Fian Rubianti Am.Keb

Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar

  • 1

Posisi menyusui bayi yang baik dan benar sangat menentukan keberhasilan menyusui, disamping itu posisi yang benar saat menyusui juga akan meminimalisir ibu mendapat mastitis atau ASI yang kurang lancar.

Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar - DuniaBidan.com

Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar - Image Source

Ada dua posisi yang umum bagi ibu dan bayi ketika menyusui, yaitu:

1. Berbaring miring. Ini posisi yang amat baik untuk pemberian ASI yang pertama kali, apalagi bila ibu merasa lelah atau merasa nyeri. Posisi ini hanya diperbolehkan pada saat pasca persalinan karena kondisi ibu melahirkan yang lemas, sangat tidak disarankan menggunakan posisi berbaring miring jika ASI anda deras, karena akan membuat bayi tersedak ketika ia tidak bisa menahan derasnya ASI (Air Susu Ibu).

2. Duduk. Penting untuk memberikan topangan atau sandaran pada punggung ibu, dalam posisinya tegak lurus (90 derajat) terhadap pangkuannya. Ini mungkin dapat dilakukan dengan duduk bersila di atas tempat tidur atau di lantai, atau duduk di kursi.

Dalam literatur lain ditemukan 5 jenis posisi yang aman untuk ibu menyusui, yaitu:

1. The cradle (Posisi Mendekap)

DuniaBidan.com

Posisi ini sangat baik untuk bayi yang baru lahir. Bagaimana caranya? Pastikan punggung Anda benar-benar mendukung untuk posisi ini. Jaga bayi di perut Anda, sampai kulitnya dan kulit Anda saling bersentuhan. Biarkan tubuhnya menghadap ke arah Anda, dan letakkan kepalanya pada siku Anda.

2. The cross cradle hold (Posisi Mendekap Silang)

DuniaBidan.com

Caranya, Satu lengan mendukung tubuh bayi dan yang lain mendukung kepala, mirip dengan posisi dudukan tetapi Anda akan memiliki kontrol lebih besar atas kepala bayi. Posisi menyusui ini bagus untuk bayi prematur atau ibu dengan puting payudara kecil.

3. The football hold (Posisi Pencengkram/Sepakbola)

DuniaBidan.com

 

Caranya, pegang bayi di samping Anda dengan kaki di belakang Anda dan bayi terselip di bawah lengan Anda, seolah-olah Anda sedang memegang bola kaki. Ini adalah posisi terbaik untuk ibu yang melahirkan dengan operasi caesar atau untuk ibu-ibu dengan payudara besar. Tapi, Anda butuh bantal untuk menopang bayi.

4. Saddle hold (Posisi Duduk)

DuniaBidan.com

 

Ini merupakan cara yang menyenangkan untuk menyusui dalam posisi duduk. Ini juga bekerja dengan baik jika bayi Anda memiliki pilek atau sakit telinga. Caranya, bayi Anda duduk tegak dengan kaki mengangkangi Anda sendiri.

5. The lying position (Posisi Berbaring)

 

DuniaBidan.com

Menyusui dengan posisi berbaring akan memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk bersantai dan juga untuk tidur lebih banyak pada malam hari. Anda bisa tidur saat bayi menyusu. Dukung punggung dan kepala bayi dengan bantal. Pastikan bahwa perut bayi menyentuh Anda.

Baca Juga: Tips Agar ASI (Air Susu Ibu) Keluar Banyak & Lancar
Baca Juga: Cara Menyendawakan Bayi Setelah Menyusu yang Benar

INFO: You have Ads-Block for Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Posisi Ibu Menyusui Bayi yang Paling Benar


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.