Fian Rubianti Am.Keb

Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir

  • 0

Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir

Apa itu APGAR SCORE?

APGAR Score atau skor apgar adalah sebuah metode pemeriksaan pada bayi baru lahir yang dilakukan sebanyak 2 kali yakni pada menit pertama dan menit ke 5 setelah bayi lahir.

Tujuan test APGAR adalah untuk menentukan dengan cepat apakah bayi baru lahir tersebut membutuhkan penanganan medis segera; dan tidak didesign untuk memberikan prediksi jangka panjang akan kesehatan bayi tersebut.

Metode score apgar ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1952 oleh Dr. Virginia Apgar seorang ahli anestesiologi sebagai sebuah metode sederhana dan cepat dalam menilai kondisi kesehatan bayi baru lahir sesaat setelah kelahiran, selain itu, ia mengembangkan metode skor ini untuk mengetahui dengan pasti bagaimana pengaruh anestesi obstetrik terhadap bayi.

Akronim APGAR dibuat di Amerika Serikat sebagai alat bantu menghafal: Appearance, Pulse, Grimace, Activity, dan Respiration setelah eksis 10 tahun diperkenalkan oleh dr Virginia Apgar. Kemudian alat bantu hafal/akronim ini diperkenalkan pada tahun 1963 oleh dokter anak Dr. Joseph Butterfield. Akronim yang sama juga digunakan di Jerman, Spanyol, dan Perancis.

Skor Apgar dihitung dengan menilai kondisi bayi yang baru lahir menggunakan 5 kriteria sederhana dengan skala nilai nol, satu, dan dua. Kelima nilai kriteria tersebut kemudian dijumlahkan untuk menghasilkan angka nol hingga 10. Kata "Apgar" akhirnya dibuatkan jembatan keledai sebagai singkatan dari Appearance (warna kulit), Pulse (denyut jantung/nadi), Grimace (reaksi rangsang), Activity (tonus otot), Respiration (pernapasan).

Lima Kriteria Score APGAR dan Interpretasi Score

Lima Kriteria Score APGAR dan Interpretasi Score

Penilaian score apgar ini dilakukan pada menit pertama dan menit ke-5 setelah bayi lahir untuk mengetahui keadaan umum bayi setelah kelahiran, apakah memerlukan tindakan medis atau tidak. berikut interpretasi nilai dari pemeriksaan score apgar ini.

Interpretasi nilai APGAR pada bayi baru lahir

Score Interpretasi Catatan
7-10 Bayi normal  
4-6 Agak rendah Memerlukan tindakan medis segera seperti penyedotan lendir yang menyumbat jalan napas, atau pemberian oksigen untuk membantu bernapas.
0-3 Sangat rendah
Memerlukan tindakan medis yang lebih intensif

 

 

 

 

 

Jumlah skor rendah pada menit pertama menunjukan bahwa bayi baru lahir memerlukan tindakan medis dan perhatian lebih lanjut, meski begitu belum tentu ada indikasi penyakit jangka panjang, apalagi jika terjadi peningkatan skor pada pemeriksaan kedua menit ke-5.

Jika seorang bayi baru lahir memiliki nilai APGAR sangat rendah yakni 0-3 bahkan sampai test berikutnya (5 - 10 - 15- 20 menit) maka ada risiko anak tersebut dapat mengalami kerusakan saraf jangka panjang, juga ada resiko kerusakan pada otak.

INFO: You have Ads-Block for Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 0
Top Recent People Searches: Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Test APGAR SCORE Pada Bayi Baru Lahir


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.