Fian Rubianti Am.Keb

Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil

  • 2

Cara mengatasi kehilangan nafsu makan saat hamil

Hampir semua wanita hamil pernah mengalami kehilangan nafsu makan, namun biasanya berlangsung tidak lama dan hanya terjadi selama tahap awal kehamilan. Penyebab kehilangan nafsu nakan selama kehamilan adalah mual atau morning sickness, muntah, perubahan hormonal, stress, dan sembelit.

Sebagian besar gejala tersebut adalah normal dan bersifat sementara. Duniabidan.com menemukan cara untuk mengatasi kehilangan nafsu makan selama kehamilan, berusaha untuk pertahankan kecukupan gizi selama kehamilan.

Berikut adalah cara ibu hamil mengatasi kehilangan nafsu makan:

  1. Makanlah dalam porsi kecil dan lebih sering sepanjang hari, jangan memaksakan diri untuk makan besar pada pagi hari seperti nasi atau jenis karbohidrat lainnya. Cobalah konsumsi makanan seperti Pisang, Gandum  dan roti panggang. Biasanya makanan kaya rasa dan enak dapat lebih diterima oleh ibu hamil.
  2. Hindari makanan yang memiliki aroma bau yang kuat atau rasa seperti makanan pedas, ikan atau telur di pagi hari karena dapat memicu mual.
  3. Hindari juga makanan berlemak dan makanan yang sulit dicerna.
  4. Perbanyak konsumsi makanan kaya serat seperti buah-buahan dan sayuran untuk mencegah sembelit dan menjaga kesehatan yang baik. Pilih buah dan sayur yang organik dan terhindar dari pestisida.
  5. Minum banyak air untuk menghindari dehidrasi atau minum teh jahe atau jahe untuk mengurangi kehilangan nafsu makan.
  6. Menghisap permen asam atau mencium aroma lemon bisa membantu meredakan rasa mual.
  7. Hindari stress dan kelelahan, luangkan waktu untuk istirahat.

Sebagian ibu hamil bisa bertahan berjam-jam tanpa makan, meskipun hal tersebut dapat memicu risiko gangguan pada kesehatan ibu dan janin. Ibu hamil lainnya seperti mendambakan makanan tertentu dan membenci makanan lainnya untuk sementara. Sedangkan beberapa ibu hamil lainnya tergantung pada suasana hati sehingga dapat mempengaruhi kurangnya minat dalam makanan. Karena hilangnya nafsu makan inilah banyak ibu hamil mengalami penurunan berat badan di awal kehamilan.

Jika gejalanya menetap atau jika anda khawatir bahwa gejala yang anda alami sudah tidak normal, segera konsultasi dengan Bidan/Dokter, apakah diperlukan obat atau perawataan intensif serta tambahan vitamin lainnya.

INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Cara Mengatasi Kehilangan Nafsu Makan Saat Hamil


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.