Fian Rubianti Am.Keb

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT

  • 2

Beberapa artikel sebelumnya saya selalu membasa tentang HPHT (hari pertama menstruasi terakhir), cara menghitung usia kehamilan dengan HPHT, cara menentukan taksiran persalinan atau hari kelahiran dengan HPHT. Namun bagaimana jika Lupa atau tidak tau tepat kapan HPHT nya? Kebanyakan mengingat waktu mentruasi itu bukan dari tanggalnya, karena tanggal setiap menstruasi selalu berubah-ubah, mereka hanya mengingat berdasarkan kategori saja, misalkan: awal. tengah, dan akhir bulan. Betul tidak???

Lalu bagaimana cara mengetahui usia kehamilan ketika tidak tahu HPHT, caranya dengan Palpasi abdomen ibu hamil oleh bidan atau dengan pemeriksaan USG oleh dokter kandungan, Berikut penjelasannya dibawah ini.

Cara mengetahui usia kehamilan, ketika tidak tahu atau lupa HPHT:

#1. Dengan Palpasi Abdominal (Leopold)

Dunia Bidan

http://infosehatwanita.com/wp-content/uploads/2016/02/Tips-Menghitung-Usia-Kehamilan-Setelah-Dua-Minggu-oleh-info-sehat-wanita.jpg

Metoda ini tidak bisa kita praktekan sendiri, harus dengan tenaga yang sudah ahli seperti Bidan, sebab pada pengukuran ini ada patokannya dan berbeda terhantung usia kehamilan. Metoda ini lebih akurat menentukan usia kehamilan karena hasilnya tergantung dengan tinggi fundus uteri (rahim), caranya dengan mengukur jarak antara tepi atas symfisis dengan puncak fundus uteri dengan pita pengukur metlin.

Berikut patokan tinggi fundus uteri ibu hamil berdasarkan usia kehamilan:

Dunia Bidan

http://www.bukumedis.com/wp-content/uploads/2017/09/menghitung-usia-kehamilan.jpg

Gambar 1. Posisi Fundus uteri berdasarkan minggu usia kehamilan

Dunia Bidan

https://caracekterupdate.com/wp-content/uploads/2017/05/Screen-Shot-2017-05-22-at-5.59.35-PM.png

Gambar 2. Posisi fundus uteri berdasarkan bulan kehamilan

Dari kedua gambar diatas pasti terbesit pertanyaan, Kenapa pada usia 9 bulan atau 40 minggu kok malah turun pengukurannya,bukankah usianya bertambah ya?

Jadi begini bu, pada usia 9 bulan atau 36 minggu keatas, posisi kepala janin sudah mulai masuk ke bagian bawah panggul ibu. Maka dari itu penting sekali mengetahui posisi janin untuk menentukan apakah ibu hamil dapat  bersalin normal atau dengan tindakan, sebab jika usia kehamilan sudah memasuki 36 minggu namun posisi terbawah janin yaitu pantat yang kemudian disebut posisi sungsang, dengan sangat terpaksa ibu tidak dapat melahirkan normal harus dengan tindakan. Jika dipaksakan melahirkan normal dengan posisi janin sungsang sangat beresiko untuk ibu dan janin.

#2. Dengan USG (Ultrasonography)

Dunia Bidan

https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT4wvvmSJqFMhArbZq7hBAuHGlA95pw9hJMEBDvK0twtWJt9OBX

Metoda kedua tentang cara mengetahui usia kehamilan ketika tidak tahu atau lupa HPHT adalah dengan pemeriksaan USG oleh dokter kandungan. Sebelumnya saya minta maaf jika penyampaian materi USG ini kurang tepat sebab saya seorang Bidan, maka dari itu saya mengutip informasi dari dr. Nisia Putri Rinayu agar informasi yang diberikan sesuai. Beliau berkata, Menentukan usia kehamilan memang seringkali membingungkan apalagi jika lupa HPHT (hari pertama haid terakhir). Pada kondisi ini, dokter biasanya akan menyarankan untuk dilakukan USG untuk menentukan usia kehamilan. 

  • Bila Anda pernah melakukan USG pada trimester pertama kehamilan, Anda bisa menggunakan hasil pemeriksaan tersebut sebagai patokan usia kehamilan.
  • Bila tidak pernah USG pada trimester pertama, Anda bisa gunakan HPHT untuk menentukan usia kehamilan dengan catatan Anda yakin dengan tanggal HPHT tersebut.pemeriksaan tinggi/besar fundus rahim dan perkiraan HPHT.
  • Bila Anda baru pertama kali USG pada trimester kedua atau ketiga kehamilan dan lupa HPHT, akan sulit menentukan usia kehamilan. Pada kondisi ini diperlukan pemeriksaan USG serial/berulang, pemeriksaan tinggi/besar fundus rahim dan perkiraan HPHT.

Waktu yang paling tepat untuk menentukan usia kehamilan dengan USG adalah pada trimester pertama kehamilan. Semakin besar usia kehamilan, prediksi usia kehamilan dengan USG pun menjadi lebih tidak akurat. Hal ini disebabkan ukuran, posisi dan gerakan janin dalam rahim menyebabkan sulitnya dilakukan pengukuran yang akurat, sehingga anda tidak perlu heran bila seringkali pada pemeriksaan yang berbeda akan menunjukan hasil yang berbeda.

Semua hasil pemeriksaan ini (USG dan palpasi abdominal fundus uteri) akan dibandingkan untuk menentukan kemungkinan usia kehamilan yang paling sesuai.  Kok ribet yaa??? rasanya lebih mudah jika mengetahui usia kehamilan dan taksiran persalinan dengan HPHT. Oleh karena itu, Jika anda ingin merencanakan kehamilan ataupun tidak sedang merencanakan kehamilan sebaiknya anda mencatat hari pertama anda mendapat menstruasi.


INFO: You have Ads-Block for Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Berkomentarlah dengan Bijak?

Artikel Terkait dengan Cara Mengetahui Usia Kehamilan Jika Lupa atau Tidak Tahu HPHT

News