Fian Rubianti Am.Keb

Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu)

  • 2

Pada kehamilan trimester ketiga perubahan pada tubuh ibu hamil semakin ketara dengan rahim yang terus membesar sampai usia kehamilan 36 minggu. Selain perut yang membesar, perubahan juga terjadi pada payudara ibu hamil. Diakhir kehamilan payudara semakin membesar, pertambahan jaringan payudara bisa mencapai 1.4 kg, sehingga menimbulkan rasa nyeri dan tdk nyaman.

Adapun keluhan pada kehamilan trimester 3 yang umum dijumpai pada ibu hamil diantaranya sebagai berikut:

1. Konstipasi atau Sembelit

Dunia Bidan

Konstipasi atau Sembelit selama kehamilan terjadi karena peningkatan hormone progesterone yang menyebabkan relaksasi otot sehingga usus kurang efisien, konstipasi juga dipengaruhi karena perubahan uterus yang semakin membesar, sehingga uterus menekan daerah perut, dan penyebab lain konstipasi atau sembelit adalah karena tablet besi (iron) yang diberikan oleh Bidan/dokter pada ibu hamil.

Cara mengatasi konstipasi atau sembelit pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Minum air putih yang cukup minimal 6-8 gelas/ hari.
  • Makanlah makanan yang berserat tinggi seperti sayuran dan buah-buahan.
  • Lakukanlah olahraga ringan secara teratur seperti berjalan (Jogging).
  • Segera konsultasikan ke dokter/ Bidan apabila konstipasi atau sembelit tetap terjadi setelah menjalankan cara diatas.

2. Edema atau pembengkakan

Dunia Bidan

Edema pada kaki timbul akibat gangguan sirkulasi vena dan peningkatan tekanan vena pada ekstremitas bagian bawah. Gangguan sirkulasi ini disebabkan oleh tekanan uterus yang membesar pada vena-vena panggul saat wanita tersebut duduk atau berdiri pada vena kava inferior saat ia berada dalam posisi terlentang. Pakaian ketat yang menghambat aliran balik vena dari ekstremitas bagian bawah juga memperburuk masalah. Edema akibat kaki yang menggantung secara umum terlihat pada area pergelangan kaki dan hal ini harus dibedakan dengan perbedaan edema karena preeklamsia/eklamsia.

Cara mengatasi Edema atau pembengkakan pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Hindari menggunakan pakaian ketat, pakai yang longgar saja seperti baju terusan.
  • Elevasi kaki secara teratur sepanjang hari ( Elevasi kaki adalah pengaturan posisi dimana anggota gerak bagian bawah diatur pada posisi lebih tinggi dari pada jantung) contoh: ketika tidur, kaki diganjal bantal supaya posisinya lebih tinggi daripada anggota tubuh lainnya. Lihat gambar diatas.
  • Posisi menghadap kesamping kiri saat berbaring.
  • Penggunaan penyokong atau korset pada abdomen maternal yang dapat melonggarkan vena-vena panggul.

Baca Juga: Bahaya Kaki dan Tangan Ibu Hamil Bengkak

3. Nyeri punggung bawah (Nyeri Pinggang)

Dunia Bidan

Nyeri punggung bawah (Nyeri pinggang) merupakan nyeri punggung yang terjadi pada area lumbosakral yang disebabkan oleh berat uterus yang membesar. Masalah memburuk apabila wanita hamil memiliki struktur otot abdomen yang lemah sehingga gagal menopang berat rahim yang membesar. Kelemahan otot abdomen lebih sering terjadi pada wanta grande multipara yang tidak pernah melakukan latihan untuk memperoleh kembali struktur otot perut normal.

Nyeri punggung juga bisa disebabkan karena membungkuk yang berlebihan, berjalan tanpa istirahat, angkat beban, hal ini diperparah apabila dilakukan dalam kondisi wanita hamil sedang lelah.

