Fian Rubianti Am.Keb

Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

  • 1

Ibu hamil wajib memeriksakan kehamilan baik merupakan kehamilan pertama maupun kehamilan kedua ketiga dan seterusnya. Namun bagi ibu muda yang menghadapi kehamilan pertama kali mungkin kebingungan mengenai jadwal kunjungan pemeriksaan kehamilan

Kapan Ibu hamil harus memeriksakan kehamilannya?

Menurut WHO, setiap ibu hamil harus memeriksakan kehamilan minimal 4x selama periode kehamilan. Namun, jika anda memiliki dana lebih, anda dapat memeriksakan kehamilan sebanyak 12x, setiap bulan memeriksakan kehamilan selama periode kehamilan 9 bulan dan 3x melakukan USG pada awal kehamilan untuk memastikan kehamilan dengan melihat kantong kehamilan, pada pertengahan kehamilan USG untuk melihat posisi janin, dan pada akhir kehamilan USG untuk memastikan kepala janin, cairan ketuban dan jenis kelamin. Mari simak jadwal pemeriksaan kehamilan untuk ibu hamil dibawah ini.

 Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

Jadwal pemeriksaan kehamilan bervariasi tergantung dokter atau bidan yang memeriksa, dan tergantung penyulit kehamilan yang ibu hamil hadapi. Namun, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai jadwal pemeriksaan kehamilan yang dianjurkan untuk ibu hamil minimal 4x selama periode kehamilan, berikut penjelasannya:

Pemeriksaan Pertama (0-12 minggu)

Pada pemeriksaan kehamilan pertama anda akan ditanyai data diri yang disebut anamnesa meliputi keluhan serta riwayat kesehatan, kemudian dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang sesuai standar 10 T ANC (Ante Natal Care). Biasanya ibu hamil datang untuk memeriksakan kehamilan yang pertama ketika sudah diketahui usia kehamilan 2-3 bulan.

Tak lupa untuk melakukan pemeriksaan penunjang yaitu pemeriksaan kadar HCG dengan test pack, pemeriksaan laboratorium termasuk golongan darah dan hemoglobin (Hb), skrining infeksi menular seksual, dan tes urine.

Anda akan diberikan buku catatan kesehatan ibu dan anak (Buku KIA) yang harus dibawa kembali pada saat akan memeriksakan kehamilan berikutnya.

Pemeriksaan Kedua (15 minggu)

Jarak dari pemeriksaan pertama dan kedua adalah 1 bulan, atau jika belum genap 1 bulan kemudian ibu hamil mengalami keluhan serius tidak salahnya untuk memeriksakan kehamilan segera tanpa menunggu 1 bulan yang dijadwalkan.

Pada pemeriksaan kedua dan seterusnya, ibu hamil tidak akan ditanyai segala macam mengenai data lagi, namun lebih fokus mengatasi keluhan dan memeriksa kesehatan ibu serta janin, pemantauan berat badan dan tekanan darah, ukuran janin, detak jantung janin, posisi janin, dan ibu hamil akan ditawarkan pemeriksaan penunjang lainnya seperti pemeriksaan USG dan pemeriksaan Hb ulang.

Pemeriksaan USG dianjurkan ketika usia kehamilan sudah menginjak 15-28 minggu, untuk melihat posisi janin, kalau jenis kelamin terlihat merupakan bonus untuk ayah dan ibu.

Jika ditemukan posisi janin sungsang (pantat janin berada dibawah), maka dapat diupayakan untuk membalikkan posisi kepala janin menjadi dibawah selayaknya posisi normal janin. Karena jika usia kehamilan sudah melebihi 28 minggu tapi posisi janin masih sungsang, sedikit kemungkinan janin akan berputar arah menjadi normal.

Pemeriksaan Ketiga (28- 36 minggu)

Pada kunjungan ini, bidan atau dokter akan melakukan pemantauan berat badan dan tekanan darah ibu, ukuran janin, posisi, dan detak jantung janin serta pemeriksaan panggul, mengulang skrining tes untuk infeksi menular seksual, mengulang pemeriksaan Hb ibu hamil.

Pemeriksaan keempat (36-40 minggu)

Pemeriksaan keempat ini masih sama dengan pemeriksaan kedua dan ketiga yaitu berfokus pada kesehatan ibu dan janin, kemudian Bidan atau dokter harus banyak memberikan konseling mengenai tanda persalinan atau melahirkan sudah dekatpersiapan persalinan, dan memberikan gambaran mengenai proses persalinan serta persiapan barang bawaan keperluan saat persalinan.

Demikian penjelasan mengenai jadwal pemeriksaan kehamilan yang wajib dilakukan oleh ibu hamil, namun jangn berpaku pada tulisan ini, jika semasa kehamilan anda mengalami keluhan seta kegawatdaruratan yang membutuhkan penanganan lanjut harap segera memeriksakan kehamilan dan kesehatan anda ke klinik terdekat.

INFO: You have Ads-Block for Jadwal Pemeriksaan Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Jadwal Pemeriksaan Kehamilan , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Jadwal Pemeriksaan Kehamilan by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Jadwal Pemeriksaan Kehamilan via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Jadwal Pemeriksaan Kehamilan

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Jadwal Pemeriksaan Kehamilan


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.