Fian Rubianti Am.Keb

Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU)

  • 1

Banyak cara untuk mengetahui usia kehamilan yang tepat, selain dengan metode penghitungan rumus 4 1/3, menggunakan kalkulator online dan dengan menggunakan kalender kehamilan. Ada juga metode lain yaitu dengan perabaan/palpasi abdominal tinggi fundus uteri/TFU (puncak tertinggi rahim) untuk mengetahui usia kehamilan.

DuniaBidan.com

Pemeriksaan usia kehamilan dengan tinggi fundus uteri (TFU) hanya dapat diaplikasikan oleh tenaga ahli seperti  Bidan/dokter yang kompeten, tidak bisa dilakukan sendiri. Silahkan datang ke klinik terdekat untuk mengetahui hasil pemeriksaan kehamilan dengan mengukur puncak tertinggi rahim (tinggi fundus uteri).

Untuk mahasiswa bidan atau bidan muda yang ingin mengetahu usia kehamilan dengan tinggi fundus uteri, simak informasinya berikut ini:

DuniaBidan.com

Pengukuran Tinggi Fundus Uteri (TFU) menggunakan Metline (pita ukur)

Cara pengukurannya dengan menggunakan metline (pita ukur) dari tepi atas symfisis pubis menuju puncak tertinggi rahim. Ikuti langkahnya berikut ini:

  • Posisikan ibu hamil berbaring dengan kaki .
  • Lalu menentukan bagian fundus dengan bantuan tangan kanan dan kiri.
  • Setelah diketahui posisi dari fundus, lakukan pengukuran dimulai dari tepi symfisis sampai dengan fundus dengan posisi meteran terbalik.
  • Posisikan angka nol berada di atasa simfisis.
  • Setelah diposisikan secara tepat, balikan meteran lalu baca hasil pengukurannya.

Keterangan:

Untuk mengetahui teknik TFU Mc. Donald, harus memperhatikan beberapa prinsip sebagai berikut :

  • Harus menggunakan alat ukur metline atau meteran yang tidak elastis.
  • Dilakukan dengan keadaan kandung kemih yang kosong. Karena kandung kemih yang penuh dapat memperbesar hasil pengukuran tinggi fundus uteri.
  • Dilakukan dengan posisi ibu hamil setengah duduk agar ibu hamil terhindar dari gangguan peredaran darah balik yang dapat berpengaruh pada ibu maupun janin.
  • Ibu hamil dilarang untuk berbaring terlentang karena dapat terjadi pengurangan oksigen ke otak yang dapat menyebabkan ibu hamil jatuh pingsan.
  • Mengukur TFU harus dimulai dari usia kehamilan 22 minggu.

Pemeriksaan Tinggi Fundus Uteri (TFU) menggunakan pita ukur dengan metode yang berbeda

  • Cari dulu bagian fundus dengan bantuan tangan kanan dan kiri
  • Posisikan garis nol pita pengukur diletakkan pada tepi atas simfisis pubis,
  • Kemudian ikuti garis abdominal dengan pita pengukur yang diletakkan diantara jari telunjuk dan jari tengah tangan kiri
  • Pengukuran dilakukan sampai titik dimana jari menjepit pita pengukur.
  • Sehingga pita pengukur mengikuti bentuk abdomen hanya sejauh puncaknya dan kemudian secara relatif lurus ke titik yang ditahan oleh jari-jari pemeriksa, pita tidak melewati slope anterior dari fundus.

Caranya tidak diukur karena tidak melewati slope anterior tapi dihitung secara matematika sebagai berikut:

  • Penghitungan jika fundus belum mencapai ketinggian yang sama dengan umbilikus/pusar, tambahkan 4 cm pada jumlah cm yang terukur. Jumlah total centi meternya diperkirakan sama dengan jumlah minggu kehamilan.
  • Penghitungan jika fundus sudah mencapai ketinggian yang sama dengan umbilikus/pusar, tambahkan 6 cm pada jumlah cm yang terukur. Jumlah total centi meternya diperkirakan sama dengan jumlah minggu kehamilan.

Bila ditemukan tinggi fundus uteri (TFU) tidak sesuai dengan usia kehamilan, ibu hamil harus waspada dan segera diketahui penyebabnya.

Ketidaksesuaian hasil pemeriksaan TFU dengan usia kehamilan dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kesalahan metode pengukuran, Janin kecil, Janin sudah turun ke pintu atas panggul (PAP), Cairan ketuban sedikit, Posisi janin melintang. Pemeriksaan TFU saja tidak bisa dijadikan patokan mengenai kondisi janin harus ditunjang dengan pemeriksaan lainnya misal USG untuk memastikan kondisi janin, ketuban, plasenta, denyut jantung janin, taksiran berat janin, dan tali pusat.

Oleh karena itu, untuk menentukan usia kehamilan lebih akuratnya dapat dilakukan dengan USG maupun perhitungan menggunakan hari pertama haid terakhir (HPHT).

Baca Juga: Cara menghitung usia kehamilan menggunakan rumus 4 1/3, kalkulator dan kalender kehamilan
Baca Juga: Cara mengetahui usia kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT


INFO: You have Ads-Block for Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Mengetahui Usia Kehamilan dengan Tinggi Fundus Uteri (TFU)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?