Fian Rubianti Am.Keb

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum)

  • 1

Hipertensi atau darah tinggi atau darting adalah Kondisi tekanan darah pada tubuh seseorang meningkat, apabila normalnya tekanan darah itu 110/70 mmHg atau 120/80 mmHg, kalau seseorang mengidap hipertensi tekanan darah atau tensinya diatas 120/80 mmHg.

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) | Dunia Bidan

Image Source

Lalu bagaimana dengan hipertensi pada kehamilan?

Hipertensi pada kehamilan disebut Hypertensi Gravidarum, yaitu Suatu kondisi tekanan darah tinggi yang dialami oleh ibu hamil ketika hamil, baik ibu punya riwayat hipertensi sebelum hamil maupun tidak ada riwayat.

Gejala Hiprtensi pada Kehamilan:

Gejala yang sering dirasakan oleh Ibu hamil adalah nyeri kepala, penglihatan kabur, penglihatan ganda, nyeri tengkuk, nyeri di daerah lambung, mual atau muntah, gejala tersebut sering ditemukan pada hipertensi dengan preeklamsia. Sedangkan perubahan pada ibu hamil antara lain: pertambahan berat badan yang berlebihan, bengkak pada tubuh ibu hamil, tekanan darah tinggi, dan akhirnya proteinuria (ditemukannya protein dalam urin) serta kelainan lain dalam pemeriksaan lab.

Macam-macam hipertensi pada kehamilan (Hipertensi Gravidarum):

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) | Dunia Bidan

Image Source

  1. Hipertensi kronik: tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg yang telah ada sebelum kehamilan terjadi atau hipertensi yang timbul sebelum mencapai usia kehamilan 20 minggu.
  2. Preeklamsia-Eklamsia: peningkatan tekanan darah yang baru timbul setelah usia kehamilan mencapai 20 minggu, disertai dengan penambahan berat badan ibu yang cepat akibat tubuh membengkak dan pada pemeriksaan laboratorium dijumpai protein di dalam air seni (proteinuria). Sedangkan Eklamsia: preeklamsia yang disertai dengan kejang.
  3. Preeklamsia superimposed pada hipertensi kronik: preeklamsia yang terjadi pada perempuan hamil yang telah menderita hipertensi sebelum hamil.
  4. Hipertensi gestasional: Timbulnya hipertensi pada trimester akhir kehamilan tanpa disertai gejala dan tanda preeklamsia, bersifat sementara dan tekanan darah kembali normal setelah melahirkan (postpartum). Hipertensi gestasional berkaitan dengan timbulnya hipertensi kronik suatu saat di masa yang akan datang.

Diketahui terdapat beberapa jenis hipertensi pada saat hamil. Hipertensi yang berbahaya adalah preeklampsia dan eklampsia, karena selain tekanan darah tinggi juga terjadi proteiuria (adanya protein dalam urin). Proteinuria menunjukkan adanya kerusakan fungsi ginjal, dampaknya ibu hamil dapat terkena kejang jika tensinya tetap tinggi.

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) | Dunia Bidan

Image Source

Penyebab Hipertensi Pada Kehamilan:

  • Penyebab hipertensi pada kehamilan adalah metabolisme tubuh selama hamil tiap ibu hamil yang berbeda-beda, sistem hormonal dan kardivaskuler, perilaku makan dan mood yang berubah drastis, serta pengeluaran urin yang menjadi berubah dengan sebelum hamil.
  • Sedangkan, penyebab hipertensi mendadak seperti hipertensi gestasional, preeklamsia atau eklampsia belum diketahui jelas penyebabnya, tapi untungnya setelah ibu melahirkan tekanan darah ibu menjadi normal kembali.

Cara Mengobati Hipertensi saat hamil adalah sebagai berikut:

1. Sebagai pasien atau keluarga pasien: Segera periksa ke Bidan/ Dokter kandungan jika ibu hamil menunjukan gejala hipertensi, Jangan menunggu terjadi kejang pada ibu hamil karena akan sangat membahayakan ibu dan janin

2. Sebagai tenaga medis dapat memberikan sediaan obat, seperti berikut:

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) | Dunia Bidan

Image Source

  • Metildopa, sering digunakan sebagai terapi lini pertama, data jangka panjang menunjukan keamananya pada keturunan. Dosis sebesar 250-1500 mg 2x1hari peroral.
  • Labetalol, sering menjadi terapi lini pertama. Namun obat ini dapat memperburuk asma. Formulasi intravena tersedia untuk pengobatan darurat hipertensi. Dosis 2x100-1200 mg peroral. 
  • Metoprolol, sebuah beta bloker dengan dosis 2x25-200 mg peroral. Obat ini dapat memperburuk asma dan kemungkinan berhubungan dengan penghentian pertumbuhan janin. Beta bloker lainnya misal: pindolol dan propranolol dapat dipakai secara aman. Beberapa ahli merekomendasikan untuk menghindari penggunaan atenolol.
  • Nifedipin (kerja panjang), Dosis 30-120 mg perhari. Nifedipin kerja cepat tidak direkomendasikan untuk terapi ini, mengingat kemungkinan resiko hipotensi.

Hipertensi pada kehamilan terjadi bila tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg pada posisi duduk. Dengan catatan: Pengukuran dilakukan 2 kali selama 12 jam dan hasil pemeriksaan tetap tinggi. Pemeriksaan lebih teratur, terutama menjelang persalinan sangat penting.

Baca Juga: Bahaya Kaki dan Tangan Ibu Hamil Bengkak

Penting!: Jika ditemukan ibu hamil mengalami bengkak pada tangan dan kaki sampai bengkak ke area wajah. Siapapun anda tolong antar ibu hamil tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat untuk memeriksakan kehamilannya. Ingat! Bengkak yaa bukan gemuk, kalau ditekan terdapat bekas ditekan pada tubuh ibu hamil.

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) | Dunia Bidan

Image Source

Masyarakat yang peka terhadap lingkungannya termasuk kepada kesehatan ibu hamil akan membantu kelangsungan hidup ibu hamil dan janin, sebab sampai sekarang ini Ibu hamil dengan hipertensi adalah penyebab utama kematian Ibu dan bayi.


INFO: You have Ads-Block for Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?

Artikel Terkait dengan Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum)

News