Fian Rubianti Am.Keb

Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil

  • 2

DuniaBidan.com

Kelapa kuning atau biasanya orang menyebutnya dengan nama kelapa gading (latin: Cocos capitata). Nama ini pun diberikan karena warna dari buah kelapa yang memang kuning dan beberapa dari jenisnya memiliki warna kuning yang mirip dengan gading gajah. Kelapa kuning atau kelapa gading berbeda dengan jenis kelapa lainnya, pohon kelapa kuning tidak begitu tinggi bahkan ada yang tingginya hanya mencapai 2m saja.

Keindahan dari pohon serta buahnya membuat kelapa kuning tidak hanya dijadikan sebagai bahan pangan saja, banyak sekali industri yang bergerak di bidang dekorasi memanfaatkannya untuk dijadikan kerajinan tangan.

Sebagai bahan pangan ternyata kelapa kuning memiliki rasa yang tidak kalah enak dengan kelapa jenis lainnya walaupun memang ukurannya lebih kecil, rasanya pun tak kalah segar dan manis dengan jenis kelapa lainnya. Selain itu adapun kandungan nutrisi dari kelapa kuning yang sangat berguna tidak hanya bagi anda bahkan bagi ibu hamil.

Nutrisi Kelapa Kuning/ Kelapa Gading

  • Glukosa
  • Sakarosa
  • Fruktosa
  • Sukrosa
  • Asam amino
  • Natrium
  • Protein
  • Karbohidrat
  • Tannin
  • Serat
  • Air
  • Vitamin C
  • Zat besi

Dengan banyaknya kandungan nutrisi pada kelapa kuning/ kelapa gading, maka banyak pula manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsinya khususnya bagi wanita yang sedang hamil muda. Dan perlu anda ketahui pula bahwa kandungan nutrisi pada kelapa wulung lebih banyak dan baik dibanding kelapa jenis lainnya.

Manfaat Kelapa Kuning untuk Ibu Hamil

1. Mengatasi Anemia

Sebagian besar ibu hamil memiliki kecenderungan mengalami anemia,dan akan menjadi berbahaya jika anemia yang di alami merupakan anemia berat. Untuk mengatasi anemia berlebih pada ibu hamil secara alami tanpa efeksamping, anda dapat memberikan air kelapa kuning atau kelapa gading ini tanpa ditambahkan gula ataupun es, karena es dan gula kurang baik bagi kesehatan janin nantinya.

Baca Juga: Anemia Pada Kehamilan (Definisi, Penyebab, Gejala, Cara mengatasi)

2. Mengatasi Pusing

Selain anemia, ibu hamil juga sering mengalami pusing saat hamil muda. Untuk mengatasi rasa pusing ini maka anda bisa memberikan air kelapa kuning/kelapa gading ini yang diberi sedikit garam, namun perhartikan juga jangan sampai mengubah rasa dari air kelapa kuning tersebut. Selain itu anda juga bisa melakukan pijitan kecil di sekitar kepalanya.

Baca Juga: Ketidaknyamanan pada Kehamilan Trimester 1

3. Mengatasi Mual

Bagi anda yang sedang hamil, khususnya hamil muda pasti merasakan mual pada jam-jam tertentu. Sebelum mual itu terasa, anda bisa meminum air kelapa kuning sebagai bentuk pencegahan dan anda juga bisa meminumnya sebagai upaya mengatasi mual agar berhenti.

4. Meningkatkan Perkembangan Saraf Pada Janin

Untuk anda yang sedang mengandung dan ingin memiliki andak yang cerdas, anda bisa mengkonsumsi air kelapa kuning untuk mendukung perkembangan saraf pada janin agar dapat merespon lebih baik. Sehingga ketika bayi anda lahir dan tumbuh, ia akan mudah sekali dalam mempelajari sesuatu dan mengingat.

5. Mendukung Perkembangan Janin

Tidak hanya saraf saja yang akan lebih cepat berkembang tetapi juga yang lainnya seperti organ tubuh, sel- sel otak janin, hingga kulit. Selain itu dengan cepatnya perkembangan pada janin, anda dapat merasakan pergerakan janin anda. Janin akan lebih lincah bahkan dapat diajak berkomunikasi.

6. Menutrisi Janin

Memiliki janin yang sehat dan aktif merupakan dambaan setiap ibu dan keluarga, anda bisa mewujudkannya dengan cara alami tanpa efek samping apapun. Caranya sangat mudah yaitu sebelum anda melakukan aktifitas ataupun sarapan, terlebih dahulu anda bisa mengkonsumsi air kelapa kuning atau kelapa gading tanpa adanya campuran gula ataupun es.

7. Menguatkan Kandungan

Bagi anda yang memiliki diagnose lemah kandungan, anda tidak perlu khawatir lagi dengan berbagai resiko yang ada. ada cara alami agar kandungan anda semakin kuat seiring dengan perkembangan janin yang anda kandung, dengan cara mengkonsumsi air kelapa kuning di pagi hari dan air kelapa kuning hangat di malam hari menjelang tidur.

Penting! Dan bagi anda yang ingin memiliki keturunan, anda bisa mulai mempersiapkannya dengan cara meminum air kelapa kuning atau kelapa gading secara berkala untuk mencegah terjadinya lemah kandungan.

Itulah beberapa manfaat dari kelapa kuning atau kelapa gading untuk ibu hamil yang bisa anda dapatkan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat serta menambah pengetahuan anda.

INFO: You have Ads-Block for Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Nutrisi dan Manfaat Kelapa Kuning Untuk Ibu Hamil


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.