Fian Rubianti Am.Keb

Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

  • 2

Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar - DuniaBidan.com

Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar - Image Source

Berbagai macam cara yang dapat bunda lakukan untuk melancarkan ASI, salah satunya dari makanan dan perilaku ibu menyusui sehari-hari. Kalau sebelumnya saya membahas mengenai daftar makanan untuk ASI lancar dan melimpah. Pada kesempatan ini saya akan membahas cara untuk meningkatkan ASI berdasarkan perilaku ibu menyusui. Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Minum Banyak Air

ASI tentu saja berbahan dasar air, jadi silakan bunda memperbanyak minum air agar ASI lancar terus, kental, berkualitas, dan melimpah saat melahirkan. Bunda bisa minum air putih secara rutin atau bunda bisa menyelinginya dengan jus buah atau sayur.

Ibu menyusui diusakan untuk minum air putih 8 gelas perhari. Konsumsi makanan bergizi tinggi. Jumlah kalori yang dibutuhkan ibu yang menyusui minimal 1800 kalori perhari.

2. Berikan Bayi Anda ASI Sesering Mungkin

Produksi ASI pada tubuh wanita mengikuti prinsip supply ondemand, artinya tubuh memproduksi ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Menyusui setiap 2-3 jam adalah cara terbaik memperbanyak ASI, bayi yang baru lahir membutuhkan susu setiap 2-3 jam, tanpa peduli siang atau malam hari. Jadi, bila kita rutin menyusui setiap 2-3 jam sampai bayi kenyang, p@yudara akan mengirim perintah ke otak untuk memproduksi ASI sebanyak kebutuhan tersebut.

Produksi ASI akan bertambah dalam waktu 3-7 hari sesuai intruksi tersebut. Bila kita tidak konsisten dan jarang menyusui, produksi ASI pun akan berkurang. Produksi ASI dipengaruhi oleh hormon prolaktin yang jumlahnya ditentukan oleh seberapa banyak dan sering ASI dikeluarkan dari p@yudara ibu, baik dengan menyusui atau memerah ASI.

Sehingga apabila ASI jarang dikeluarkan dengan sendirinya produksi ASI akan menurun. Memompa ASI bisa menjadi salah satu cara untuk memperbanyak produksi ASI. bunda bisa menggunakan pompa setiap kali selesai menyusui. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan rangsangan dan simulasi pada p@yudara, serta mengosongkan ASI yang tidak dihabiskan bayi, sehingga p@yudara dapat memproduksi asi kembali dengan lancar.

Baca Juga: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

3. Berikan ASI Dari Kedua P@yudara Secara Bergantian

Pastikan bayi diberi ASI bergantian dari semua p@yudara. Susui bayi sampai p@yudara terasa kosong, lalu gantilah dengan p4yudara yang masih penuh. Bila ia bosan dengan putting p4yudara kiri, tawarkan putting p4yudara kanan sehingga ia tak lagi menghisap. Fungsi utama saluran adalah untuk mengalirkan dan membawa ASI dari pabriknya, bukan untuk menyimpan. Jadi, ASI yang sudah diproduksi di pabrik ASI (p4yudara) sebaiknya langsung dialirkan melalui saluran ASI (puting) dengan menikmati waktu menyusui. Isapan bayi akan mengosongkan maksimal 70 persen ASI dari p4yudara, untuk kemudian berproduksi kembali secara alamiah.

Baca Juga: Tanda Menyusui Bayi Dengan Baik dan Benar
Baca Juga: Posisi Perlekatan Menyusui Bayi yang Benar

4. Pijat Lembut P@yudara Anda 

Agar produksi ASI Anda meningkat Pijat lembut p4yudara Anda dengan baby oil, lalu kompres dengan waslap hangat, atau sewaktu mandi, bisa diusap dengan busa sabun seperti pada seluruh tubuh, seperti mandi biasa saja. 

Pijat P4yudara Saat bayi malas menghisap, bunda dapat membantu memijat p4yudara untuk meneruskan aliran ASI saat ia sudah tidak minum sendiri. Bila ibu mengalami mastitis, ibu juga bisa Massage / pemijatan p4yudara dan kompres air hangat & air dingin bergantian.

Untuk mencegah mastitis, jangan mencuci putting setelah menyusui karena hanya akan mengakibatkan putting jadi kering dan iritasi. ASI sudah mengandung banyak elemen untuk mencegah bakteri dan jamur tumbuh, dan telah mengandung pelindung alami untuk ibu dan bayi.

