Fian Rubianti Am.Keb

Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli)

  • 2

Faktor yang mempengaruhi kehamilan ganda/kembar (gemelli)

Meskipun kebanyakan kehamilan kembar terjadi karena faktor keturunan, bagi kamu yang tidak memiliki keturunan kembar sama sekali simak informasi mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi kehamilan ganda/kembar (gemelli) berikut ini.

Faktor yang mempengaruhi kehamilan ganda/kembar (gemelli)

1. Faktor Keturunan

Keluarga tertentu akan cenderung melahirkan anak kembar yang biasanya diturunkan secara paternal (garis keturunan dari ayah, sebagian mengalami kehamilan kembar), namun dapat pula secara maternal (seorang wanita hamil kembar karena dirinya merupakan anak kembar).

Namun, wanita yang bukan kembar tapi mempunyai suami kembar dizigot, melahirkan bayi kembar dengan frekuensi 1 per 116 kehamilan. 

2. Faktor Kebangsaan/Ras

Bangsa/Ras mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli) seperti lebih banyak dijumpai pada wanita negro dibandingkan kulit putih. Angka tertinggi kehamilan ganda/kembar (gemelli) banyak dijumpai di Finlandai dan yang paling jarang atau terendah yaitu di negara Jepang.

3. Faktor Umur

Frekuensi kehamilan ganda/kembar (gemelli) akan meningkat untuk wanita dengan usia sampai sekitar 40 tahun. Makin tua usia wanita hamil maka makin tinggi angka kejadian kehamilan kembar dan akan menurun lagi setelah umur 40 tahun.

4. Faktor Paritas

Pada primipara (hamil pertama) memiliki kemungkinan kehamilan ganda/kembar (gemelli) sebesar 9,8% per 1000 kehamilan normal dan pada multipara (hamil lebih dari 1 kali) meningkat menjadi 18,9% per 1000 kehamilan ganda/kembar (gemelli)

5. Faktor Theraphy atau obat

Pengaruh theraphy atau obat seperti profertil, clomid, dan hormon gonadotropin dapat menyebabkan kehamilan dizigotik dan kembar lebih dari dua.

  • Penggunaan gonadotropin sebesar 16-40%, meningkatkan insiden kehamilan ganda/kembar sebanyak 75%.
  • Teknik ART (Assisted Reproductive Technology) didesain untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan, dan juga meningkatkan kemungkinan kehamilan ganda.
  • Seleksi terhadap ovum menggunakan tekhnik fertilisasi in vitro, memilih yang terbaik kemudian di transfer ke dalam rahim.

Baca Juga: Pengertian dan Klasifikasi Letak Sungsang
Baca Juga: Pengertian Kehamilan Kembar (Gemelli)

INFO: You have Ads-Block for Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Faktor yang mempengaruhi kehamilan kembar (gemelli)


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.