Fian Rubianti Am.Keb

Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil?

  • 2

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Halo dear, Apakah kamu sedang mencari tips persiapan sebelum memulai program kehamilan? Oiya, Sebelumnya selamat yaa atas pernikahan kalian, semoga langgeng dan cepat dikaruniai momongan. Namun tips persiapan sebelum mempunyai anak/momongan ini juga merupakan hal penting agar kehamilan berjalan lebih lancar dan percaya diri. artikel persiapan hamil ini sangat bermanfaat bagi calon ibu hamil/bumil.

Persiapan Sebelum Hamil

Kehamilan merupakan hal yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian pasangan yang baru menikah. Karena memiliki anak akan menambah keceriaan dan kebahagiaan pasangan. Kehamilan juga merupakan penyempurnaan peran seorang istri untuk menjadi seorang ibu, tentunya hal tersebut  sangat didambakan oleh semua perempuan. Agar Kehamilan anda sehat dan bayi sehat tentunya ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memulai program kehamilan, diantaranya :

1. Persiapkan Mental

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Saya rasa persiapan mental merupakan inti dari seluruh proses kehamilan hingga persalinan. Persiapan mental sangat diperlukan selama hamil karena akan terjadi perubahan pada tubuh ibu hamil akibat dari adanya janin di dalam kandungan. Apabila tidak ada kesiapan mental maka bisa berakibat stress pada ibu hamil dan akan berpengaruh terhadap perkembangan janin.

2. Memperbanyak pengetahuan tentang kehamilan

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Zaman modern sekarang ini kita dapat dengan mudah mendapatkan berbagai macam informasi mengenai kesehatan, pelajari beberapa pengetahuan tentang kehamilan dan bayi. Jika ada yang tidak dimengerti anda dapat menanyakan penjelasan lebih rinci kepada Bidan atau Dokter kandungan seraya memeriksakan kesehatan.

3. Konsultasi Pra-Konsepsi

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Anda dapat  mengunjungi Bidan atau Dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kesehatan saat ini dan meninjau riwayat kesehatan sebelumnya. Kemudian setelah itu menjadwalkan kapan seharusnya terjadi konsepsi, kapan seharusnya anda mengkonsumsi obat atau vitamin penunjang kesuburan, dan mendiskusikan pola makan meliputi pantangan makanan dan makanan apasaja yang boleh dikonsumsi.

4. Konsumsi asam folat (dan berhati-hati terhadap vitamin A)

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Dengan mengkonsumsi 400mcg (mikrogram) asam folat setiap hari selama setidaknya satu bulan sebelum Anda hamil dan selama trimester pertama kehamilan Anda, Anda mengurangi risiko mengandung bayi yang menderita cacat tabung saraf seperti spina bifida hingga 50 sampai 70 persen. Mengkonsumsi asam folat juga membantu mencegah beberapa cacat lahir lainnya.

Juga periksa untuk memastikan bahwa multivitamin yang Anda konsumsi tidak mengandung kadar vitamin A lebih tinggi dari asupan harian yang direkomendasikan, yaitu770 mcg RAE (2.565 IU).  Penting diketahui, terlalu banyak asupan vitamin A saat hamil juga beresiko cacat janin.

5. Hentikan kebiasaan buruk (Merokok, Minuman Keras, Obat-obatan bebas, Kafein)

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Jika anda memiliki salah satu kebiasaan buruk, sebaiknya anda hentikan kebiasaan anda. Mengingat suksesnya program hamil serta kesehatan ibu dan janin selama berada dalam fase kehamilan, karena hal tersebut dapat mengganggu kesehatan dan tumbuh kembang janin.

6. Perhatikan ikan dan daging yang Anda konsumsi

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Walaupun ikan merupakan sumber asam lemak omega-3, vitamin A, protein, vitamin D, dan nutrisi lainnya yang tentunya sangat penting untuk perkembangan otak bayi. Namun, ikan tertentu juga mengandung merkuri dalam jumlah besar, yang bisa berbahaya bagi kesuburan dan bayi Anda nantinya.

