Fian Rubianti Am.Keb

10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin

  • 2

Sudah kita ketahui bersama bahwa rokok sangat berbahaya, bahkan pada bungkus luar rokok telah diberikan peringatan yang berbunyi "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN" dan Slogan pada bagian depan tutup rokok berbunyi "ROKOK MEMBUNUHMU". Namun meski begitu, penjualan rokok Di Indonesia tetap tinggi.

Yaa tak bisa dipungkiri, dewasa ini rokok telah menjadi gaya hidup bahkan sudah lumrah para wanita menjadi perokok aktif dan rokok menjadi prioritas bagi golongan tertentu. Padahal banyak sekali dampak negatif dari hanya sekedar asap.

Nah, kali ini Duniabidan.com akan membahas mengenai 10 dampak negatif rokok bagi ibu hamil dan janin, simak informasi berikut ini semoga bermanfaat dan menjadikan ilmu tambahan untuk menambah wawasan.

DuniaBidan.com

Bahaya rokok tidak hanya mengintai perokok aktif saja, namun bahaya tersebut juga mengintai orang disekeliling kita bahkan mereka yang kita cintai seperti ibu, istri, anak bahkan calon jabang bayi yang masih didalam kandungan juga saudara kita semua yang tidak menjadi perokok aktif.

Banyak wanita yang sedang hamil bukan perokok aktif terpapar asap rokok dari lingkungan sekitarnya, orang yang terpapar asap rokok tetapi ia tidak merokok disebut perokok pasif. Perokok pasif meskipun mereka tidak merokok, namun dampak negatifnya mereka dapatkan sama. Tidak terkecuali ibu hamil yang terkena asap rokok tanpa disadari sebenarnya berpengaruh terhadap kehamilan dan janin yang dikandungnya.

Peneliti dari University of Louisville telah menganalisa, dampak berbahaya dari asap rokok yang dihirup ibu hamil bahwa ada 3 karsinogen (senyawa pemicu kanker) dari tembakau yang bisa masuk ke dalam tubuh ibu dan bayinya yaitu benzo(a)pyrene, 4-aminobiphenil dan akrilonitril.

Duniabidan.com telah merangkum 10 dampak asap rokok bagi ibu hamil, diantaranya:

1. Kematian dini (premature death) 

Asap rokok bisa meningkatkan risiko bayi meninggal lebih dini. Umumnya janin dengan kematian dini (premature death) memiliki perkembangan organ tubuhnya belum sempurna pada bayi yang sedang dalam kandungan dan menimbulkan penyakit ketika bayi tersebut lahir.

SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) adalah kematian mendadak pada bayi sehat usia di bawah setahun secara tidak terduga atau tanpa ditandai gejala apa pun.

2. Berat badan lahir rendah (BBLR)

Ibu hamil perokok atau terpapar asap rokok berisiko melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR) karena racun dalam rokok dapat menghambat aliran darah yang merupakan sumber nutrisi bagi bayi, selain itu bayi juga menjadi rentan terkena infeksi.

3. Gangguan Pernafasan

Meskipun bayi masih berada dalam kandungan, ibu hamil yang terpapar asap rokok selama kehamilan meningkatkan risiko bayi terkena bronkhitis, pneumonia, infeksi telinga dan memperlambat pertumbuhan paru-paru, serta berisiko bayi memiliki asma setelah ia lahir.

4. Cacat Organ Bawaan 

Cacat bawaan yang dimaksud disini adalah penyakit yang telah dibawa bayi sejak dari kandungan, misalnya cacat jantung, cacat paru" dan kelainan kongenital lainnya, kemudian meningkatkan risiko serangan jantung atau kematian mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

Bagi wanita hamil yang merokok pada trimester pertama kehamilan, besar kemungkinan untuk memiliki anak dengan cacat jantung saat lahir. Cacat jantung termasuk jenis yang menghambat aliran darah dari sisi kanan jantung ke paru-paru dan bukaan antara ruang atas jantung (cacat septum atrium). Racun dari rokok dapat membuat denyut jantung bayi menjadi takhikardia (berdetak lebih cepat dari batas normal).

Bayi yang lahir dari ibu merokok saat hamil mungkin akan terus memiliki gangguan pernapasan setelah dewasa nanti, akibat dari paru-parunya yang keracunan nikotin sangat rentan terhadap asma.

5. Cacat Fisik

Bayi yang lahir dengan ibu perokok aktif meningkatkan resiko bayi lahir dengan cacat fisik seperti bibir sumbing. Akibat adanya kelainan pada sperma sang ayah yang perokok atau terpapar zat kimia dari rokok oleh ibu perokok saat masih mengandung.

6. Melemahnya sistem imun (kekebalan tubuh) dan keterbelakanagan mental

Bayi setelah ia lahir karena asap rokok yang tidak sengaja terhirup selama hamil bisa menyebabkan perubahan dalam struktur DNA, disamping itu pertumbuhan otak janin dalam kandungan menjadi terganggu serta berisiko mengalami keterbelakangan mental.

Selain asap rokok yang berdampak pada kesehatan janin, ada kerugian lain akibat menjadi perokok aktif atau terpapar asap rokok saat hamil diantaranya:

7. Ibu hamil dapat mengalami keguguran

Keguguran terjadi karena ibu hamil merokok pada trimester 1 atau terpapar asap rokok, sehingga menimbulkan gangguan atau penyakit menjadi muncul dan menggerogoti janin sehingga ia tidak mampu bertahan lagi dan terjadilah kematian mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome).

8. Gangguan pada plasenta yaitu plasenta previa

Plasenta previa atau plasenta letak rendah adalah kondisi ketika sebagian atau seluruh plasenta menutupi mulut rahim. Pada kasus ini, gangguan pada plasenta disebabkan akibat zat kimia yang ada dalam rokok terserap oleh tubuh ibu.

9. Gangguan pada plasenta yaitu plasenta abruption

Plasenta Abruption atau solutio plasenta adalah kelainan pada plasenta yang terpisah dari dinding dalam rahim sebelum proses kelahiran bayi terjadi.

10. Ibu hamil terkena asma atau gangguan pernafasan lainnya

Sebaiknya jika anda sedang hamil atau akan mengikuti program hamil, mulai dari sekarang hentikan kebiasaan merokok anda, dan jika anda tidak merokok namu berada di lingkungan yang selalu terpapar asap rokok, berikan pengertian kepada mereka yang merokok, kalau asap rokok itu berbahaya untuk kesehatan ibu hamil dan janin, atau anda dapat menghindar dari tempat tersebut.

Ibu hamil memerlukan ekstra oksigen dan udara yang bersih, karena udara yang ibu hamil hirup akan dibagi dua dengan janin dalam kandungan. Janin juga memerlukan oksigen untuk kelangsungan hidup dan perkembangan organ-organ vitalnya.

INFO: You have Ads-Block for 10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for 10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: 10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: 10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait 10 Dampak Negatif Asap Rokok Untuk Ibu Hamil dan Janin


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.