Informasi Seputar Kehamilan, Kandungan, dan Kesehatan • DuniaBidan.com
Fian Rubianti Am.Keb

Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah

  • 1

Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah | Dunia Bidan

Ketika memasuki trimester 3 ibu hamil harus semakin waspada dan mampu mengenali serta mengetahui tanda bahaya pada kehamilan trimester 3, seperti ketuban pecah dini (KPD).

Normalnya ketuban pecah spontan ketika sudah memasuki inpartu atau usia kehamilan lebih dari 37 minggu, namun ada juga yang mengalami ketuban pecah pada usia kehamilan lebih dari 22 minggu atau sebelum usia kehamilan 37 minggu.

Sedikit ibu hamil mengetahui atau merasakan air ketuban pecah, apalagi jika kehamilan pertama akan sangat awam dengan permasalahan ini, karena tidak semua ibu hamil atau ibu bersalin mengalami air ketuban pecah dini, ada yang pecah spontan ketika bukaan sudah lengkap, ada juga yang tidak pecah spontan dan harus dipecahkan oleh Bidan menggunakan alat persalinan yang sudah steril. Lalu bagaimana cara mengetahui air ketuban pecah?

Tanda air ketuban pecah

  1. Air ketuban memiliki aroma khas
  2. Berwarna sedikit keruh, dan berwarna putih/bening
  3. Biasanya air ketuban pecah tanpa disadari ada reaksi dulu sebelumnya, baik ketika duduk santai, tidur ataupun ketika melakukan aktivitas ringan
  4. Disertai HIS atau kontraksi, bahkan tidak sama sekali
  5. Keluar air-air dari jalan lahir paling dini usia kehamilan 22 minggu
  6. Ditest menggunakan kertas lakmus (Nitrazin test) untuk pemeriksaan pH v4gina (cairan ketuban). Dan hasilnya jika benar cairan ketuban maka akan menunjukan perubahan dari merah menjadi biru

Bila anda mengalami tanda air ketuban pecah seperti keterangan diatas, segera periksa ke Bidan atau Dokter kandungan Anda, apalagi jika Anda mengalami ketuban pecah pada usia kehamilan > 22 minggu dan sebelum 37 minggu.

Jika air ketuban pecah pada usia aterm 37-40 minggu, maka Anda telah memasuki masa inpartu/persalinan, siapkan perlengkapan Anda dan bayi yang harus dibawa ke tempat bersalin, lebih baik jika sudah dipersiapkan jauh-jauh hari semua keperluan yang akan dibawa ke tempat bersalin pilihan Anda, agar tidak menampah kepanikan.

Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca materi artikel tentang Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.

Artikel Terkait Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah

Top Recent People Searches: Cara Mengetahui Air Ketuban Pecah

DMCA.com Protection Status


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.
Articles News