi akibat toxoplasmosis, contohnya: Jangan pernah menyimpan makanan yang sudah dimasak dalam talenan atau alas yang telah digunakan untuk daging mentah tanpa di cuci dengan bersih terlebih dahulu, dan jika Anda merendam daging dalam bumbu. Maka simpanlah di kulkas dan dalam wadah yang tertutup rapat.

#4. Es Krim

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Es krim yang berkadar gula sangat tinggi berisiko meningkatkan kadar gula darah ibu hamil menjadi tinggi yang pada akhirnya dapat membuat berat badan janin berlebih. Konsumsilah sewajarnya, dengan mengkonsumsi sewajarnya maka es krim pun dapat memberikan manfaat seperti kalori, kalsium dari susu, mengurangi mual dan stres. Jadi bolehkan mengkonsumsi Es krim saat hamil? Jawabannya boleh asal jangan terlalu banyak.

#5. Sayuran mentah

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

dr.Sara Elise Wijono MRes pada American Pregnancy Association menyatakan bahwa sayur mentah aman untuk dikonsumsi wanita hamil. Namun, jangan lupa mencucinya dengan baik sebelum disantap ya. Kamu juga perlu merendam sayuran tersebut di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam. Tujuannya untuk membunuh kuman yang mungkin ada dan membahayakan untuk kesehatan tubuh. Dan jangan lupa membuang bagian sayur yang sudah tampak rusak seperti membusuk atau berubah warna.

#6. Junkfood atau Fast food / Makanan cepat saji

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Makanan yang tidak sehat atau junkfood pasti memiliki berbagai kadungan yang tidak sehat pula, terutama adalah minyak jenuh, yang akan menimbun banyak lemak dan menyebabkan ibu yang hamil tidak sehat karena hal ini juga dapat menyababkan kolesetrol dan diabetes atau kelebihan berat badan, sehingga nantinya dalam proses melahirkan pun akan mengalami kesulitan.

Jika ingin mengonsumsi fast food sesekali sebaiknya pilih-pilih menu atau toping isian makanan anda, seperti :

  • Bila Anda ingin mengonsumsi ayam goreng sebaiknya pilih ayam yang original. Hindari mengonsumsi ayam goreng jenis crispy, pilih yang tidak berkulit, dan jangan konsumsi ayam yang sudah diolah menjadi nugget.
  • Jika ingin mengonsumsi Sandwich, pilihlah sandwich yang reguler saja, kurangi olesannya, dan pilih yang rendah lemak.
  • Dalam memilih burger pilihlah yang isinya berupa ikan dan ayam, jangan pilih yang porsinya jumbo. Usahakan ada sayuran atau salad di dalamnya.
  • Untuk memilih pizza, usahakan jangan pilih yang terlalu banyak sosisnya, terdapat ekstra keju di dalamnya, dan mengandung pepperoni.
  • Sementara untuk minumannya hindari cola, soft drink atau shake, sebaiknya pilih air putih saja.

#7. Makanan Pedas dan Masam

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Makanan pedas dan asam meningkatkan kemungkinan naiknya asam lambung dan pembuatan mucus (dahak)juga makanan pedas bisa memicu terjadinya diare.

Makan Pedas dan asam sebenarnya tidak menimbulkan masalah serius, boleh saja dikonsumsi asalkan ibu hamil tau batasan atau kekuatan ia mengkonsumsi pedas atau masam.

Pada sebagian orang ada yang sangat kuat mengkonsumsi pedas dan masam, ada juga yang baru makan sedikit sudah bereaksi. Kembali ke pribadi masing-masing, sebagai saran sebaiknya tidak usah terlalu banyak, karena kalau sudah sakit perut atau diare tentunya menyebabkan ketidaknyamanan bagi ibu hamil itu sendiri.

#8. Jangan! Rokok, Kafein dan Alkohol

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil - Dunia Bidan

Image Source

Sangat tidak mungkin jika ibu hamil berani mengkonsumi rokok, kafein dan alkohol saat hamil. Namun jika ada, mungkin hanya saran saja kepada ibu hamil yang sangat tega mengkonsumsinya, didalam rokok terdapat zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan keguguran atau kecacatan pada janin. Mengkonsumsi kafein dan juga alkohol saat hamil dapat mengakibatkan :

  • Perkembangan janin terhambat sehingga bayi kecil
  • Mempengaruhi perkembangan otak janin
  • Bertambahnya resiko kelahiran premature dan bayi meninggal saat dilahirkan
  • Dapat menyebabkan Fetal Alcohol Spectrum Disorder (FASD)
  • Kemungkinan akan keguguran jika dikonsumsi secara berlebihan pada awal masa kehamilan dan selama trimester pertama

Bagaimana jika tidak sengaja mengkonsumsi alkohol saat hamil? seperti alkohol yang digunakan pada sup atau sebagai bahan campuran masakan. Sebenarnya tidak ada batasan aman dalam mengkonsumsi alkohol ketika hamil, harus semaksimal mungkin dihindari.

Bagaimana Jika meminum alkohol karena tidak tahu sedang hamil?

Kemungkinan besar bayi Anda tidak akan bermasalah, namun kembali tergantung pada jumlah alkohol yang Anda minum. Jika Anda khawatir, konsultasikan dengan dokter Anda.


INFO: You have Ads-Block for Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?

Artikel Terkait dengan Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

News