Cara mengatasi Nyeri punggung bawah (Nyeri Pinggang) pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Postur tubuh yang baik ketika berjalan, duduk dan ketika hendak mengambil barang yang terjatuh.
  • Hindari membungkuk berlebihan, mengangkat beban, dan berjalan tanpa istirahat.
  • Gunakan sepatu bertumit rendah; sepatu tumit tinggi tidak stabil dan memperberat masalah pada pusat gravitasi dan lordosis.
  • Jika masalah bertambah parah, pergunakan penyokong abdomen eksternal dianjurkan (contoh korset maternal atau belly band yang elastic)
  • Kompres hangat (jangan terlalu panas) pada punggung (contoh bantalan pemanas, mandi air hangat, duduk di bawah siraman air hangat)
  • Kompres es dan sedikit pijatan/ usapan pada punggung oleh suami akan membantu meringankan nyeri.
  • Untuk istirahat atau tidur; gunakan kasur yang menyokong atau gunakan bantal dibawah punggung untuk meluruskan punggung dan meringankan tarikan dan regangan.

Baca Juga: Gejala, Penyebab, Obat Dan Jenis Hipertensi pada kehamilan (Hypertensi Gravidarum)
Baca Juga: Tanda Bahaya Kehamilan Trimester 1, 2, 3

4. Sering Buang Air Kecil

Dunia Bidan

Peningkatan frekuensi berkemih atau sering buang air kecil disebabkan oleh tekanan uterus karena turunnya bagian bawah janin sehingga kandung kemih tertekan dan mengakibatkan frekuensi berkemih meningkat.

Cara mengatasi Sering Buang Air Kecil pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Ibu hamil perlu diberikan penjelasan tentang kondisi yang dialaminya mencangkup sebab terjadinya.
  • Kosongkan kandung kemih segera saat ada dorongan untuk kencing.
  • Mengurangi asupan cairan pada sore hari dan memperbanyak minum saat siang hari.
  • Jangan kurangi minum untuk mencegah nokturia, kecuali jika nokturia sangat mengganggu tidur pada malam hari. (Nokturia adalah suatu kondisi buang air kecil pada tengah malam hari secara terus-menerus)
  • Batasi minum kopi, teh atau soda
  • Jelaskan tentang bahaya infeksi saluran kemih dengan menjaga posisi tidur, yaitu berbaring miring ke kiri dan kaki ditinggikan untuk mencegah diuresis.

5. Insomnia

Dunia Bidan

Pada ibu hamil, gangguan tidur umunya terjadi pada trimester I dan trimester III. Pada trimester III gangguan ini terjadi karena ibu hamil sering kencing. Gangguan ini juga disebabkan oleh rasa tidak nyaman yang dirasakan ibu hamil seperti bertambahnya ukuran rahim yang mengganggu gerak ibu.

Cara mengatasi Insomnia pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Ibu hamil diharapkan menghindari rokok dan minuman beralkohol. Menghindari merokok dan mengkonsumsi alcohol pada saat hamil. Selain membahayakan janin, rokok dan alkohol juga membuat ibu hamil sulit tidur.
  • Ibu hamil diharapkan menghindari kafein. Menghindari kafein dapat membuat seseorang susah tidur dan membuat jantung berdebar. Selain, selain terdapat pada kopi, kafein juga terdapat pada teh soda, dan cokelat.
  • Usahakan tidur sebentar di siang hari. Tidur di siang hari dapat membantu ibu mengusir rasa lelah. Sebaiknya tidur di siang hari cukup dilakukan 30 sampai 60 menit saja.
  • Biasakan tidur miring kiri mulai trimester pertama sampai akhir kehamilan. Posisi tidur miring ke kiri juga akan membantu darah dan nutrisi mengalir lancar ke janin dan rahim, serta membantu ginjal untuk sedikit memperlambat produksi urine. Membiasakan tidur dalam posisi ini juga bermanfaat untuk membantu ibu tidur lebih optimal ketika perut semakin membesar pada trimester III.
  • Kurangi minum pada malam hari. Sebaiknya ibu lebih banyak minum pada pagi dan siang hari untuk mengurangi frekuensi buang air kecil pada malam hari yang berakibat juga ibu sering kencing pada malam hari.
  • Minum segelas susu hangat. Meminum segelas susu hangat akan membuat ibu hamil mudah terlelap. Kandungan asam amino tryptophan yang terdapat dalam susu akan meningkatkan kadar serotonin dalam otak dan membantu ibu hamil tidur. Susu juga akan membangkitkan hormone melatonin dalam darah yang membuat seseorang menjadi mudah mengantuk.