5. Lakukan Teknik Menyusui Yang Benar

Periksa posisi menyusui Anda, apakah mulut bayi sudah menempel dengan benar atau tidak. Posisi ibu menyusui bayi yang paling benar adalah posisi bayi menempel betul pada p@yudara ibu. Mulut dan dagu bayi menempel pada p4yudara dan mulut bayi membuka lebar sehingga sebagian besar areola tertutup mulut bayi. Posisi puting dan lengan bayi sebaiknya pada satu garis lurus sehingga bayi leluasa mengisap ASI pelan-pelan tapi kuat.

7. Hindari Penggunaan Dot dan empeng untuk menghindari bingung puting.​

Hindari menggunakan dot dan botol susu, pada minggu pertama. Karena, jika bayi menyusu pada p4yudara ibu dan botol susu bergantian, akan membuat bayi bingung dan sulit untuk beradaptasi.

Karena menghisap dari dot dan empeng lebih gampang, sementara dari puting lebih susah, bila anak kebiasaan ngempeng dot, maka ia akan menolak puting. Jika bunda ingin memberikan ASI peras/pompa (ataupun memilih susu formula) berikan ke bayi dg menggunakan sendok, bukan dot !

Saat bunda memberikan dengan dot, maka anak dapat mengalami BINGUNG PUTING, Kondisi dimana bayi hanya menyusu di ujung puting seperti ketika menyusu dot. Padahal, cara menyusu yang benar adalah seluruh areola (bagian gelap di sekitar puting p@yudara) ibu masuk ke mulut bayi. Akhirnya, si kecil jadi ogah menyusu langsung dari payudara lantaran ia merasa betapa sulitnya mengeluarkan ASI. Sementara kalau menyusu dari botol, hanya dengan menekan sedikit saja dotnya, susu langsung keluar. Karena itu hindari penggunaan dot sama sekali.

8. Gunakan Pompa P4yudara

Pompa ASI ganda dengan mesin, dan bukan yang manual akan meningkatkan produksi ASI Anda. Pompa ASI setelah selesai menyusui, terutama bila Anda merasa p@yudara belum terasa kosong. Bila anda wanita karir, cobalah memompa 15 menit setiap beberapa jam sekali saat bekerja. Gunakan pompa yang dapat memompa 2 payudara sekaligus, ini lebih menstimulasi produksi ASI dibandingkan yang hanya satu bergantian.

9. Konsumsi Makanan Sehat Yang Dapat Meningkatkan ASI

Hindari untuk diet atau terburu-buru ingin menurunkan berat badan saat Anda menyusui. Apalagi jika anda ingin menuntaskan pemberian ASI ekslusif, sebaiknya fokus dulu dengan si kecil. Dengan bunda memberikan ASI secara terus menerus kepada si kecil juga membantu menurunkan berat badan ibu secara alami loh.

Pilih makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Makan banyak sayur, buah, gandum, susu dan untuk jumlah makanannya, lebih baik jangan dibatasi. Bunda juga bisa menambah memakan daun katuk atau daun pepaya bila mau. Selengkapnya: Daftar Makanan Untuk Melancarkan ASI

10. Mengkonsumsi Suplemen Penambah ASI

Jika memang betul-betul diperlukan, bunda bisa mencoba suplemen penambah ASI ini. Bentuknya bermacam-macam, bisa herbal, teh, lancar asi kaplet atau lainnya. Pastikan mengonsultasikan jenis suplemen ASI yang mau bunda konsumsi ke dokter.

11. Hindari Stress

Stress dapat mempengaruhi ketersediaan ASI. stress yang anda alami mungkin muncul karena Anda baru pertama kali mengurus bayi dan harus mulai pula belajar menyusui bayi Anda, atau terkadang Anda juga stress memikirkan dengan Anda menyusui akan merubah bentuk p@yudara Anda? Anda perlu untuk stay positive, yakin bahwa Anda sanggup memenuhi kebutuhan ASI untuk anak Anda dan ini untuk tumbuh kembangnya. Membiasakan diri Anda dan bayi Anda dalam hal menyusui membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, agar Anda tidak stress, belajarlah menyusui bayi Anda sedikit demi sedikit. Istirahatlah yang cukup agar Anda terhindar dari stress. Kalau perlu, minta bantuan suami, saudara, ibu atau ibu mertua untuk menjaga si kecil selama Anda beristirahat.

Kondisi yang tidak nyaman bisa menyebabkan produksi ASI berkurang bahkan tidak produksi sama sekali. Kondisi yang nyaman dan tenang ini tak hanya peran bunda, tapi juga peran di keluarga bunda. Suami yang paling paham kondisi bunda yang berperan sebagai Ayah ASI sebaiknya ikut membantu bunda terhindar dari stres.

