Fian Rubianti Am.Keb

Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin

  • 3

Zigot (sel) adalah hasil dari proses perkembangbiakan dua sel kelamin (sel ovum dan sel sperma) sebelum menjadi janin atau calon janin (embrio) pada rahim perempuan. Lama kelamaan, Zigot ini akan berkembang menjadi embrio, janin dan akan dilahirkan menjadi bayi.

Apa perbedaan Zigot, Embrio, Janin dan Bayi?

Zigot merupakan sel pembentuk yang dihasilkan dari 2 sel kelamin.

Embrio atau mudhigah adalah calon janin, istilah embrio digunakan sebagai sebutan jabang bayi antara umur 3-12 minggu masa kehamilan dan sudah tampak rancangan bentuk alat-alat tubuh.

Fetus atau Janin adalah kelanjutan dari embrio yang semakin berkembang, dan organ-organ tubuhnya lebih sempurna. Istilah ini biasa dipakai untuk jabang bayi dengan usia kehamilan 13 minggu sampai tiba waktu persalinan.

Bayi adalah Janin yang telah lahir ke dunia dengan proses persalinan normal melalui jalan lahir ibu maupun dengan persalinan buatan karena ditemukan penyulit pada saat persalinan.

Namun pada kesempatan kali ini kita akan membahas zigot nya dulu ya.. Pembentukan zigot dimulai dari proses fertilisasi, kemudian zigot mengalami proses pembelahan (claveage).

Pembentukan zigot dikelompokkan menjadi beberapa fase, yaitu fase morula, fase blastula, fase gastrula, serta organogenesis.  

Belajar Tentang Zigot, Sel Pembentuk Manusia | Dunia Bidan

#1. Fase Morula 

Dunia Bidan

Morula adalah suatu bentukan sel sperti bola (bulat) akibat pembelahan sel zigot terus menerus. Keberadaan antara satu dengan sel yang lain adalah rapat.  Pembelahan sel dimulai dari satu menjadi dua, dua menjadi empat, dan seterusnya sampai terbentuk 16-64 sel. Embrio yang terdiri dari 16-64 sel inilah yang disebut morula. Proses terbentuknya morula disebut Morulasi selama 4 hari pasca konsepsi/pembuahan.

#2. Fase Blastula

Belajar Tentang Zigot, Sel Pembentuk Manusia | Dunia Bidan

Dunia Bidan

Blastula adalah bentukan lanjutan dari morula yang terus mengalami pembelahan. Bentuk blastula ditandai dengan mulai adanya perubahan sel dengan mengadakan pelekukan yang tidak beraturan. Didalam blastula terdapat cairan sel yang disebut Blastosoel dan  lapisan sel tunggal yang luar disebut blastoderm. Embrio yang memiliki blastosol disebut Blastula, proses terbentuknya blastula disebut Blastulasi. Selanjutnya masuk ke Fase Grastula.

#3. Fase Gastrula

Belajar Tentang Zigot, Sel Pembentuk Manusia | Dunia Bidan

Fase Gastrula, Pada fase ini pelekukan tubuhnya sudah semakin nyata dan mempunyai lapisan dinding tubuh embrio serta rongga tubuh. Gastrula pada beberapa hewan tertentu, seperti hewan tingkat rendah dan hewan tingkat tinggi, berbeda dalam hal jumlah lapisan dinding tubuh embrionya, seperti gambar diatas :

  • Triploblastik yaitu hewan yang mempunyai 3 lapisan dinding tubuh embrio, berupa ektoderm, mesoderm dan endoderm. Hal ini dimiliki oleh hewan tingkat tinggi seperti Vermes, Mollusca, Arthropoda, Echinodermata dan semua Vertebrata.
  • Diploblastik yaitu hewan yang mempunyai 2 lapisan dinding tubuh embrio, berupa ektoderm dan endoderm. Dimiliki oleh hewan tingkat rendah seperti Porifera dan Coelenterata.

Gastrulasi yaitu proses pembentukan gastrula.

#4. Fase Organogenesis

Belajar Tentang Zigot, Sel Pembentuk Manusia | Dunia Bidan

Organogenesis yaitu proses pembentukan organ-organ tubuh pada makhluk hidup (hewan dan manusia). Organ yang dibentuk ini berasal dari masing-masing lapisan dinding tubuh embrio pada fase gastrula.

Contohnya :

  • Lapisan Ektoderm akan berdiferensiasi menjadi cor (jantung), otak (sistem saraf), integumen (kulit), rambut dan alat indera.
  • Lapisan Mesoderm akan berdiferensiasi menjadi otot, rangka (tulang/osteon), alat reproduksi (testis dan ovarium), alat peredaran darah dan alat ekskresi seperti ren.
  • Lapisan Endoderm akan berdiferensiasi menjadi alat pencernaan, kelenjar pencernaan, dan alat respirasi seperti pulmo/paru.

Baca Juga: Proses Terjadinya Kehamilan

Nah, seperti itulah proses dari zigot menjadi janin. Sungguh keajaiban luar biasa, semua manusia didunia ini diciptakan tuhan dengan sempurna, sudah sepantasnya kita bersyukur dengan nikmat yang tuhan berikan dengan cara menjaga tubuh kita, berikan asupan nutrisi yang cukup, istirahat dengan baik, dan hindari segala hal yang akan merusak sistem didalam tubuh manusia.

INFO: You have Ads-Block for Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 3
Top Recent People Searches: Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Apa itu Zigot? Proses Pembentukan Zigot Menjadi Janin


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.