Ikan yang kurang disarankan untuk wanita usia subur antara lain, ikan hiu, ikan todak, king mackerel, dan beberapa ikan tinggi merkuri lainnya. Selain itu juga perlu diperhatikan tingkat kematangan saat hendak memasak ikan atau daging, harus benar-benar matang.

7. Periksa kesehatan mulut

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Ketika Anda sedang dalam program hamil, jangan lupakan kesehatan mulut Anda. Perubahan hormon selama kehamilan membuat Anda lebih rentan terhadap penyakit gusi. Naiknya kadar hormon progesteron dan estrogen dapat menyebabkan gusi bereaksi terhadap bakteri dalam plak, sehingga gusi menjadi lebih mudah bengkak, merah dan berdarah.

8. Hindari Infeksi

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Sangat penting untuk menghindari infeksi ketika Anda sedang dalam program hamil, terutama jenis infeksi yang bisa membahayakan calon bayi Anda.

Anda harus menghindari jenis makanan tertentu, seperti keju lunak yang tidak dipasteurisasi dan produk susu lainnya, daging merah, ikan mentah dan unggas tertentu.

Jenis makanan tersebut dapat menjadi sarang bakteri berbahaya yang menyebabkan listeriosis, sebuah penyakit yang dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati.

Anda juga harus menghindari jus yang tidak dipasteurisasi karena bisa jadi mengandung bakteri seperti salmonella atau E-coli.

Pastikan Anda mendapatkan vaksinasi flu, untuk menghindari flu pada saat hamil. Flu pada saat hamil dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti pneumonia dan persalinan prematur.

9. Wapadai faktor lingkungan

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Beberapa pekerjaan bisa berbahaya bagi Anda dan bayi Anda yang belum lahir. Jika saat ini Anda rutin terpapar bahan kimia atau radiasi, Anda harus membuat beberapa perubahan dalam rutinitas Anda sebelum Anda memulai program hamil.

Perlu diingat bahwa beberapa produk pembersih, pestisida, pelarut, dan sumber air minum yang melewati pipa-pipa tua bisa berbahaya untuk bayi Anda.

10. Hentikan alat kontrasepsi sesegera mungkin (Jika pasutri sebelumnya telah menggunakan kontrasepsi)

Persiapan kehamilan | Persiapan calon ibu hamil

Bagi banyak wanita, kesuburan mereka pulih segera setelah mereka berhenti menggunakan alat kontrasepsi, tetapi beberapa wanita lain mungkin butuh waktu beberapa bulan atau lebih untuk mulai berovulasi dengan normal lagi.

Tanda bahwa ovulasi Anda sudah kembali normal adalah ketika menstruasi Anda sudah mulai teratur. Langkah berikunya, mulailah mencatat tanggal pertama menstruasi juga berapa lama anda menstruasi pada bulan itu, lakukan pencatatan tersebut selama beberapa bulan. Data tersebut sangat diperlukan oleh Bidan atau Dokter kandungan guna menghitung kapan jadwal seharusnya terjadi ovulasi.

Wanita lainnya mengambil pendekatan yang lebih detail dan terukur dengan memetakan periode menstruasi dan melacak kapan hari tersubur mereka setiap bulan dengan mencatat suhu basal tubuh dan perhatikan perubahan lendir serviks Anda. Pengamatan pada suhu basal tubuh Anda selama beberapa bulan dapat membantu Anda mengetahui kapan Anda sedang berovulasi.

Semoga informasinya bermanfaat ya bunda...

Baca Juga: Makanan Penyubur Untuk Pria dan Wanita Agar Cepat Hamil

Memiliki anak adalah komitmen seumur hidup, akan banyak waktu yang tersita, pekerjaan yang tertunda, dan perhatian terhadap pasangan yang berkurang. Sebelum Anda memulai program kehamilan, pertimbangkanlah apakah Anda sudah siap untuk mengemban tanggung jawab ini.

INFO: You have Ads-Block for Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil? , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil? by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil? via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil?

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa Saja Persiapan Sebelum Memulai Program Hamil?


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.