12. Peran Penting Seorang Ayah

Suami atau dalam hal ini ayah dari sang bayi harus mendukung bunda untuk bisa nyaman ketika menyusui. Disini sebetulnya peran besar sang ayah. Jika ayah mendukung maka ASI akan lancar. Mendukung bisa dengan berbagai cara mulai dari menyemangati istri hingga hal-hal lain spt menyendawakan bayi setelah menyusu, menggendong bayi utk disusukan ke ibunya, dsbnya. Bila bunda atau ayah bingung mulai dari mana, bunda atau ayah bisa coba mencari informasi perihal Ayah ASI.

13. Hindari Rokok, Alkohol, dan Kopi

Bunda salah satu penikmat rokok, alkohol atau kopi? Bila iya, silakan berhenti sekarang juga. Dan semoga bisa memutuskan untuk tidak melanjutkannya.

Sudah jadi rahasia umum bila zat-zat yang terkandung di 3 objek di atas cenderung beracun atau berefek tidak baik bagi kualitas ASI. Pastikan bayi bunda menjadi bayi sehat tanpa terkontaminasi zat-zat beracun dari rokok, alkohol atau kopi.

Merokok Bukan hanya dapat menurunkan produksi ASI, nikotin dalam rokok bisa ikut masuk ke dalam aliran ASI dan meracuni si Kecil. Perokok pasif juga meningkatkan resiko SIDS (sindrom bayi mati mendadak), resiko asma, bronkitis, dan pneunomia.

Batasi kafein (kopi/teh/soda) Kafein pada kopi, teh, soda dan coklat sedikit-banyak bisa ikut masuk ke aliran ASI dan menimbulkan gangguan tidur pada si Kecil.

14. Istirahat atau Tidur yang Cukup

Masih berkaitan kondisi sang bunda, dengan tidur cukup, tentunya tubuh bunda lebih siap untuk memproduksi ASI yang berkualitas. Lebih jauh, tidur cukup juga dapat mengurangi dan menghindarkan bunda dari stres yang tak perlu.

Anda bisa tidur saat bayi Anda tidur di siang hari, untuk menghemat tenaga dan menghindarkan Anda dari stress. Jangan ragu meminta bantuan dari suami, asisten atau nenek si Kecil saat Anda membutuhkan bantuan.

15. Hubungan Intim dengan Suami

Jangan kaget dulu ya bunda, tapi hubungan intim bunda dengan suami bisa membantu memperlancar produksi ASI bunda.

Hubungan intim ini sebaiknya dilakukan setelah 4-6 minggu kelahiran (setelah nifas). Nah, ketika melakukan hubungan intim, nikmati hubungan ‘cinta’ tersebut bersama suami. Hormon oksitosin yang timbul ketika bercinta akan membantu produksi ASI bunda.

16. Mengkonsumsi Kurma dapat melancarkan ASI

Mungkin belum banyak yang tahu bila mengonsumsi buah manis ini bisa memperlancar ASI. Buah yang biasanya dicari-cari ketika bulan Ramadhan ini punya fungsi khusus untuk merangsang produksi ASI bunda.

Kandungan zat besi dan kalsium dalam buah kurma merupakan kandungan penting pembentuk ASI. Jadi, selain makan buah favorit selama bulan puasa, bunda dengan praktis juga menambah jumlah ASI dalam p@yudara.

17. Gunakan KB yang tepat

Gunakan KB yang tepat untuk ibu menyusui, KB yang tidak mempengaruhi hormon yang diperlukan untuk memproduksi ASI. Anda bisa menggunakan berbagai cara KB yang tidak menyangkut hormon, misalnya memakai pil menyusui atau menggunakan kondom ketika berhubungan intim. Mencoba posisi menyusui yang paling pas, dengan menyusui secara teus menerus dan sering juga merupakan KB alami untuk anda.

18. Hindari Penggunaan Obat Sembarang/ Tanpa Resep

Hindari obat-obatan yang mengandung antihistamin (obat anti alergi klorfeniramin maleat, deksklorfeniramin maleat, doksilamin) dan dekongestan ( biasa ditemukan pada obat pelega hidung tersumbat, bentuknya bisa berupa fenilpropanolamin, fenilefrin, efedrin, pseudoefedrin ) karena bisa menurunkan produksi ASI. Bila Anda terserang flu, obati secara alami dengan mandi air hangat, minum minuman hangat dan sup ayam serta banyak istirahat.

Mudah dan praktis kan? Kami menyarankan, sebaiknya tips-tips di atas tidak dilakukan secara sendiri-sendiri. Pastikan teknik menyusui bunda baik dan benar, bunda merawat p@yudaranya secara rutin, dan menghindari makanan atau zat-zat yang beracun.

INFO: You have Ads-Block for Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 2
Top Recent People Searches: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar


Disable AdBlocker di Browser Anda

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.