Fian Rubianti Am.Keb

Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa

  • 1

DuniaBidan.com

Tidak dapat dipungkiri keberadaan dot cukup membantu orang tua yang menggunakan susu formula sebagai MP-ASI bahkan sebagai ASI utama karena beberapa kondisi seperti ibu tidak keluar air susu, wanita karir, atau ibu sedang dalam keadaan sakit. Selain karena alasan untuk media penunjang sufor, kini telah populer metode perah ASI bagi sebagian ibu yang mengalami kelebihan ASI.

Penggunaan dot biasa/konvensional terlalu beresiko jika digunakan untuk bayi, karena bayi belum bisa mengontrol lidahnya ketika ia sudah kenyang menyusu sedangkan air susu yang keluar cukup deras.

Maka dari itu, beberapa merk peralatan bayi membuat inovasi baru yaitu Dot Orthodontic.Dot orthodontic memberikan rasa nyaman saat menyusu, karena bentuknya yang menyerupai puting payudara ibu saat menyusui.

Apa bedanya Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa?

Dot orthodontic memiliki bentuk dan cara kerja yang mirip dengan puting payudara ibu, dimana air susu yang keluar melalui lubang dot dibagian samping atas yang menempel di langit-langit mulut bayi sehingga dapat bercampur dengan ludah yang mengandung zat anti bakteri sebelum ditelan.

Berbeda dengan Dot Konvensional, air susu harus ditahan dengan mendorong lidah ke depan sewaku menelan agar bayi tidak tersedak. Gerakan ini bila berlangsung jangka panjang akan beresiko terjadi malposisi pada pertumbuhan gigi seperti gigi tumbuh ke depan (gigi tonggos), rahang maju, dan lain-lain.

DuniaBidan.com

Fungsi dan Keunggulan Dot Orthodontic

  • Lidah bayi akan menekan permukaan ino 1 untuk membantu gerakan rahang
  • Permukaan pada no 2 akan mencegah tertelannya udara ketika menyusui
  • Sisi pada no 3 akan merangsang rahang bawah bayi melakukan gerakan menyusu secara aktif
  • Lengkungan pada no 4 dirancang sesuai degan langit-langit mulut bayi untuk membantu pertumbuhan gusi secara normal
  • Bibir bayi bagian atas akan menempel pada posisi lengkungan no 5 untuk mengimbangi rahang bawah
  • Permukaan yang ditujukan no 6 memiliki fungsi untuk menahan gerakan bibir atas dan gerakan menyusui dari rahang bawah.

Berbagai merk dot orthodontic kini sudah tersedia di apotik atau toko perlengkapan bayi, konsultasikan terlebih dahulu dengan Bidan atau dokter anda guna mendapatkan informasi yang lebih relevan, atau silahkan tinggalkan komentar jika ada sesuatu yang ingin ditanyakan.

INFO: You have Ads-Block for Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)INFO: You have Ads-Block for Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa , Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa by Fian Rubianti Am.Keb

Anda sedang membaca artikel tentang: Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa via DuniaBidan.com yang ditulis oleh Fian Rubianti Am.Keb. jika Anda suka dengan Artikel ini silahkan like, bagikan, atau komentar. Anda juga dapat berlangganan Artikel setiap hari, Gratis! melalui form Subscribe di atas. Artikel akan dikirimkan otomatis ke email Anda setiap hari.
  • 1
Top Recent People Searches: Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa

INFO: You have Ads-Block, Please support us with disable your Adblock and Enable your js browser :)

DMCA.com Protection Status

Artikel Terkait Perbedaan Fungsi Dot Orthodontic dengan Dot Konvensional/Biasa


Disable AdBlocker di Browser Anda...

Ketahuilah bahwa DuniaBidan.com hanya mengandalkan Iklan untuk membiayai operasional penerbitan konten gratis untuk Anda. Jadi tolong non-aktifkan pemblokir iklan (AdBlock) di browser Anda.