Fian Rubianti Am.Keb

Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

  • 2

DuniaBidan.com

Air Ketuban (cairan amnion) adalah cairan yang bersama janin selama kehamilan diselimuti selaput seperti balon. Jumlah air ketuban yang normal pada primigravida adalah 1000 ml, dan pada multigravida sebanyak 1500 ml dan sebanyak-banyaknya dalam keadaan batas normal adalah 2000 ml. Makin tua/matang usia kehamilan, makin turun berat jenisnya hingga menjadi 1.025-1.010 ml.

Fungsi air ketuban

Fungsi air ketuban bagi janin diantaranya:

  • Memungkinkan janin bergerak lebih bebas, membantu sistem pencernaan janin, sistem otot dan tulang rangka, serta sistem pernapasan janin agar berkembang dengan baik.
  • Berperan sebagai cadangan cairan dan sumber nutrien bagi janin untuk sementara.
  • air ketuban juga berfungsi sebagai pelindung yang akan menahan janin dari trauma akibat benturan.
  • Melindungi dan mencegah tali pusat dari kekeringan, yang dapat menyebabkannya mengerut sehingga menghambat penyaluran oksigen melalui darah ibu ke janin.
  • Menjadi inkubator yang sangat istimewa dalam menjaga kehangatan di sekitar janin.

Selaput ketuban dengan cairan amnion didalamnya merupakan penahan janin dan rahim terhadap kemungkinan infeksi. Pada waktu persalinan, air ketuban dapat meratakan tekanan atau kontraksi di dalam rahim, sehingga leher rahim membuka dan saat kantung ketuban pecah, air ketuban yang keluar sekaligus akan membersihkan jalan lahir. Pada saat ini kemungkinan terjadi infeksi cukup tinggi, jika air ketuban pecah sebelum jalan lahir membuka.

Kelainan pada air ketuban

Cairan amnion bersifat tidak statis, air yang merupakan bagian terbesarnya diganti setiap jam dan zat yang terlarut di dalamnya diganti setiap tiga jam. Pada beberapa kasus, jumlah cairan amnion dapat menjadi lebih sedikit dari normal (oligohidramnion), maupun lebih banyak dari yang normal (polihidramnion/hidramnion).

1. Polihidramnion/hidramnion (kelebihan cairan amnion)

Polihidramnion adalah Suatu keadaan dimana jumlah air ketuban lebih banyak dari normal, biasanya kalau lebih dari 2 liter. Beberapa ahli berpendapat bisa mencapai 4-5 liter, sedangkan Kustner mendapatkan sampai 15 liter pada usia kehamilan 5 bulan.

2. Oligohidramnion (kekurangan cairan amnion)

Oligohidramnion adalah Suatu keadaan dimana air ketuban kurang dari normal yaitu jumlah cairan amnion pada kehamilan cukup bulan sekitar 300-500 mL. Jika terdiagnosis sebelum usia kehamilan 37 minggu, hal ini kemungkinan berkaitan dengan abnormalitas janin atau ketuban pecah dini yang menyebabkan cairan amnion gagal berakumulasi kembali.

Bagaimana cara mengetahui jumlah air ketuban saat kehamilan?

Fungsi air ketuban bagi janin sangat penting, bahkan jika jumlahnya terlalu sedikit atau terlalu banyak dapat menimbulkan masalah bagi janin, seperti: perkembangan janin abnormal, dan ibu merasakan ketidaknyamanan pada perut, nyeri punggung, sesak napas, kontraksi rahim, dan bengkak pada kaki dan pergelangan tangan. Terdapat beberapa cara untuk mengetahui jumlah air ketuban saat masa kehamilan, yaitu dengan pemeriksaan USG, karena selain dapat mengetahui jenis kelamin dan letak posisi janin, pemeriksaan USG juga dapat mengetahui jumlah volume cairan ketuban pada kehamilan saat ini.

INFO: You have Ads-Block for Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Fungsi Air Ketuban Dan Jenis Kelainannya


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.