6. Kegerahan

Dunia Bidan

Umumnya keluhan ini muncul saat kandungan mencapai 20 minggu atau saat aliran darah di dalam tubuh mulai meningkat. Kegerahan disebabkan selain karena peningkatan kadar hormone progesteron yang membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah lebih meningkat, bisa juga disebabkan metabolisme di tubuh yang makin meningkat makin tinggi laju metabolisme, makan banyak pula kalori atau energy panas yang dihasilkan atau dilepaskan.

Cara mengatasi kegerahan pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Pakai baju yang longgar dan nyaman serta dapat menyerap keringat seperti dari bahan katun.
  • Jaga sirkulasi udara di dalam rumah agar tetap baik. Misalnya, dengan sering membuka jendela atau pintu.
  • Hidari tempat-tempat sempit yang membuat anda merasa pengap.
  • Sering-seringlah berada di ruangan terbuka atau alam terbuka.
  • Perbanyak minum cairan, baik air putih maupun jus buah segar untuk mengganti cairan tubuh yang keluar dalam bentuk keringat.

7. Hemoroid

Dunia Bidan

Secara khusus ketidaknyamanan ini terjadi pada trimester II dan III. Hal ini sering terjadi karena konstipasi. Sama halnya dengan varises, pembuluh darah vena didaerah anus juga membesar. Diperparah lagi akibat tekanan kepala terhadap vena di rektum (bagian dalam anus). Kurangnya klep di pembuluh-pembuluh yang berakibat pada perubahan secara langsung pada aliran darah. Pada kehamilan, hormon progesterone menyebabkan relaksasi dinding vena dan usus besar. Pembesaran uterus dapat meningkatkan tekanan-tekanan spesifik pada vena hemorrhoid, tekanan mengganggu sirkulasi venous dan menyebabkan kongesti pada vena pelvic.

Konstipasi juga berkontribusi dalam menimbulkan pecahnya hemorid sehingga menimbulkan perdarahan. Untuk menghindari pecahnya pembuluh darah ini maka dianjurkan untuk mengkonsumsi banyak serat, banyak minum, buah dan sayuran. 

Cara mengatasi hemoroid pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Menghindari penyebab konstipasi.
  • Menghindari ketegangan selama defekasi.
  • Mandi air hangat/kompres hangat, air panas tidak hanya memberikan kenyamanan tapi juga meningkatkan sirkulasi.
  • Latihan kegel, untuk mengencangkan otot-otot perineal. (bisa menggunakan media bola pilates namun harus didampingi oleh ahli).
  • Istirahat di tempat tidur dengan panggul diturunkan dan dinaikkan.

8. Perut Kembung

Dunia Bidan

Ketidaknyamanan ini terjadi pada kehamilan trimester II dan III. Hal ini berawal dari Motilitas gastrointestinal menurun, menyebabkan terjadinya perlambatan waktu pengosongan menimbulkan efek peningkatan progesterone pada relaksasi otot polos dan penekanan uterus pada usus besar.

Cara mengatasi perut Kembung pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Hindari makanan yang mengandung gas.
  • Mengunyah makanan secara sempurna.
  • Pertahankan kebiasaan BAB yang teratur.
  • Posisi knee chest (posisi seperti sujud tapi dada ditempelkan ke lantai) hal ini dapat membantu ketidaknyamanan dari gas yang tidak keluar. lihat gambar diatas.

Baca Juga: Pantangan Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

9. Susah bernafas

Dunia Bidan

Pada kehamilan 33-36 minggu banyak ibu hamil akan merasa susah bernafas hal ini karena tekanan bayi yang berada dibawah diafragma menekan paru-paru ibu hamil. Tapi setelah kepala bayi sudah turun ke rongga panggul ini biasanya pada 2-3 minggu sebelum persalinan pada ibu yang pertama kali hamil maka anda akan merasa lega dan bernafas lebih mudah . Selain itu juga rasa terbakar didada (heart burn) biasanya juga ikut hilang. Karena berkurangnya tekanan bagian tubuh bayi dibawah tulang iga ibu.

