Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Ketuban Pecah Dini (KPD)

  • 1

Ketuban Pecah Dini (KPD) | Dunia Bidan

Ketuban pecah dini (KPD) atau premature rupture of membranes (PROM) adalah kondisi membran selaput ketuban pecah sebelum memasuki masa persalinan. Kondisi ini menyebabkan membran ketuban terbuka dan cairan ketuban menyembur keluar, bisa langsung banyak atau hanya sekedar rembesan saja. Normalnya, selaput ketuban ini pecah secara spontan ketika sudah inpartu dengan bukaan lengkap.

Bila terjadi pecah ketuban dini sebelum inpartu dan belum ada bukaan maka harus segera diberikan antibiotik dan dilakukan observasi kepada pasien untuk memantau apakah ada bukaan atau tidak, apakah denyut jantung janin sehat atau distress.

Jika ternyata setelah dilakukan observasi, pasien KPD tersebut tidak juga menunjukan kemajuan persalinan, biasanya dokter akan melakukan operasi caesaria, karena kondisi ibu hamil dengan pecah ketuban tanpa bukaan meningkatkan resiko infeksi dan gawat janin, bahkan bila dibiarkan distress maka bayi lahir dengan gangguan yaitu asfiksia atau kematian janin, maka dari itu operasi caesaria akan ditempuh guna menyelamatkan janin dalam kandungan ibu.

Beberapa ibu hamil yang mengalami ketuban pecah dini sebelum ada tanda-tanda inpartu, karena faktor kurang faham dan kurangnya informasi, padahal bila ketuban pecah dini sebelum memasuki inpartu, tidak akan terjadi HIS atau kontraksi, karena hal ini lah yang meyebabkan mereka tampak biasa. Dan ketika memasuki inpartu ada bukaan lalu datang ke Bidan, telah ditemukan beberapa kasus janin sudah meninggal dalam kandungan (IUFD) karena kekeringan dan telah terjadi distress atau gawat janin serta kasus KPD lainnya yang pada akhirnya ibu bersalin tersebut harus dirujuk ke tingkat faskes lebih tinggi guna mendapatkan pertolongan segera.

Ibu hamil harus sering menggali informasi seputar kehamilan dan persalinan, Anda juga dapat menemukan tanda air ketuban pecah pada artikel duniabidan.com selanjutnya.

Ketuban Pecah Dini (KPD) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Ketuban Pecah Dini (KPD) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Ketuban Pecah Dini (KPD)

Top Recent People Searches: Ketuban Pecah Dini (KPD)

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News