Cara mengatasi Susah bernafas pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Jelaskan pada ibu hamil penyebab fisiologisnya.
  • Merentangkan tangan di atas kepala serta menarik nafas panjang
  • Bumil dianjurkan untuk manarik nafas dalam dan lama. 
  • Ibu hamil dapat mengikuti kelas yoga hamil untuk membantu melatih relaksasi.

10. Braxton Hicks

Dunia Bidan

Braxton-Hicks atau kontraksi palsu adalah kontraksi berupa rasa sakit yang ringan, tidak teratur, dan hilang bila anda duduk atau istirahat biasanya terjadi saat usia kehamilan 28 minggu. Lain lagi ketka sudah mencapai kehamilan 8 bulan atau 32 minggu keatas.

Penyebab Kontraksi palsu atau braxton hicks diantaranya:

  • Kelamaan berada dalam 1 posisi, misal kelamaan duduk, berdiri, atau jalan.
  • Berhubungan suami istri dapat memicu kontraksi dini karena merupakan induksi alami.
  • Menahan keinginan buang air kecil
  • Pergerakan Bayi
  • Kecapean
  • stimulasi payudara (terutama puting) akan membuat tubuh memproduksi hormon oksitosin yang menyebabkan kontraksi. 

Cara mengatasi kontraksi palsu pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Usahakan untuk tidak terpaku dalam 1 posisi, ibu hamil harus sering gerak untuk melemaskan otot-otot yang tegang.
  • Ibu hamil minum air putih dalam sehari minimal 8-12 gelas.
  • Ketika hendak melakukan hubungan suami istri, jika usia kandungan belum menginjak 36 minggu lebih baik berhati-hati, sebaiknya dilakukan ketika usia kehamilan sudah matang, sehingga jika terjadi kontraksi dan persalinan dini, janin sudah sempurna dan sebagian organnya sudah kuat untuk melanjutkan hidup.

Baca Juga: Persiapan Persalinan
Baca Juga: Persiapan Barang Bawaan Keperluan Saat Persalinan
Baca Juga: Proses Persalinan (KALA I, II, III, IV)

11. Varises

Dunia Bidan

Ketidaknyamanan ini terjadi pada Trimester kedua dan ketiga. akibat tekanan pembuluh vena besar yang terletak dibelakang uterus, darah balik dari tubuh bagian bawah terhambat dan menyebabkan peningkatn tekanan pembuluh vena, akibatnya muncul varises. Vena membesar dan terasa nyeri. Lokasi tersering munculnya adalah betis, paha dan vagina.

Cara mengatasi Varises pada kehamilan trimester 3 adalah:

  • Tinggikan kaki sewaktu berbaring.
  • Jaga agar kaki tidak bersilang.
  • Hindari berdiri atau duduk terlalu lama.
  • Berbaringlah dengan posisi miring atau duduk dengan kaki ditinggikan.
  • Lakukan senam untuk melancarkan peredaran darah.
  • Hindari pakaian atau korset yang ketat.

Nah, setelah ibu mengetahui macam-macam keluhan serta cara mengatasi ketidaknyamanan trimester 3, diharapkan ibu hamil jangan panik atau gelisah sebab pada umumnya keluhan tersebut normal terjadi, oleh karenaitu penting sekali untuk ibu hamil mengetahui penyebab fisiologis dan cara mengatasi ketidaknyamanan pada tiap semester kehamilan.

Baca Juga: Cara Menghitung TP (Taksiran Persalinan)
Baca Juga: Gejala & Tanda Persalinan (Melahirkan Sudah Dekat)
Baca Juga: Apa Itu Ayah ASI? Seperti Apa Peran Ayah ASI?
Baca Juga: Apa itu Kolostrum? Jangan Membuang Kolostrum!
Baca Juga: Kandungan Dan Manfaat Air Susu Ibu (ASI)

INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu) , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu) by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu) via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu)

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Mengatasi Keluhan Ibu Hamil Trimester 3 (29 - 40 minggu)


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.